Game mekanik 2048

Sabtu, 28 Maret 2015

Game Mekanik - 2048


Di waktu senggang seperti sekarang enaknya main game, apalagi kalau bisa ngegame sambil mengasah otak. Sudah banyak game yang bisa bikin fun dan mengasah otak, salah satu game yang terbaik yaitu 2048. Ada yang gak tahu apa itu 2048? bisa cek reviewnya di sini. Karena review sudah dibahas di postingan saya sebelumnya, kali ini saya akan membahas tentang game mekanik dari game 2048.

Game mekanik bisa dikatakan aturan-aturan yang ada di dalam game. Bisa berupa kondisi awal dan akhir permainan, gameplay, apa saja yang bisa dilakukan player, unsur-unsur mekanik dari suatu game, dll.

State Game

Kondisi awal permainan :

Terdapat kotak besar 4x4 dimana terdapat 2 buah kotak 1 x 1 yang terdiri dari angka 2 ,4 dan/atau 8.


Kondisi akhir permainan :

Terdapat 2 kondisi akhir, yaitu :
Menang
Player dapat memenangkan game ini jika player dapat menghasilkan nilai 2048 dengan cara menggabungkan nilai-nilai kelipatan  (2,4,8,16,32,dst). Tapi ada 2 pilihan ketika player sudah mencapai nilai 2048, yaitu apakah player ingin melanjutkan permainannya atau menyudahi permainannya. Jika memilih melanjutkan, maka player tetap dapat bermain hingga masuk kondisi kalah / tidak ada slot kotak yang kosong lagi untuk bergerak. 


Kalah
Jika belum bisa menghasilkan nilai  2048 dan tidak ada slot kosong lagi untuk bergerak.

Aturan Permainan :

    1. Pemain bisa menggerakkan kotak ke 4 arah , yaitu atas, bawah, kanan, kiri dengan menggunakan tombol keyboard.
    2. Jika ada 2 kotak yang nilainya sama, maka 2 kotak tersebut dapat digabungkan, lalu menghasilkan kotak baru yang nilainya penjumlahan dari 2 kotak tersebut. Misal kotak yang bernilai 2 dan 2, jika digabungkan akan menghasilkan kotak yang bernilai 4.
    3. Setelah menggabungkan 2 kotak, maka score akan bertambah sebanyak penjumlahan 2 kotak tersebut. Misal 2 kotak yang bernilai 2 digabungkan, maka score akan bertambah 4.
    4. Setelah menggerakan salah satu kotak, maka akan muncul kotak lain yang nilainya random antara 2 dan 4, dan lokasi kemunculannya juga random.


    Behavioral Momentum

    Behavioral Momentum merupakan kecenderungan player untuk tetap melakukan apa yang mereka lakukan. Unsur behavioral momentum di game ini berada di letak high score dan nilai kotak tertinggi yang pernah dicapai. Jadi si player akan saling beradu nilai high score siapa yang paling tinggi. Jika nilai highscorenya paling tinggi, hal itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Sedangkan yang nilai highscorenya lebih rendah, maka akan terpacu untuk bermain terus dan berusaha mendapatkan nilai highscore yang lebih tinggi lagi.



    Infinite Gameplay

    Game ini termasuk infinite gameplay, meskipun player sudah bisa mencapai nilai 2048, tapi player tetap bisa melanjutkan permainannya sampai tidak ada slot kotak lagi untuk bergerak.



    Status

    Status dari game ini terletak di nilai highscorenya. Player akan termotivasi untuk mendapatkan nilai highscore yang lebih tinggi, hal ini merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi player.

    Block Puzzles

    Di game ini terdapat kotak yang berukuran 1 x 1 yang bisa digerakkan atas, bawah, kanan, atau kiri. Kotak ini berada di dalam kotak besar yang berukuran 4 x 4.

    Grid Movement

    Di game ini terdapat unsur grid movement. Grid movement merupakan mekanisme yang berlaku jika ada bidak/sesuatu yang digerakkan dari suatu petak ke petak disebelahnya, baik petak yang berbentuk kotak ataupun heksagonal. Di game ini yang bergerak adalah kotak yang memiliki nilai. Kotak ini bisa berpindah dari 1 petak ke petak yang berada di atas, bawah,kanan atau kiri.


    Uncountable Number of Possible Paths

    Jadi terdapat banyak cara / jalan agar dapat menghasilkan kotak yang bernilai 2048, jadi player bisa berkreasi sesuka mereka. Yang penting jangan sampai masuk kondisi kalah / tidak ada slot kotak lagi untuk bergerak. 


    Jadi menurut saya game mekanik dari game 2048 tidak terlalu susah / ribet, tetapi menawarkan gameplay yang seru. Hal ini yang menjadikan saya memilih 2048 ini sebagai salah satu simple game terbaik.

    Tentang Penulis

    Nama : Ikrom Aulia Fahdi
    NRP : 5112100157



    Share this article :

    0 komentar :

    Speak up your mind

    Tell us what you're thinking... !

     
    Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
    Proudly powered by Blogger