2048

Senin, 09 Maret 2015

2048
 

2048 merupakan salah satu game multiplatform yang bisa berjalan di mobile (iOS dan Android) maupun di web (web browser game). Jika anda hendak memainkan game ini di web, anda tinggal klik link : http://gabrielecirulli.github.io/2048/. Untuk yang mobile, bisa langsung diunduh dari appstore masing-masing OS. Game ini diciptakan pada bulan Maret 2014 oleh web developer yang berusia 19 tahun, Gabriele Cirulli. Game ini termasuk game sliding block puzzle yang memiliki unsur matematika di dalamnya. Meskipun mengandung unsur matematika, tetapi game ini sangat addictive dan menyenangkan untuk dimainkan. Game ini telah dikunjungi oleh 4 juta pengguna dalam waktu kurang dari 1 minggu.

How to play?


Pada saat awal permainan , muncul papan kotak 4 x 4 dan beberapa kotak kecil yang muncul secara random dan terdiri dari angka 2, kadang-kadang juga angka 4 yang bisa digeser menggunakan 4 arah keyboard. Lalu player disuruh untuk menggeser kotak yang bernilai sama agar bisa menghasilkan nilai penjumlahan bilangan tersebut. Di setiap pergeseran, akan muncul juga kotak dengan nilai antara 2 atau 4 di ruang kosong di papan.

Misalnya:
Penggabungan 2 kotak yang bernilai 2 akan menghasilkan nilai 4, penggabungan 2 kotak yang bernilai 4 akan menghasilkan nilai 8, dst

Di pojok kanan atas terdapat papan skor yang akan terus bertambah jika pemain menggabungkan 2 kotak yang bernilai sama. Pemain dikatakan menang jika bisa menghasilkan kotak bernilai 2048 dari penggabungan kotak-kotak sebelumnya.


Saat telah mencapai target, pemain tetap bisa melanjutkan permainannya hingga pemain tidak bisa bergerak / tidak ada ruang kosong dan kotak yang bernomor sama di sekitranya.


























Review
Menurut saya game 2048 merupakan game yang simple, adiktif dan menarik, karena meskipun terdapat unsur matematika yaitu penjumlahan bilangan berpangkat 2, tetapi si developer bisa membungkus unsur matematika tersebut dengan gameplay dan animasi yang menarik sehingga player tidak bosan dan betah dalam memainkan game ini. Player juga bisa memainkan game ini di manapun tanpa butuh koneksi internet. Terdapat juga fitur highscore sehingga player tertantang untuk melampaui highscore tersebut. Juga terdapat banyak langkah / cara supaya player bisa menghasilkan nilai 2048.

Video

Klasifikasi Game
Nama Game : 2048
Publisher : Gabriele Cirulli
Platform : Mobile (Android & iOS) dan Web
Genre :Puzzle, Strategy
Theme : Fun
ESRB Rating : Everyone

Tentang Penulis
Ikrom Aulia Fahdi
5112100157

 
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger