Fallout 4

Minggu, 25 Februari 2018


Review : Fallout 4


Fallout 4 adalah open-world action role-playing game yang dikembangkan oleh Bethesda Game Studio dan dirilis oleh Bethesda Softworks. Judul kelima dari seri major Fallout ini berkisah tentang 200 tahun setelah perang nuklir. Set Fallout 4 berada di Boston paska kehancuran yang mana pemain akan mengendalikan karakter yang muncul dari bunker bawah tanah yang disebut Vault.

Klasifikasi Permainan :
  • Genre : RPG, Action
  • Tema : Post-Apocalypse, Nuclear
  • Rating :
D:\Onedrive\Tugas TC\Semester 6\TPG\download.png





Vault

Fallout 4 sudah rilis di Steam pada 10 November 2015 sehingga gamers PC langsung beli, unduh dan memainkan game dengan tema pasca perang nuklir itu di PC kesayangannya. Selain di PC, game ini juga tersedia untuk konsol PlayStation 4 dan Xbox One.

Gameplay masih mirip dengan Fallout 3 namun lebih kaya karena gameplay-nya lebih menarik seperti sistem armor berlapis, base building, sistem dialog lebih dinamis, sistem crafting lebih mendalam dan banyak lagi. Sudut pandang karakter bisa diset dalam sudut pandang orang pertama (FPS) atau orang ketiga (TPS). Pemain harus menyelesaikan beragam misi dan mengumpulkan pengalaman untuk meningkatkan level karakter untuk mendapatkan kemampuan baru.

S.P.E.C.I.A.L
Ketika baru mulai, pemain diberikan sejumlah poin untuk menentukan atribut karakter yang disebut dengan S.P.E.C.I.A.L. Atribut itu memiliki pengertian yakni Strength, Perception, Endurance, Charisma, Intelligance, Agility dan Luck yang mana atribut akan menentukan kemampuan karakter dalam bertahan di Wasteland. Setiap pemain mempunyai kebebasan mengatur S.P.E.C.I.A.L nya seperti apa. Ingin disukai para NPC khususnya wanita? Tingkatkan Charisma. Ingin bisa menaklukan musuh hanya dengan berbicara? Tingkatkan Intelligance dan Perception. Ingin jago bertarung? TIngkatkan Strength.
Selain itu, pemain juga bisa mengkustomisasi wajah dari karakter dengan bentuk-bentuk yang tersedia, mulai dari rupawan hingga 'hancur lebur' karena radiasi. Dan dapat juga mengkustomisasi outfit mulai dari baju, celana, sepatu, topi, dll.



Karakter dapat mengajak party member, seperti Anjing, untuk bergabung serta membantu dalam petualangan dan pertempuran. Menariknya, game ini memiliki fitur baru yakni kemampuan untuk menyusun serta membongkar bangunan, dan menggunakan materialnya untuk membangun pemukiman yang nantinya bisa menarik dan ditinggali olen NPC. Pemain dapat memasang beragam fasilitas pertahanan seperti menara dan jebakan untuk perlindungan dari berbagai macam serangan.



Karakter dapat menjelajahi map dengan bebas, mengkustomisasi persenjataan. Game ini memiliki lebih dari 50 senapan dasar yang bisa dibentuk dengan beragam modifikasi seperti tipe barel dan laser. Pemain juga memiliki sebuah Armor berbentuk semi-robot. Namanya Power Armor. Power Armor telah dirancang ulang sehingga menyerupai kendaraan daripada baju besi biasa serta bisa dimodifikasi dengan menambahkan jetpack atau part lain yang sesuai dengan armor yang dikenakan. Setiap Power Armor memiliki berat dan spesialisasi masing masing tergantung kebutuhan pemainnya.




Power Armor



Nah, gadget paling ikonis pada game ini yaitu PipBoy yang merupakan jam tangan komputer berukuran besar yang memungkinkan karakter untuk mengakses menu, statistik, peta, data dan barang-barang. Mantapnya, PipBoy ini juga bisa memainkan cartridge game yang ditemukan saat penjelajahan.



Kenapa Game ini Terbaik Menurut Saya?
Fallout 4 memberikan pengalaman maksimal kepada gamer yang menyukai eksplorasi, kustomisasi dan aksi ynag lebih bebas dan menarik. Berbagai musuh mulai dari zombie, monster raksasa, atau anjing liar sangat seru untuk dilawan. dengan konten sebanyak ini, kalian akan menghabiskan sekitar 150 jam waktu hanya untuk meng-eksplorasi gua, gudang, pabrik, atau hanya sekedar camp para zombie.


Kesimpulan
Pertempuran melawan beragam mahluk aneh di game ini semakin seru dengan adanya fitur Vault-Tec Assisted Targeting System (VATS). Dengan VATS maka real-time combat akan melambat, dan aksi pertempuran dapat dilakukan dalam sudut pandang yang berbeda.




Mahluk aneh

Setiap aksi membutuhkan action point sehingga menjadi pembatas dari setiap tindakan yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Karakter dapat menyerang bagian tubuh tertentu untuk menimbulkan cedera tertentu seperti tembak kepala untuk instant kill atau buta, tembak kaki untuk melambatkan pergerakan lawan, dan bisa melucuti senjata lawan dengan menembak senjatanya. VAT disini tidak banyak berubah seperti di seri sebelumnya, perbedaannya hanya terletak dalam pause nya dimana di Fallout 4 VAT hanya men-slomo kan pertarungan bukan menghentikan pertarungan seperti di game sebelumnya.



Secara keseluruhan Fallout 4 merupakan game yang boleh dibilang sangat bagus. Selain aksi petempuran, ada juga fitur menarik lain yang membuat gameplay jadi lebih kaya seperti membuat bagunan, crafting senjata dan tentu saja PipBoy yang bisa digunakan untuk bermain cartridge game yang ditemukan. Dengan kustomisasi yang sangat luas, variatif dan memakan banyak sekali waktu untuk sekedar melengkapinya, Fallout 4 memberikan pengalaman yang sangat menarik bagi pecinta RPG akan kebebasan bermain.

Namun, ada beberapa kelemahan yang sering kali digaris-bawahi oleh para penggemar Fallout terhadap game ini. Quest yang repetitif dan cenderung monoton membuat game ini sedikit membosankan. Membunuh musuh, menyelamatkan NPC, meng-eksplorasi gua/pabrik/ancient adalah sebagian besar misinya dengan objek yang berbeda. Selain itu character development tiap NPC sangatlah dangkal. Selama bermain, tidak ada satupun NPC yang memorable di game ini sehingga setiap NPC terlihat sama saja.


Nama : Satria Chandra Yudha W
NRP : 5115100127





Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger