Review Game “Hay Day”: Kamu Tidak Perlu Tinggal di Pertanian untuk Menjadi Petani yang Hebat

Senin, 26 Februari 2018

Sebenarnya, secara pribadi saya orang yang mudah bosan. Saya tipikal orang yang main game untuk mengisi kebosanan dan jika ada waktu luang. Saya cenderung download game secara acak di Google Playstore –apapun yang muncul di rekomendasi Google Playstore saya- kemudian kalau sudah bosan, saya uninstall, dan tidak kembali mengunduh permainan tersebut lagi. Namun, Hay Day, game  bergenre simulasi dengan tema pertanian (farming) ini adalah sebuah pengecualian bagi saya. Saya sudah beberapa kali ganti smartphone berbasis Android –karena jatuh, kena air, tukar dengan saudara, dan sebab lainnya- dan saya selalu meng-install Hay Day kembali.

 
 Video Trailer Game Hay Day
(youtube.com)

Hay Day dirilis oleh pengembang Supercell (mereka juga yang mengembangkan Clash of Clans) pada tahun 2012. Game dengan ESRB rating T (Teens) dan PEGI rating 12  ini baru mulai saya mainkan sekitar tahun 2015 atas saran seorang kawan yang prihatin dengan kebosanan saya saat itu. Meskipun sudah kurang lebih 2-3 tahun bermain, saya baru mencapai level 42, karena saya toh tidak terlalu ngoyo dalam bermain game.


 Screenshot game Hay Day
(Dokumentasi pribadi)

Pada awalnya Hay Day hanya dirilis untuk platform iOS. Namun kemudian Supercell juga merilis untuk versi Android. Di Google Play Store bisa kita unduh disini.

Skenario dari game ini ceritanya adalah paman si pemain tidak mampu lagi mengurus lahan pertaniannya. Kemudian lahan pertanian tersebut diwariskan kepada pemain. Permainan ini dimulai dengan tutorial oleh sebuah scarecrow alias orang-orangan sawah. Kegiatan yang bisa dilakukan pada level-level pemula antara lain bercocok tanam dan beternak.

Tutorial bersama Scarecrow
(supercheats.com)

Player bisa menjual hasil pertaniannya untuk mendapatkan koin. Koin ini bisa dipakai untuk membeli item, bangunan, dekorasi, dan lain-lain. Selain itu setiap kegiatan yang dilakukan pemain dapat menghasilkan experience points (XP) untuk menaikkan level. Ada juga diamond untuk membeli item-item eksklusif. Diamond ini jarang bisa didapatkan secara gratis walaupun untuk mengunduh Hay Day sendiri tidak dikenakan biaya. Meskipun begitu, kita bisa membeli diamond menggunakan voucher Google Playstore

Dalam bermain Hay Day, ada achievements yang bisa dicapai oleh pemain. Ketika pemain sudah mencapai suatu achievements, biasanya pemain akan mendapat reward berupa diamonds dan tambahan XP.

Screenshot Achievements
(Dokumentasi pribadi)

Seiring meningkatnya level game, pemain bisa membuka fitur neighborhood, memancing, menambang, mengelola kota, river boat, dan lain-lain. Sekumpulan pemain dapat membentuk neighborhood dimana mereka dapat saling menolong dalam game, serta berkompetisi dalam derby dengan neighborhood lain.

Screenshot Neighborhoods
(Dokumentasi pribadi)

Screenshot Neighborhoods Derby
(Dokumentasi pribadi)

 Selain bisa berinteraksi dengan pemain lain melalui neighborhood, Hay Day juga menyediakan fitur dimana pemain bisa mengiklankan barang dagangan di roadside shop. Ketika kita membuka iklan dan ingin membeli sesuatu yang ada di iklan, pemain akan dibawa berkunjung ke pertanian pemain yang membuat iklan tersebut. Kemudian dengan kunjungan tersebut pemain bisa saling menambahkan sebagai teman dan membantu mengisi kargo river boat atau menyiram tanaman.

Screenshot mengiklankan dagangan roadside shop
(Dokumentasi pribadi)

Screenshot kargo river boat
(Dokumentasi pribadi)

Fun factor dari game ini adalah ketika kamu seorang achiever kamu bisa mendapatkan XP dan koin sebanyak-banyaknya, menyelesaikan banyak achievement sehingga levelmu bertambah dengan cepat, memperluas area pertanian maupun perkotaan, dan masih banyak lagi. Sedangkan bagi kamu yang socializer, Hay Day bisa disambungkan dengan Google Play dan Facebook sehingga kamu bisa mengajak teman-temanmu bermain. Dengan fitur-fitur yang ada, kamu juga bisa menambah teman baru selain dari Facebook. Bersama teman-temanmu, kamu juga bisa menyelesaikan berbagai kegiatan yang ada seperti derby dan cargo river boat.

Permainan ini sudah diunduh oleh lebih dari 9 juta orang dan mendapat rating 4.5/5 di Google Playstore dengan sekitar 7 juta orang memberikan rate  bintang 5. Common Sense Media dan Gamezebo masing-masing memberikan rate 4/5 pada Hay Day,  sementara Pocket Gamer memberikan rate 7/10.

Review oleh:
Pratiwi FH
NRP. 05111440000011
Share this article :

1 komentar :

  1. main disini juga asik sama temen dari seluruh dunia untuk semua umur dan tentunya gratis https://bit.ly/3rMk4II

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger