Game Mekanik dari Tyrian 2000

Senin, 30 Maret 2015

Game Mekanik dari Tyrian 2000

http://www.bestoldgames.net/img/ss/tyrian-2000/tyrian-2000-ss1.gif


 Tyrian 2000 menggunakan beberapa game mekanik yaitu :
1. Customization
   Pemain diberi kebebasan untuk memodifikasi pesawatnya dengan ratusan kombinasi peralatan yang ada.

2. Equipment
   Sebuah pesawat bisa membawa dua senjata utama yang terletak di depan dan di belakang pesawat, dua senjata sekunder yang terletak di samping kanan dan samping kiri pesawat, sebuah perisai, dan sebuah generator sebagai sumber energi.

3. Power-Up
   Selain dapat meningkatkan kualitas senjata pada tiap jeda level, pemain juga dapat mendapatkan power-up jika berhasil membunuh musuh tertentu.

4. Currency
   Tyrian memiliki sistem keuangan yang unik. Semua barang yang telah dibeli dapat dijual kembali dengan harga yang sama dengan saat membeli. Hal ini dilakukan agar pemain dapat lebih fokus pada menikmati permainan dan mencoba berbagai variasi senjata yang ada tanpa perlu takut merugi.

5. Non-Linear Level
   Tyrian 2000 memiliki banyak level yang tiap levelnya memiliki keunikan masing - masing. Baik dari segi tema, jenis musuh, boss, dll. Meski masih memiliki jalur cerita yang linear, pada level tertentu Tyrian 2000 memberi kebebasan pada pemain untuk memilih level yang akan dijalani sehingga dapat memberikan suasana baru pada pemain tiap kali memainkannya.

6. Special Challenge
   Hampir pada setiap level ada musuh tertentu yang jika berhasil dibunuh akan membawa pemain pada bonus level, pada bonus level pemain akan diberi tantangan yang berbeda.

7. Rewards
   Pemain akan diberikan poin secara langsung setiap kali berhasil menghancurkan pesawat musuh. Selain itu beberapa tipe musuh juga dapat menjatuhkan sebuah barang yang jika diambil oleh pemain akan memberikan keuntungan tertentu seperti poin yang besar, meningkatkan kualitas senjata, menambah kembali armor pesawat, mendapatkan cerita tambahan, dll. tergantung pada tipe barang tersebut. Bahkan jika pemain berhasil menyelesaikan level tertentu maka pemain akan diberikan petunjuk mengenai rahasia-rahasia yang tersimpan pada permainan ini dan juga mode permainan baru yan dapat dimainkan.

8. Secrets
   Salah satu daya paling menarik dalam permainan ini adalah rahasianya. Menerapkan konsep rahasia tentu saja membuat pemain ingin terus memainkan permainan ini, entah itu karena keingintahuan atau sekedar ingin menuntaskan permainan dengan lengkap.

9. (Basic) Dynamic Difficulty Adjustment
   Pada permainan ini juga telah diterapkan tingkat kesulitan dinamis secara sederhana, salah satunya adalah tiap kali pesawat pemain dalam kondisi kritis maka akan muncul pesawat musuh spesial yang jika berhasil dihancurkan akan menjatuhkan barang yang dapat meningkatkan armor pesawat pemain. Selain itu bila pemain memilih untuk memulai cerita dari level tinggi, maka pemain akan diberikan modal awal yang lebih besar daripada jika mulai dari level rendah. Hal ini diterapkan karena pemain tentu akan sangat kesulitan jika bermain di level tinggi tanpa memiliki pesawat yang baik.

Penulis
Arendra Jutta Wara
5111100181
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger