Game Mechanics of Kirby and The Amazing Mirror

Minggu, 29 Maret 2015

Dalam artikel ini akan dibahas game mekanik dari Kirby and The Amazing Mirror, sebelumnya apa itu game mechanic?
Game mechanic adalah sebuah aturan atau metode yang didesain untuk berinteraksi dengan game state sehingga menghasilkan gameplay. Berikut adalah game mechanic dari Kirby and The Amazing Mirror.

World

World adalah salah satu unsur penting dalam gamification karena world menciptakan pengalaman menjelajah untuk pemain,
Ada 9 world yang bisa dijelajahi oleh pemain yaitu moonlight mansion, cabbage cavern, mustard mountain, candy constellation, radish ruins, olive ocean, rainbow route, carror castle, peppermint palace. Setiap world memiliki tema, hidden secret, monster, background, obstacle dan boss yang berbeda-beda. Setiap world terhubung dengan mirror portal. World dari game ini cukup bagus, karena setiap tema dari world sangat imaginatif sehingga membuat pemain merasa bebas dan penasaran untuk menjelajah lebih jauh.


Obstacle

Dalam game ini terdapat obstacle berupa duri besi, api, meriam, bom, duri terbang, arus, dan jurang .


Skills/Ablity

Ability adalah hal terpenting untuk menciptakan perlakuan khusus kepada pemain.
Ada 37 ability yang berbeda yang bisa didapatkan dalam game ini, ada 2 cara dalam mendapatkan ability yaitu dengan memakan monster atau mendapatkan dari power icon. Namun tidak semua monster yang dipakai dapat memberikan ability pada Kirby. Setiap ability akan mempengaruhi tampilan fisik dari Kirby. Ability dar game ini cukup bagus karena banyak variasinya, juga semakin lama kita menjelajahi world semakin menarik juga ability yang bisa didapatkan.


Life

Life adalah salah satu penentu apakah pemain mencapai kondisi menang atau kalah.
Pada awal state Kirby memiliki 6 baris HP bar, ketika kirby diserang oleh monster atau menabrak obstacle maka hp bar akan berkurang 1 namun ketika kirby jatuh ke jurang obstacle maka hp bar akan langsung habis, ketika hp bar kosong maka kirby akan die dan kembali ke state awal dari world. Pada awal permainan kirby akan diberikan 3x life yang bisa bertambah ketika mendapatkan icon life dan berkurang. Jika life kirby mencapai angka 0 maka kirby akan kembali ke rainbow route dan mendapatkan 3x life.
Monster juga memiliki hp, semua monster memiliki hp yang sama tetapi monster, boss, dan big boss memiliki hp yang berbeda-beda.


Special event

Special event adalah event yang hanya dimainkan satu kali ketika memainkan game tersebut dari awal memainkan hingga selesai.
Hal yang membuat saya tidak bosan di pertengahan waktu yang cukup lama ketika memainkan game ini, yaitu special event. Dalam game ini ada 6 special event yaitu racket bom, star race, gladiator, crackity hack, speed eaters, dan star surf.




Achievement

Achievement merupakan hal yang sangat umum dan mendasar dalam gamification, hal inilah yang terkadang membuat pemain memainkan game lebih lama dan mendetail.
Dalam game ini achievement bisa didapatkan dengan menemukan hidden treasure. Pemain harus menjelajah lebih dalam world untuk mendapatkan hidden treasure. Semakin detail dalam menjelajah world maka akan semakin banyak achievement yang didapatkan.


State Game

State game adalah kondisi dari game tersebut meliputi kondisi awal dan kondisi akhir.
Kondisi awal dari permainan ini kirby memiliki 3x life, 6 hp bar, dan 1 world portal.

Kondisi akhir dari permainan ini yaitu pemain akan menang jika pemain mengalahkan boss, menemukan bintang dan mendapatkan portal baru. Namun pemain akan kalah jika life habis sebelum menemukan bintang. Kemudian pemain yang kalah akan kembali ke rainbow route dengan 3x life dan jumlah portal sesuai dengan portal yang sudah didapatkan.


Penulis

Nama : Hafieludin Yusuf Rizana
NRP   : 5112100024


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger