Game Mekanik Paperama

Senin, 30 Maret 2015

Game Mekanik Paperama


Dalam artikel ini akan mencoba membahas game mekanik pada game Paperama, artikel ini kelanjutan dari artikel Paperama. Berikut beberapa point game mekanik yang saya temukan pada game Paperama:


Melipat
Satu-satunya cara pemain untuk melewati rintangan adalah dengan melipat kertas origami. Pemain harus benar-benar memperkirakan apakah lipatannya sesuai dengan pola yang ada pada level itu atau tidak.


Gerakan Melipat
Gerakan seolah-olah melipat dari pemain dengan cara menyentuh layar handphone menggunakan satu jari lalu menggerakkannya dengan jari masih menempel pada layar agar sesuai dengan pola lipatan yang diinginkan. Game harus bisa mengenali apakah gerakan melipat tersebut sesuai dengan arah pergerakan jari atau tidak.

Memunculkan Pola Lipatan
Bagaimana game menentukan kemunculan pola lipatan origami dengan tingkat kesulitan yang semakin tinggi pada setiap kenaikan levelnya.

Points
Tujuan utama dari game ini adalah sebuah skor atau poin. Keunikan dari game ini adalah skor berupa percentage. Semakin tinggi tingkat akurasi pemain dalam melipat kertas origami menyerupai bentuk yang diinginkan, semakin tinggi pula percentage-nya. Jika lipatan makin tidak sesuai dengan bentuk yang diinginkan, maka percentage-nya semakin kecil. Di sini, game harus mengenali bagian origami yang masih di dalam batas pola lipatan dan yang masih di luar lipatan untuk menentukan besaran percentage. Pemain harus mendapatkan skor minimal 80% untuk lanjut ke level berikutnya.

Levels
Game ini berbasis level atau stage, yaitu pemain harus menyelesaikan tantangan di level x untuk masuk ke level x+1. Tiap level pun memiliki tingkat kesulitan yang bertambah alias semakin sulit setiap levelnya. Selain itu, pemain tidak dapat melanjutkan ke level pack selanjutnya jika semua semua level pada level pack sebelumnya belum selesai.

Penulis
Muhammad Dery Rahma
5112100080




Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger