Gems of War

Senin, 26 Februari 2018

Judul: Gems of War
Genre: Puzzle, MMO
Tema: Fantasi
Rating: Teen
Link: www.gemsofwar.com




Apa jadinya apabila game Candy Crush dan game Gran Blue Fantasy bersatu?


Game tersebut akan mirip dengan Gems of Wars. Ya, Gems of Wars memadukan mekanik permainan Candy Crush dan kebebasan konfigurasi unit pemain Gran Blue Fantasy. Apabila kalian memang hobi dengan Candy Crush (atau untuk pemain lawas, Puzzle Quest!), Gems of Wars menawarkan sesuatu yang unik dan masih memanfaatkan mekanik yang sama.

Gems of Wars merupakan permainan dimana pemain harus mengalahkan lawan dengan cara melakukan match-3 pada papan permainan, yaitu pemain harus menggeser satu warna ke sebelah atas, kiri, kanan, atau bawah untuk membuat satu deretan yang berwarna sama. Deretan ini minimal harus memiliki panjang 3 warna. Dengan melakukan match, pemain diberi kesempatan untuk menyerang pasukan lawan. Dan begitu pula sebaliknya, lawan akan mencoba melakukan match untuk menyerang pemain. Matching dilakukan secara bergantian antara pemain dengan lawan. Pemain dinyatakan menang apabila berhasil mengalahkan semua pasukan lawan. Sebaliknya, pemain dinyataan kalah apabila semua pasukan pemain telah dikalahkan.


Bonus Match akan didapatkan siapapun yang bisa melakukan match lebih dari 3 warna yang sama. Bonus Match memberikan pelakunya mendapatkan efek yang menguntungkan. Setiap Bonus Match pasti akan memberikan pelakunya extra turn. Artinya apabila pemain melakukan matching lebih dari 3 warna, pemain diberikan kesempatan untuk melakukan match lagi. Selain extra turn, efek Bonus Match bergantung pada warna apa match dilakukan. Salah satu efek ini yaitu pemain bisa melakukan critical hit kepada lawan.






Sebutan satuan warna pada game ini disebut dengan “gem”. Terdapat 7 jenis gem yang dimiliki pada game: enam gem elemen (khas dengan warna masing-masing), dan satu gem tengkorak. Gem tengkorak akan menyebabkan pelaku match menyerang lawan dengan unit urutan pertama. Unit lawan yang diserang adalah unit terdepan milik lawan. Gem elemen akan membuat pemain mampu melakukan skill, bergantung elemen apa yang dimatch.
Terdengar sederhana memang. Namun disinilah daya tarik Gems of Wars. Pemain memiliki unit pasukan yang biasa disebut Troop. Setiap troop memiliki status, gem color, kekuatan, dan kelemahan masing-masing. Pemain memiliki kebebasan untuk memilih dan mengatur troop mana yang akan diikutsertakan pada permainan.




Setiap troop memiliki poin life, armor, magic, dan attack. Life dan armor menentukan apakah troop masih bisa bermain atau tidak. Attack sebuah troop menentukan berapa banyak damage yang diberikan apabila pemain melakukan match pada gem tengkorak. Sedangkan magic menentukan seberapa kuat skill sebuah troop.



Selain status life, armor, magic dan attack, setiap troop memiliki skill dan trait. Skill merupakan ability unik troop yang membolehkan troop untuk melakukan sesuatu. Contohnya, skill untuk menambah nyawa, skill untuk menyerang, dan skill untuk melakukan summon troop. Kombinasi skill yang baik dapat memastikan pemain dapat memenangkan permainan. Trait dapat dikatakan sebagai “skill pasif”, artinya, tidak seperti skill, trait dapat digunakan tanpa harus melakukan match. Trait dapat bekerja tergantung dari deskripsi trait masing-masing. Misalnya, terdapat trait yang memberikan nyawa kepada rekan troop lain di awal pertandingan, dan ada trait yang mengurangi nyawa semua musuh apabila melakukan match dengan kondisi tertentu, terlepas dari warna match yang dilakukan.

Gems of Wars menyajikan beratus troop yang unik, menjadikan permainan sangat-sangat terbuka dan fleksibel. Sebagai awalan, game akan memberikan pemain dua troop sebagai permulaan. Seiring waktu, pemain dapat mendapatkan troop lain atau bahkan melakukan leveling troop yang telah dimiliki. Dengan banyaknya kombinasi troop, level, dan trait, dapat dipastikan permainan akan sangat beragam!

Di satu sisi, Gems of Wars menawarkan permainan yang luas. Sayangnya sebagai sebuah game yang dapat dimainkan dengan gratis, fitur in-app purchase cukup terasa. Untuk melakukan leveling troop butuh usaha yang cukup tinggi, namun dengan melakukan pembelian, leveling yang dibutuhkan menjadi lebih mudah, misalnya. Selain itu, Gems of Wars kental dengan fitur gacha. Sehingga buat kalian yang tidak suka tergarami, baiknya jangan coba-coba main game ini. 😊
 
Reviewer:
05111440000158

Muhammad Ghazian
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger