Game mechanics of Ice Age Village

Senin, 30 Maret 2015

Game mechanics mendeskripsikan menganai aturan atau metode yang dirancang untuk berinteraksi dengan game yang dibuat. Akan tetapi teori dan gaya menjadi prioritas yang lebih utama dari pembuat game.

Variasi dari Game mechanic menentukan kompleksitas dan Level yang akan dimainkan oleh pemain , serta hubungan antar lingkungan dari game dan sumber daya menentukan keseimbangan dari permainan.

Game mechanic dibagi menjadi beberapa kategori yang kadang digunakan juga untuk menglasifikasikan game. Berikut akan saya bahas mengenai beberapa kategori game mechanic dari Ice Age Village game :

World

Pemilihan zaman es yang unik menjadi latar belakang cerita yang menarik sendiri untuk diciptakan suatu pengalaman menjelajah. Pemain akan menjadi lebih senang untuk mengeksplorasi lebih apa saja yang ada di balik pemilihan zaman es sebagai latar belakang game tersebut karena zaman es menjadi sesuatu yang baru, masih sedikit manusia yang hidup pada zaman itu.



·        Currency

Dalam game, uang merupakan salah satu aspek penting. Pembuat game menyediakan banyak tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari motivasi  pemain sperti tabungan, kekuatan, status, teman, dan lain lain. Mempunyai uang dapat membuat pemain dari game cukup terhibur karena pemain dari game-game umunya suka untuk collecting dan trading. Seperti untuk collecting more money.
Pembuat game juga akan cukup banyak mendapatkan profit dari currency ini. Dari sisi pembuat game, akan membuat virtual money semirip mungkin dengan nilai uang asli.
Banyak tipe dari game mechanic lainnya yang dapat dipenuhi dengan currency, ini salah satu media bisnis untuk pembuat game.

·        Quest

Quest merupakan salah satu cara yang paling bagus dan banyak digunakan oleh pembuat game untuk membuat pemain bangga terhadap dirinya atas pencapaian berhasil melakukan quest tersebut.
Quest dapat membuat pemain tetap tertarikdan tertantang untuk memainkan game, serta Level yang dijalani juga menentukan kerumitan dari sebuah quest. Setelah menyelesaikan sebuah quest pemain akan mendapatkan reward. Pada Ice Age Village misalnya pemain bisa mendapatkan hewan baru dengan menyelesaikan sebuah quest.

·        Tutorial

Tutorial merupakan salah satu hal terpenting dari sebuah game. Dari tutorial yang diberikan, pemain dijelaskan bagaimana cara bermain dan itu akan memberikan rasa nyaman kepada pemain untuk memainkan game tersebut. Dari tutorial ini juga menceritakan bagaimana alur cerita dari game dan cara memainkan game.
Seperti di Ice Age Village, di sana pemain akan diajak ke beberapa tempat di zaman es yang berbeda-beda, laut dan lading es.

·        Special challenge

Special challengen merupakan event yang menggunakan suatu tempat hanya sekali dan tempat tersebut cukup unik serta tidak lupa disertakan quest dengan reward yang menarik.
Dalam Ice Age Village contohnya, pernah ada special event di labor day, di situ pemain akan menyelesaikan beberapa quest sampai pada akhirnya akan mendapatkan reward koleksi hewan baru, dinosaurus.



·        Time events

Time events bagus untuk quest maupun bagian dari permaianan yang membuat pemain tidak ingin melewatkan kesempatan bermain. Sehingga membuat pemain ingin tetap dan tertarik untuk bermain kembali. Misalnya di Ice Age Village, ada quest yang hanya memiliki waktu empat hari untuk menyelesaikannya.

·        XP Points

XP Points adalah game mechanic yang populer. Dari XP Points ini akan ada fitur yang dihasilkan seperti progress, status, power, acceptance sehingga membuat pemain semakin tertantang untuk mengumpulkannya. Sedangkan pemain dapat melakukan beberapa bagian permainan seperti, collecting, feeling complete, dan experiencing achievement. Dalam Ice Age Village, pemain dapat meningkatkan XP Points dengan collecting money, memiliki koleksi hewan baru, menyelesaikan quest, memiliki anak dari hewan yang ada di desa tersebut.

·        Level

Level merupakan salah fitur dari game yang paling bagus untuk memotivasi pemain. Semakin tinggi Level dari sebuah game maka semakin banyak fitur yang akan didapatkan namun tingkat kesulitannya semakin tinggi, serta XP Points yang harus dikumpulkan semakin banyak.



·        Social graph


Social graph pada Ice Age Village memerlukan interaksi dengan pemain lainnya yang sudah berteman. Melalui social graph ini pemain dapat memenangkan quest dengan bantuan dari pemain lainnya. Dan juga, dari social graph pemain dapat terpacu untuk menaikkan Level agar lebih dari pemain lainnya.



Nurul Supremasinta Putri
5112100197
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger