Game Mechanics: Fear Factor Unleashed

Senin, 30 Maret 2015

Bahasan kali ini mengenai mekanik yang terdapat pada permainan Fear Factor. Walaupun memiliki rating yang sangat buruk dari metacritics, poin penting dari permainan ini adalah sekumpulan mini-game yang masing-masing memiliki cara bermain yang berbeda, dan dapat memacu adrenalin pemain, karena setiap mini-game digambarkan dengan latar yang mendebarkan, serta terdapat tantangan sendiri yang dipacu oleh waktu, sehingga membuat pemain harus menyelesaikan tantangan dengan waktu tercepat tanpa gagal sedikitpun. Kali ini penulis akan menunjukkan 6 dari 10 mini-game yang disajikan oleh permainan ini. Berikut adalah penjelasan detilnya:

- Mekanik masing-masing mini-game

Pada mini-game pertama yang berjudul “Fright Train”. Pemain ditempatkan di sebuah rel kereta, dan diikat dengan jeratan berupa gembok. Hal yang harus dilakukan adalah membuka seluruh gembok agar tidak tertabrak oleh kereta.


  • Di kanan atas terdapat bulatan yang harus diputar pada posisi yang pas sebanyak 3 kali agar 1 gembok terbuka
  • Di kiri atas terdapat penghitung waktu untuk mengetahui, seberapa lama pemain berhasil membuka seluruh gembok
  • Di belakang terdapat kereta, jika kereta sudah sangat mendekati pemain, maka pemain akan kalah
  • Di tengah bawah terdapat adrenaline bar. Bar tersebut harus diseimbangkan, karena jika mencapai batas paling kiri atau kanan, maka pemain juga akan kalah
Selanjutnya mini-game bernama “The Pit and The Pendulum”. Memiliki mekanik yang sama dengan mini-game sebelumnya. Hanya berbeda latar saja. Berikut beberapa poin yang berbeda dari mini-game sebelumnya:


  • Pada bagian atas, terdapat pendulum yang bergerak ke bawah. Jika pendulum sudah sangat mendekati pemain, maka pemain akan kalah
Lalu terdapat mini-game bernama “Teeter Terror”. Mini-game ini berbeda dengan yang sebelumnya, tetapi sama-sama terdapat adrenaline bar. Pemain menang ketika dapat mengambil bendera terbanyak dengan waktu yang cepat.


  • Terdapat jembatan yang dapat dilangkahi pemain. Jika jembatan miring, maka harus diseimbangkan agar tidak jatuh
  • Bendera terletak di samping kiri atau samping kanan atau samping kiri dan kanan undakan. Bendera harus diambil agar pemain dapat menang
  • Ada burung yang sewaktu-waktu mengganggu pemain ketika mengambil bendera.
  • Terdapat undakan yang bertuliskan “Fear Factor”, merupakan undakan terakhir yang menandakan permainan selesai
Setelah itu mini-game bernama “Straitjacket Escape”. Pemain ditempatkan di sebuah tangki yang dipenuhi oleh ikan ganas. Agar menang, pemain harus melepaskan rantai yang diikatkan pada tubuhnya secepat mungkin.


  • Terdapat ikan yang ketika melintasi tubuh pemain, maka ikan tersebut akan menyerang pemain jika pemain bergerak melepaskan rantai
  • Di sebelah tangki, ada sebuah batang yang menunjukkan HP dari pemain. HP berkurang jika ikan menyerang pemain, seperti pada poin sebelumnya. Jika HP habis, maka pemain kalah
  • Pemain diikat oleh rantai berwarna putih yang harus dilepaskan dengan menggerak-gerakkan badan ke kanan dan kiri agar menang
Ada mini-game bernama “Gross Out Buffet”. Kali ini pemain harus memakan kecoa yang disediakan di sebuah kotak kaca seperti pada gambar. Pemain dikatakan menang jika seluruh kecoa habis dimakan dengan waktu tercepat.


  • Banyaknya kecoa yang harus dihabiskan digambarkan oleh batang merah, sedangkan batang berwarna hijau menunjukkan seberapa banyak kecoa yang ada di mulut pemain
  • Pemain harus menundukkan kepala, lalu menaruh kecoa di mulut. Jika mulut penuh, maka pemain harus tegak kembali, lalu mengunyah kecoa dan menelan kecoa tersebut. Hal tersebut dilakukan berulang hingga kecoa habis
  • Terdapat batas waktu yang digambarkan oleh timer di pojok kiri bawah
Terakhir terdapat mini-game bernama “Runaway Train”. Pemain ditempatkan di atas gerbong kereta. Hal yang dilakukan pemain untuk menang adalah mengumpulkan sebanyak mungkin bendera yang terlihat dengan waktu yang tercepat.


  • Terdapat palang yang harus dihindari pemain, agar adrenaline bar tidak bergerak jauh terlalu ke kanan atau kiri
  • Ada bulatan kecil yang menyemburkan api. Benda tersebut juga harus dihindari pemain agar adrenaline bar tidak berada di ujung kanan atau kiri

- Kustomisasi karakter

Tidak banyak yang dapat dilakukan saat kustomisasi karakter. Pemain hanya dapat mengisi 4 jenis skill dengan 20 skill point, setelah itu pemain tidak akan mendapatkan tambahan skill point dengan melakukan apapun. Kustomisasi tampilan juga sangat terbatas, hanya bisa memilih jenis kelamin, warna baju, warna kulit dan warna rambut untuk pemain. Setelah itu pemain akan mendapatkan sifat yang unik yang dipilih secara acak. Nantinya sifat tersebut akan memengaruhi tingkat kesulitan pada mini-game tertentu. Berikut gambarnya:





- Mode Fear Factor

Mode ini hanya merupakan mode dimana pemain akan ditantang melawan musuh pada sekumpulan mini-game yang telah ditentukan oleh permainan. Pemain harus berusaha menjadi yang terbaik agar memenangkan mode ini. Tidak terdapat achievement. Jika pemain memenangkan mode ini, akan membuka tingkat kesulitan yang baru.



Secara keseluruhan, permainan ini memiliki kualitas yang buruk, akibat tidak seimbangnya tingkat kesulitan antar mini-game. Contohnya, ketika beberapa mini-game dimainkan dengan tingkat kesulitan Hard, tantangan pada mini-game dapat diatasi dengan mudah. Namun ketika mini-game Runaway Train, dengan tingkat kesulitan yang relatif lebih mudah, tantangan pada mini-game sulit untuk diselesaikan. Permainan juga cenderung repetitif, sehingga pemain akan mudah bosan memainkan permainan ini.









Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger