GAME MECHANICS PIANO TILES (DON'T TAP THE WHITE TILES)

Senin, 30 Maret 2015

GAME MECHANICS PIANO TILES 
(DON'T TAP THE WHITE TILES)




Setelah melakukan review terhadap game Piano Tiles (Don’t Tap The White Tiles), kali ini saya akan mendefinisikan game mekanik dari Piano Tiles.

Sebelum beranjak ke poin pendefinisian game mekanik dari Piano Tiles, bagi anda yang belum mengetahui lebih jauh tentang game Piano Tiles (Don’t Tap The White Tiles) silahkan klik di sini.

Jika sudah mengetahui, alangkah baiknya jika kita mengetahui definisi dari game mekanik itu sendiri.
Game mechanics are constructs of rules or methods designed for interaction with the game state, thus providing gameplay (source: http://en.wikipedia.org/wiki/Game_mechanics)

Game Mechanics are tools, techniques, and widgets that are used as building blocks for gamifying a website or application. Utilizing them correctly can build a highly motivational user experience around existing website functionality or content. 
(source : https://badgeville.com/wiki/Game_Mechanics)

Pada intinya, game mekanik adalah sebuah set peraturan yang terdapat pada game. Game mekanik juga mendefinisikan bagaimana interaksi user dengan game yang dimainkannya.

Yuk, kita masuk pada game mekanik dari Piano Tiles (Don’t Tap The White Tiles)
  • GAME MODES
Terdapat 6 game mode pada Piano Tiles, yaitu :

Classic mode

Terdapat sejumlah set kotak (tiles), pemain harus menyentuh kotak (tiles) warna hitam untuk menang. Kotak-kotak pada layar akan bergerak secara manual dari atas ke bawah ketika kotak (tiles) hitam disentuh / ditekan. Pemain diharuskan menyentuh kotak (tiles) hitam secepat mungkin.

Arcade Mode

Kotak-kotak pada layar akan bergerak secara otomatis, dan pemain harus bersaing dengan kecepatan pergerakan kotak-kotak (tiles). Permainan berakhir ketika ada satu kotak (tiles) hitam yang tidak tersentuh atau terdapat kotak (tiles) putih yang tersentuh.

Zen Mode

Terdapat satu set batas waktu dan pemain harus menyentuh kotak (tiles) hitam sebanyak mungkin sebelum waktu habis. Seperti classic mode, kotak-kotak (tiles) pada layar bergerak ketika kotak (tiles) hitam disentuh.

Rush Mode

Kotak-kotak (tiles) pada layar akan bergerak secara otomatis, mirip seperti arcade mode. Kecepatan pergerakan kotak-kotak (tiles) pada layar meningkat secara bertahap, dan pemain dipaksa untuk menyentuh kotak (tiles) hitam dengan kecepatan pergerakan tiles yang terus meningkat. Ketika permainan berakhir, akan ditampilkan berapa banyak kotak (hitam) per second yang mampu disentuh.

Relay Mode

Serupa dengan zen mode, namun batas waktu bisa di-reset. Ketika pemain mampu menyentuh 50 kotak (tiles) hitam dalam batas waktu yang ditentukan, maka pemain akan mendapatkan tambahan batas waktu sesuai dengan batas waktu awal.

Arcade+ Mode
Seperti arcade mode, akan tetapi terdapat 11 variasi antara lain :
Bomb

Terdapat beberapa kotak (tiles) hitam dengan tanda tengkorak, yang jika pemain menyentuhnya maka permainan akan berakhir

Lightning / Kilat
Pada suatu ketika layar tiba-tiba menjadi black screen selama beberapa detik, sehingga pemain kesulitan untuk menyentuh kotak (tiles) hitam

Double

Terdapat dua kotak (tiles) hitam yang sejajar (paralel)

Bilayer / Dua Lapisan

Terdapat beberapa kotak (tiles) hitam yang harus disentuh sebanyak 2 kali

Mist / Berkabut

Terdapat penutup seperti kabut yang menutupi satu kotak (tiles) hitam tertentu, tetapi setelah beberaa saat kabut tersebut hilang dengan sendirinya. Kejadian tersebut akan terus berulang dalam selang waktu tertentu

Unstable / Tidak Stabil
Kecepatan pergerakan kotak-kotak (tiles) berubah-ubah terkadang cepat, lambat, sedang (tidak konsisten)

Rotatory / Berputar

Tiba-tiba layar akan berputar berlawanan arah (tiles bergerak dari atas ke bawah layar akan berubah bergerak dari bawah ke atas layar atau sebaliknya)

Shaky / Bergoncang
Tiba-tiba terdapat efek guncangan sehingga menyebabkan tatanan kotak (tiles) hitam berubah dari bentuk semula. Kejadian ini berulang pada selang waktu tertentu

Cloudy / Berawan

Serupa dengan Berkabut, akan tetapi penutup tiles berupa awan yang bergerak

Shift / Berganti

Terdapat beberapa tiles hitam yang bergerak ke kiri ke kanan (secara horizontal)

Change / Berubah
Terdapat beberapa tiles hitam yang berpindah posisi dari posisi semula (secara horizontal)

  • GAME REPEATS UNTIL YOU DIE
Dalam game Piano Tiles, ketika pemain memilih game mode Relay, maka pemain akan terus mengulangi permainan jika pemain tidak melampaui batas waktu yang diberikan. Permainan akan terus berlangsung hingga pemain kalah (Pemain menyentuh kotak putih atau pemain melampaui batas waktu yang diberikan).
  • GAME KEEPS GETS HARDER UNTIL YOU DIE
Jika pemain memilih game mode Rush, maka pemain akan terus mengulangi permainan akan tetapi dengan level kecepatan gerak kotak yang semakin cepat. 
  • INSTANT DEATH
Jika pemain menyentuh kotak (tiles) warna putih, maka pemain akan langsung kalah.
  • TIMED
Untuk game mode Classic dan Zen, permainan dibatasi pada selang waktu tertentu. Pada game mode Relay, pemain juga dibatasi oleh selang waktu tertentu akan tetapi jika pemain mampu menyentuh kotak hitam pada jumlah tertentu dengan tidak melampaui batas waktu yang ditentukan, maka waktu akan diperpanjang.

Sekian pembahasan tentang game mekanik Piano Tiles (Don't Tap The White Tiles), semoga bermanfaat. Terima kasih.

TENTANG PENULIS :
Nama : Yunan Helmi Mahendra
NRP : 5112100077



Share this article :

2 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Showbox is one of the best compatible movie downloading app for PC , Anadroid , iOS which may help you to get high quality video downloading . Get showbox latest apk and download high quality movies.
    showbox APK

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger