GAME MECHANICS PIANO TILES
(DON'T TAP THE WHITE TILES)
Setelah melakukan review terhadap game Piano Tiles (Don’t
Tap The White Tiles), kali ini saya akan mendefinisikan game mekanik dari Piano
Tiles.
Sebelum beranjak ke poin pendefinisian game
mekanik dari Piano Tiles, bagi anda yang belum mengetahui lebih jauh tentang
game Piano Tiles (Don’t Tap The White Tiles) silahkan klik di sini.
Jika sudah mengetahui, alangkah baiknya jika kita mengetahui
definisi dari game mekanik itu sendiri.
Game mechanics are constructs of rules or methods designed for interaction with the game state, thus providing gameplay (source: http://en.wikipedia.org/wiki/Game_mechanics)
Game mechanics are constructs of rules or methods designed for interaction with the game state, thus providing gameplay (source: http://en.wikipedia.org/wiki/Game_mechanics)
Game
Mechanics are tools, techniques, and widgets that are used as building blocks
for gamifying a website or application. Utilizing them correctly can build a
highly motivational user experience around existing website functionality or
content.
(source : https://badgeville.com/wiki/Game_Mechanics)
(source : https://badgeville.com/wiki/Game_Mechanics)
Pada intinya, game mekanik adalah sebuah set peraturan yang
terdapat pada game. Game mekanik juga mendefinisikan bagaimana interaksi user
dengan game yang dimainkannya.
Yuk, kita masuk pada game mekanik dari Piano Tiles (Don’t
Tap The White Tiles)
- GAME MODES
Terdapat
6 game mode pada Piano Tiles, yaitu :
Classic mode
Terdapat sejumlah set kotak (tiles), pemain harus menyentuh kotak (tiles)
warna hitam untuk menang. Kotak-kotak pada layar akan bergerak secara manual
dari atas ke bawah ketika kotak (tiles) hitam disentuh / ditekan. Pemain
diharuskan menyentuh kotak (tiles) hitam secepat mungkin.
Arcade Mode
Kotak-kotak pada layar akan bergerak secara otomatis, dan pemain harus
bersaing dengan kecepatan pergerakan kotak-kotak (tiles). Permainan berakhir
ketika ada satu kotak (tiles) hitam yang tidak tersentuh atau terdapat kotak
(tiles) putih yang tersentuh.
Zen Mode
Terdapat satu set batas waktu dan pemain harus menyentuh kotak (tiles) hitam
sebanyak mungkin sebelum waktu habis. Seperti classic mode, kotak-kotak (tiles) pada layar bergerak ketika kotak
(tiles) hitam disentuh.
Rush Mode
Kotak-kotak (tiles) pada layar akan bergerak secara otomatis, mirip
seperti arcade mode. Kecepatan
pergerakan kotak-kotak (tiles) pada layar meningkat secara bertahap, dan pemain
dipaksa untuk menyentuh kotak (tiles) hitam dengan kecepatan pergerakan tiles yang terus meningkat. Ketika
permainan berakhir, akan ditampilkan berapa banyak kotak (hitam) per second yang mampu disentuh.
Relay Mode
Serupa dengan zen mode, namun
batas waktu bisa di-reset. Ketika pemain mampu menyentuh 50 kotak
(tiles) hitam dalam batas waktu yang ditentukan, maka pemain akan mendapatkan
tambahan batas waktu sesuai dengan batas waktu awal.
Arcade+
Mode
Seperti arcade
mode, akan tetapi terdapat 11 variasi antara lain :
Bomb
Terdapat
beberapa kotak (tiles) hitam dengan tanda tengkorak, yang jika pemain
menyentuhnya maka permainan akan berakhir
Lightning
/ Kilat
Pada
suatu ketika layar tiba-tiba menjadi black
screen selama beberapa detik, sehingga pemain kesulitan untuk menyentuh
kotak (tiles) hitam
Double
Terdapat dua kotak (tiles) hitam yang sejajar (paralel)
Bilayer
/ Dua Lapisan
Terdapat
beberapa kotak (tiles) hitam yang harus disentuh sebanyak 2 kali
Mist
/ Berkabut
Terdapat
penutup seperti kabut yang menutupi satu kotak (tiles) hitam tertentu, tetapi
setelah beberaa saat kabut tersebut hilang dengan sendirinya. Kejadian tersebut
akan terus berulang dalam selang waktu tertentu
Unstable
/ Tidak Stabil
Kecepatan
pergerakan kotak-kotak (tiles) berubah-ubah terkadang cepat, lambat, sedang
(tidak konsisten)
Rotatory
/ Berputar
Tiba-tiba
layar akan berputar berlawanan arah (tiles
bergerak dari atas ke bawah layar akan berubah bergerak dari bawah ke atas
layar atau sebaliknya)
Shaky
/ Bergoncang
Tiba-tiba
terdapat efek guncangan sehingga menyebabkan tatanan kotak (tiles) hitam
berubah dari bentuk semula. Kejadian ini berulang pada selang waktu tertentu
Cloudy
/ Berawan
Serupa
dengan Berkabut, akan tetapi penutup tiles
berupa awan yang bergerak
Shift
/ Berganti
Terdapat
beberapa tiles hitam yang bergerak ke
kiri ke kanan (secara horizontal)
Change
/ Berubah
Terdapat
beberapa tiles hitam yang berpindah
posisi dari posisi semula (secara horizontal)
- GAME REPEATS UNTIL YOU DIE
Dalam
game Piano Tiles, ketika pemain memilih game mode Relay, maka pemain akan terus
mengulangi permainan jika pemain tidak melampaui batas waktu yang diberikan.
Permainan akan terus berlangsung hingga pemain kalah (Pemain menyentuh kotak
putih atau pemain melampaui batas waktu yang diberikan).
- GAME KEEPS GETS HARDER UNTIL YOU DIE
Jika pemain
memilih game mode Rush, maka pemain akan terus mengulangi permainan akan tetapi
dengan level kecepatan gerak kotak yang semakin cepat.
- INSTANT DEATH
Jika
pemain menyentuh kotak (tiles) warna putih, maka pemain akan langsung kalah.
- TIMED
Untuk
game mode Classic dan Zen, permainan dibatasi pada selang waktu tertentu. Pada
game mode Relay, pemain juga dibatasi oleh selang waktu tertentu akan tetapi
jika pemain mampu menyentuh kotak hitam pada jumlah tertentu dengan tidak
melampaui batas waktu yang ditentukan, maka waktu akan diperpanjang.
Sekian pembahasan tentang game mekanik Piano Tiles (Don't Tap The White Tiles), semoga
bermanfaat. Terima kasih.
TENTANG PENULIS :
Nama : Yunan Helmi Mahendra
NRP : 5112100077
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusShowbox is one of the best compatible movie downloading app for PC , Anadroid , iOS which may help you to get high quality video downloading . Get showbox latest apk and download high quality movies.
BalasHapusshowbox APK