Tyrian 2000

Senin, 09 Maret 2015

Tyrian 2000

http://www.bestoldgames.net/img/ss/tyrian-2000/tyrian-2000-ss1.gif

Tyrian 2000 adalah permainan yang dipublikasikan pada tahun 1999 oleh XSIV Games. Genre utama dari permainan ini adalah action, lebih tepatnya arcade-scrolling shooter. Permainan bertemakan futuristik (Sci-fi) ini mendapat skor 87 dari PC Gamer.

Gameplay
Seperti scrolling shooter pada umumnya, cara bermainnya adalah berusaha mempertahankan pesawat kita dari serangan lawan sampai mencapai tujuan, atau dalam beberapa level sampai mengalahkan boss dari level tersebut.

http://www.abandonia.com/files/games/296/Tyrian%202000_5.pngAda beberapa mode permainan yang dapat dipilih oleh pemain. 2 yang utama : Story Mode dan Arcade Mode. Pada story mode awalnya pemain akan diberikan pesawat dan senjata standar. Di mode ini pemain akan diberikan skor setiap kali berhasil menghancurkan pesawat musuh atau mengambil bonus item. Pada setiap pergantian level pemain dapat mengunakan skor yang didapatkan untuk meningkatkan kemampuan pesawatnya atau bahkan membeli pesawat, senjata, atau komponen baru.

http://www.abandonia.com/files/games/296/Tyrian%202000_6.pngSelain kebebasan untuk memodifikasi pesawat yang dimiliki, pada story mode juga diberikan beberapa pesan yang menjelaskan tentang jalur cerita dari permainan ini. Sebagian diberikan pada awal level secara otomatis, sedangkan sebagian lainnya harus ditemukan dengan cara menghancurkan musuh tertentu pada level itu. Selain itu, pada level tertentu pemain dapat memilih satu dari beberapa jalur cerita yang diberikan, hal ini nantinya akan mempengaruhi tipe area yang akan dilalui pemain pada level selanjutnya dan juga memberikan peluang untuk pemain dalam mendapatkan senjata dan pesawat rahasia. Ada juga level rahasia yang dapat diakses jika pemain berhasil memenuhi suatu kondisi seperti menghancurkan suatu target, mengumpulkan semua pesan yang ada, membunuh boss dengan cepat dan lain-lain.

Pada arcade mode permainan dibuat menjadi lebih simpel. Pemain hanya menjalankan pesawatnya melalui berbagai level. Tidak ada lagi pesan-pesan yang perlu dikumpulkan atau kustomisasi pesawat yang detail. Sebagai gantinya pemain dapat mengumpulkan item yang akan merubah tipe senjata pesawat mereka atau memperkuat senjatanya saat itu. Fitur yang menjadi kelebihan arcade mode adalah multiplayer, dimana dua pemain akan mengontrol dua pesawat yang berbeda dan dapat bergabung menjadi satu.

Secara singkat, hal yang membuat saya menyukai permainan ini adalah kebebasan dan misteri. Terutama kebebasan dalam merancang pesawatnya. Sebuah fitur yang menantang pemain untuk berkreasi dalam menciptakan pesawat yang kuat dengan biaya yang terbatas. Hal ini mungkin terkesan hal yang simpel untuk saat ini, namun pada zamannya hal ini masih merupakan hal yang langka. Ada berbagai jenis senjata, komponen, bahkan pesawat. Jumlah totalnya bisa mencapai ratusan, belum termasuk yang menjadi "rahasia" dan tidak bisa diakses dengan cara biasa. Tentunya mencoba semua kombinasi yang memungkinkan akan memakan waktu yang sangat lama, namun itulah yang justru menjadi daya tarik tersendiri. Dalam segi misteri, tidak perlu diragukan lagi permainan ini memiliki banyak sekali misteri. Mulai dari tingkat kesulitan rahasia, mode permainan rahasia, level rahasia, pesawat rahasia, senjata rahasia, banyak sekali rahasia yang tersimpan dipermainan ini sehingga pemain hampir selalu menemukan sesuatu yang baru tiap kali memainkannya. Hal ini tentunya membuat pemain tidak mudah bosan dan terus memainkannya hingga pemain menemukan semua rahasia yang ada. Itupun sebenarnya masih banyak rahasia yang tetap tersimpan karena pemain tidak dapat menemukannya.

Video


Penulis
Arendra Jutta Wara
5111100181
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger