Disgaea 5

Senin, 26 Februari 2018

Disgaea 5

Image result for disgaea 5 cover

Patform : PS4, Switch
Genre : Tactical RPG
Theme : Otherworldly
Rating : T (ESRB)
Player : singleplayer

(Gameplay Basic)

Ada 2 mode permainan yang tersedia, yang pertama saat kita berada di kota dan tidak bertarung (akan saya sebut "Town Mode") dan saat kita bertarung (akan saya sebut battle mode). Pada Town Mode, player bisa melakukan banyak hal layaknya RPG lainnya, seperti, berbicara dengan NPC, membeli item/equipment, merekrut karakter baru, replenish HP/MP, maupun dispatch ke battle.
Image result for disgaea 5 netherworld
Town Mode
Pada Battle Mode, player akan ditempatkan pada suatu instanced area(Stage), dimana para musuh sudah menunggu didalamnya. Stage tersebut akan dipetakan dalam bentuk 2D grid dengan memasukkan unsur ketinggian(height) di dalamnya. Pada Stage tersebut akan terdapat sebuah Base Panel. Base panel tersebut adalah tempat keluarnya karakter yang kita mainkan. Maksimal kita bisa membawa 10 karakter kedalam battle. Setiap kita membawa karakter keluar dari base panel maka Character count akan bertambah satu, setiap kali ada karakter yang masuk ke dalam base panel Character Count akan berkurang satu, dan jika karakter mati di dalam battle Character Count tidak akan berkurang (meski karakter mati akan tetap terhitung "hadir" di dalam battle).
Image result for disgaea 5 battle
Battle Mode
Player dan Enemy bergerak bergantian  berdasar turn. Giliran player untuk bergerak adalah pada turn ganjil(1,3,5,..) dan giliran Enemy untuk bergerak adalah pada turn genap(2,4,6,..). Untuk satu turn, Player/Enemy bisa menggerakkan seluruh karakter yang dimilikinya. Pergerakan karakter dibagi menjadi 3 bagian (Move, Action, Item, Equip). Pada setiap turn, setiap karakter boleh melakukan semua hal tersebut maksimal 1 kali setiap bagian.
Image result for disgaea 5 action menu
Action Menu
Untuk Move, player bisa berpindah tempat sesuai stat "move" yang dimilikinya, setiap berpindah 1 grid membutuhkan 1 stat "move". Selain stat "move" untuk berpindah tempat kita juga harus memperhatikan stat "jump". Untuk bergerak ke tempat yang lebih tinggi/rendah, perbedaan ketinggan antara posisi sekarang dengan posisi yang dituju harus lebih rendah dari stat "jump".
Untuk Action, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Pertama adalah basic attack, yaitu kita menyerang musuh tanpa menggunakan skill. Range dari basic attack ditentukan oleh senjata yang dipakai. Kedua skill(special), ada 2 tipe skill, Weapon Skill dan Magic Skill. Untuk menggunakan Weapon Skill, karakter harus menggunakan senjata yang sesuai dengan skill yang digunakan, sedangkan Magic Skill bisa digunakan kapanpun tak peduli dengan senjata yang sedang digunakan. Action yang kedua adalah Lift/Throw. Action Lift ini pada dasarnya mengangkat satu karakter pada radius 1 grid dari karakter yang melakukan lift. Keuntungan dari Action ini ialah karakter yang diangkat tidak bisa diserang musuh dan karakter yang mengangkat bisa melakukan Tower Attack. Namun tentu saja ada tradeoff untuk melakukannya, yaitu: karakter yang sedang diangkat tidak bisa melakukan Move/Action/Item apapun, karakter yang sedang mengangkat tidak bisa melakukan Move, dan aksi yang bisa dilakukan (karakter yang mengangkat) hanya Tower Attack dan Throw. Tower Attack adalah basic attack yang dilakukan oleh seluruh karakter dalam 1 stack "pengangkatan" yang range serangannya didasarkan pada ketinggian stack (banyaknya karakter pada 1 stack). Sedangkan Throw adalah melempar seluruh karakter yang ada diatas karakter yang melakukan Throw. Jarak Throw tergantung pada stat Throw yang dilmiliki karakter yang melempar. Selain itu ada hidden mechanic mengenai ketinggian lempar, semakin jauh range kita melempar, semakin tinggi tempat yang bisa dijangkau. Lalu ada Defend dan Overload. Defend akan memperkuat pertahanan karakter kita untuk 1 turn sedangkan Overload akan memberi kekuatan tambahan untuk 1 turn tergantung karakter yang menggunakannya.
Action yang ketiga dan keempat adalah Item dan Equip. Yang bisa dilakukan Action Item ini adalah menggunakan item(Potion,Food,etc) dan untuk Equip melakukan pergantian equipment.
Objective dari satu battle ialah mengalahkan seluruh karakter Enemy. Definisi mengalahkan disini ialah membuat HP enemy menjadi 0 dengan cara apapun. Kondisi kalah Player ialah pada stage tersebut player sedang tidak mengontrol satupun karakter dan player tidak bisa mengeluarkan karakter baru dari base panel. Kondisi "tidak bisa mengeluarkan karakter baru dari base panel" bisa terjadi karena  karakter limit (sudah ada 10 karakter di dalam Stage baik hidup ataupun mati).
Image result for disgaea 5 campaign screenshots
Salah satu Story Scene
Campaign yang disediakan terdiri dari 16 Chapter Main Story. Semakin jauh chapter kita berada, musuh yang akan kita hadapi akan semakin sulit. Disini kita kita akan berperan sebagai Killia sebagai karakter utama yang kita kendalikan. Ending dari Campaign ini ada lebih dari satu, dan kita akan mendapat Ending yang sesuai dengan accomplishment kita didalam 1 run dari Campaign tersebut. Ending tidak hanya disediakan paka akhir dari ke-16 Chapter, pada kondisi tertentu, kita bisa mendapatkan ending sebelum chapter ke-16. Selain itu ada ending global yang akan diberikan jika kita kalah dalam battle, yaitu ending "Game Over". Jika player mendapat ending "Game Over" , pilihan player hanya ada 2, mulai kembali dari 0(jalur keras) atau melakukan load dari savegame yang sudah dilakukan. Game Over akan didapat apabila player memenuhi kondisi kalah saat melakukan battle di luar story battle atau jika player memilih "Back to Title Screen" saat kalah dalam story battle. Jika untuk melakukan progress story terasa berat, player memiliki pilihan untuk memperkuat diri melalui grind pada chapter chapter sebelumnya maupun menggunakan fitur yang disediakan oleh game seperti item world, chara world, dsb. Setelah menyelesaikan main story, akan terbuka post-game content yang bisa dilakukan oleh player.

(Fun Factor)

Game ini sangat cocok untuk player dengan tipikal Achiever, karena pada awal permainan karakter yang kita mainkan memiliki stat yang sangat rendah dan equipment yang sangat jelek. Namun sering berjalannya waktu, stat karakter kita akan tumbuh. Terutama pada end-game, karakter kta bisa memiliki status yang sangat besar dan equip yang "ndewa" sampai sampai angkanya melewati batasan UI nya. Selain, para Explorer juga bisa menikmati game ini karena disediakan banyak karakter dan fitur untuk dimainkan.

(Why)

Quintilion damage dream.

(Badge)

...
      
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger