Game Mekanik Tap Titan

Senin, 30 Maret 2015

Setelah mereview game Tap Titan untuk android, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang game mekanik dari Tap Titan. Untuk melihat hasil review saya, bisa mengakses link ini : Review Tap Titan

World
World merupakan salah satu unsur dari game mekanik yang penting untuk membuat pemain tidak bosan memainkannya. Dalam Tap Titan ini, terdapat 10 world, antara lain sea, mountain, desert, artic, forest, cave, night, graveyard, castle, garden .World akan berganti setiap 5 level dan terus berulang hingga permainan berakhir.



Costumization and Elite Item
Costumization merupakan fitur dari game untuk mengganti tampilan dari suatu karakter. Dalam Tap Titan, kita bisa mengostumisasi hero utama agar tampilannya jadi lebih menarik. Tidak hanya itu saja, item yang digunakan untuk kostumisasi bisa menambah damage maupun gold drop. Item – item untuk kostumisasi dapat diperoleh dalam achievment atau membeli dengan diamond/cash


Skill
Skill merupakan unsur terpenting dalam suatu game RPG. Dengan skill, suatu karakter bisa mengeluarkan gerakan mematikan atau jurus dengan kemampuan yang menakjubkan untuk mengalahkan musuh. Sebagai game RPG, Tap Titan membawakan skill pada semua hero-nya. Pada hero utama, skill yang bisa digunakan adalah skill active seperti slash strike, shadow clone, sementara skill lainnya adalah skill buff, seperti menambah damage, critical chance, attack speed, dan gold drop dalam kurun waktu. Untuk hero support, skill yang bisa digunakan hanya skill passive saja.


Equipment
Equipment merupakan hal dasar dari suatu game, karena hampir semua game RPG memerlukan item. Dalam Tap Titan, equipment juga bisa diperoleh. Equipment di game ini ada 2 tipe, yang pertama adalah weapon yang berguna untuk menambah damage dari hero-support, dan yang kedua adalah artefak. Artefak bisa menambah damage keseluruhan, gold drop, durasi skill, dan banyak lagi. Untuk mendapatkan weapon, pemain bisa peroleh dengan mengikuti tournament. Sementara untuk mendapat artefak, bisa diperolah dengan menukar relic yang diperoleh dengan mengalahkan boss pada level 80 keatas, setiap 10 level sekali.



Power Up
Power up merupakan cara cepat menambah kekuatan dalam game dalam waktu yang singkat. Di Tap Titan, disediakan pula Power-Up, seperti menambah gold, one hit-kill enemy, menambah gold drop. Power-Up bisa diperoleh dengan membelinya menggunakan diamong

Currency
Hampir semua game android menerapkan game mekanik currency, dimana player bisa membeli gem/diamond dengan uang asli. Di Tap Titan sendiri juga menerapkan hal serupa. Player bisa membeli diamond dengan uang asli. Diamond tersebut bisa digunakan untuk membeli Elite Item atau membeli Power Ups

Time Events
Time Events merupakan suatu game mekanik dimana terdapat event dalam periode tertentu dengan jangka waktu yang ditentukan. Dalam Tap Titan, terdapat dua macam Time Events, yaitu Tournament dan Daily Mission. Tournament diselenggarakan setiap hari rabu dan sabtu. Dalam tournament, player yang mengikutinya level dan skillnya akan direset dari awal, dan penilaiannya adalah siapa yang bisa mencapai level tertinggi dalam rentang waktu sehari. Reward dari Tournament bermacam-macam, mulai dari Tournament Point, Weapon Upgrade, dan diamond. Untuk Daily Mission merupakan event harian dimana player akan menantang suatu boss, dan bila berhasil mengalahkannya akan mendapat reward.



Economy Point
Economy point merupakan unsur game mekanik dimana player bisa membeli sesuatu dalam game. Di Tap Titan, player berusaha untuk mencari gold sebanyak mungkin. Tujuannya adalah, dengan mendapat gold, player bisa membeli hero support, membeli skillnya, menaikkan level skill dan hero.



Level - Game Keeps Gets Harder Until You Die
Level merupakan fitur dari suatu game, dimana setiap level tingkatannya selalu berbeda-beda. Untuk Game Keeps Gets Harder Until You Die, merupakan game dimana setiap level akan terus bertambah susah, tapi tidak diketahui sampe batas mana kesulitannya. Di Tap Titan, terdapat level yang semakin lama semakin susah dan player tidak tahu, sampai mana batas levenya. Semakin bertambahnya level, kemungkinan hero support untuk mati juga semakin besar.



Achievements
Achievements merupakan salah satu fitur yang membuat game menarik, karena setiap kali player mencapai sesuatu maka akan mendapat reward. Pada Tap Titan, juga terdapat sistem achievement. Achievement yang diperloh juga bermacam, bisa dari membunuh monster, mengupgrade hero, dan banyak lagi. Tidak hanya ahievement dalam game saja, tapi achievement Google Play juga bisa diperoleh untuk menambah XP Google Play player.

Total Ranking
Total Ranking merupakan unsur yang membuat seseorang tertarik pada game karena bisa membandingkan apa yang ia capai dengan orang lain. Untuk mengecek peringkat player Tap Titan, bisa di lihat pada Leaderboard Google Play. Disana player bisa membandingkan level yang telah ia capai dengan teman-temannya atau orang lain. Leaderboard Tournament juga ada, disini yang diurutkan adalah Tournament Point



Random Rewards
Game Tap Titan menghadirkan sesosok peri yang membawakan box misterius setiap kali kita memainkannya. Kemuculan peri setiap 1 manit sekali. Jika player membuka box tersebut, maka player akan mendapat reward secara random. Reward yang bisa diperoleh adalah gold, diamond, dan skill. Tapi, persentasae untuk mendapat reward gold lebih tinggi dibanding dengan skill, dan persentase mendapat skill lebih tinggi dibanding mendapat diamond.



Obstacle

Rintangan dalam game Tap Titan adalah sosok monster. Player harus mengalahkannya untuk melangkah maju ke level selanjutnya. Terdapat 60 jenis monster dalam game ini. Monster yang munculpun random. Untuk monster boss, mengalahkannya harus dalam waktu kurang dari 30 detik dan dalam menghadapinya, hero support bisa mati sewaktu-waktu.



Tentang Penulis
Fajar Setiawan
5112100010
Share this article :

1 komentar :

  1. Lots of app are available for converting movie app but some time time it may create trouble and in other hand you will get direct movie downloading and streaming in HD format via showbox with lots of attractive features.
    showbox apk
    showbox app
    showbox latest app

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger