Township

Senin, 26 Februari 2018



Township adalah game online berbasis real time yang dikembangkan oleh Playrix, sebuah pengembang game asal Dublin, Irlandia. Pada dasarnya, Township merupakan game bercocok tanam yang dipadukan dengan kemahiran mengelola kota. Pemain di game ini berperan sebagai walikota. Dengan memanen tanaman, membuka toko, menjelajahi tambang, mengelola kebun binatang, mengekspansi pulau lain, dan menjual isi lumbung untuk mengembangkan kota.

Klasifikasi
Judul : Township
Tema : Fun
Genre : Strategi, Simulasi
Pengembang : Playrix
Rating : Everyone












Download di sini

Trailer


Skenario
Township adalah sebuah tempat dengan agrikultur yang baik. Seorang walikota dibutuhkan untuk mengembangkan Township menjadi sebuah kota yang indah. Dengan proses produksi pangan, pakan, serat, dan banyak hasil-hasil kebutuhan lain di sektor pertanian dan peternakan. Dari hasil tersebut memberikan penghasilan yang cukup besar untuk dapat mengembangkan kota.
Pada awalnya, disediakan 6 petak tanah pertanian, 3 ekor sapi, beberapa rumah dan dekorasi, serta lumbung.

Aturan Main
Di dalam Township terdapat 2 item yang sangat penting yaitu koin dan uang. Secara keseluruhan kita dituntut agar memiliki koin maupun uang untuk dapat membeli segala keperluan untuk mengembangkan kota. Koin dan uang ini dapat kita peroleh dari berbagai cara, salah satunya dengan menjual isi lumbung, hasil dari agrikultur yang kita punya untuk memenuhi pesanan pelanggan.



- Pertanian
Mulai lah game ini dengan menanam tanaman karena setiap tanaman dapat menjadi bahan baku untuk memproduksi kebutuhan lain di pabrik. Tanaman yang dapat kita tanam diantaranya, gandum, jagung, wortel, tebu, kapas, stroberi, tomat, pinus, kentang, kakao, karet, sutera, paprika, padi, dan masih banyak lagi. Jenis ini akan bertambah ketika memasuki tingkat level berikutnya.

- Peternakan
Hasilkan kebutuhan dari beternak hewan. Mulai dari sapi, ayam, domba, lebah, dan babi. Dari sini kita dapat menghasilkan susu, telur, wol, madu, dan bacon. Semuanya dapat digunakan untuk menghasilnya kebutuhan lain lewat pabrik.  

- Pertambangan
Kita dapat menggali biji logam di tambang. Biji logam yang dapat ditemukan di sana seperti perunggu, perak, emas, dan platinum. Kita juga dapat menemukan tanah liat. Selain itu, di beberapa kesempatan kita dapat menemukan artefak kuno yang terkubur di tambang.

- Ekspansi Pulau
Selain kota sendiri, kita dapat pergi keluar untuk mengekspansi pulau lain dengan kapal. Terdapat 4 pulau yang dapat dijelajahi. Pulau Frutus, Pulau Olivia, Pulau Tropica, dan Pulau Nelayan. Dari masing-masing pulau kita akan membawa pulang macam-macam kebutuhan. Dari Pulau Frutus kita dapat mendapatkan buah persik, semangka, dan prem. Dari Pulau Olivia kita dapat memperoleh buah anggur, zaitun, dan jeruk nipis. Dari Pulau Tropica kita dapat membawa pulang buah pisang, kelapa, dan nanas. Serta dari Pulau Nelayan kita dapat membawa ikan, udang, dan lobster.

- House of Luck
Kita dapat membantu memenuhi kebutuhan pemain lain dengan mengunjungi kotanya. Setelah membantu kita akan mendapatkan daun semanggi untuk bermain di house of luck. Kita dapat memilih salah satu dari 9 peti hadiah yang ada. Isi dari peti tersebut bisa jadi koin, uang, bahan kebutuhan, batang logam, dan lain sebagainya.

- Regatta
Regatta merupakan perlombaan kapal layar yang berlangsung selama 6 hari penuh setiap minggunya. Lomba ini dibagi menjadi 5 liga, yakni Liga Kayu, Liga Tembaga, Liga Baja, Liga Perak, dan Liga Emas dengan masing-masing memiliki maksimal tugas yang harus diselesaikan oleh setiap anggota untuk meraih posisi nilai tertinggi di perlombaan Regatta. Ketika hasil akhir berada pada posisi 3 teratas maka Regatta pada minggu berikutnya akan naik ke liga di atasnya.

- Koperasi
Sekelompok orang dengan jumlah maksimal 30 orang akan berkumpul untuk bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan satu sama lain. Di dalam koperasi, setiap pemain dapat mengirimkan permintaan bantuan yang kemudian permintaan itu bisa dipenuhi oleh anggota lain dalam satu koperasi. Setiap pemain dapat mengirim permintaan setiap 3 jam sekali. Di koperasi ini, anggota dapat mengobrol satu sama lain.

- Kebun Binatang
Selain kota, kita juga dituntut untuk mengembangkan kebun binatang. Binatang yang dapat dibeli ada 90 binatang yang terdiri dari 45 jenis binatang. 90 binatang sisanya dapat dikembangbiakkan di ruang perawatan bayi hewan dengan menggunakan permata yang kita punya. Setiap binatang terdiri dari 2 induk dan 2 anak, semuanya berpasangan, laki-laki dan perempuan.

Level
- Level 1
Pada level ini, kita hanya perlu mengikuti tutorial game saja. Tutorial yang pertama adalah belajar untuk menanam gandum. Tutorial berikutnya tentang memberi pakan dan memerah susu sapi.
- Level 2
Pada level 2, kita masih dituntut untuk mengikuti tutorial game. Setelah pada level sebelumnya kita diajarkan untuk menanam gandum, di level ini kita diajarkan untuk memanen gandum. Tutorial kemudian dilanjutkan dengan membangun pabrik (menempatkan dan menunggu proses bangun). Seletah pabrik selesai dibangun, kita akan diajari bagaimana caranya untuk memproduksi di pabrik.
- Level 3
Pada level 3, kita dikenalkan dengan helikopter yang akan mengangkut pesanan pembeli. Setelah kita berhasil meniru tutorial tersebut, barulah perjalanan kita menjadi walikota dimulai. Memberi nama baru untuk kota adalah langkah awal untuk mulai mengelola kota sendiri.
... Level-level berikutnya akan dicapai ketika jumlah populasi penduduknya memenuhi target. Semakin tinggi level, semakin besar target yang harus dipenuhi. 


Mengapa?

Di game ini kita dapat melakukan banyak hal. Dapat mengoleksi banyak benda di sini. Mulai dari artefak kuno dari tambang, penemuan dari hasil ekspansi, dekorasi musiman (belum tentu ada setiap waktu). Berlomba-lomba menyelesaikan regata dan misi musiman. Apalagi real time kita dituntut untuk menunggu waktu, sering mengecek kondisi agar bisa cepat menyelesaikan tugas berikutnya.  Kita juga dapat mengobrol dengan pemain lain lewat koperasi.

Oleh: Davin Masasih - 5115100113
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger