Black Desert Online

Senin, 26 Februari 2018








Initial Release Date: 2014
Director(s): Kim Daeil
Developer: Pearl Abyss
Genre: Massively multiplayer online role-playing game (MMORPG)
Platforms: PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows
ESRB: Not Rated / Pending. Menurut saya, rating yang tepat adalah Mature 17+



Link Website:


Black Desert Online merupakan game garapan Pearl Abyss yang bergenre MMORPG . Game ini memiliki sistem pertarungan berbasis action yang memerlukan aiming manual layaknya third-person-shooters.Black Desert Online menawarkan fitur housing(Menata isi rumah),fishing,farming, trading dan tidak lupa tentu terdapat fitur (PVP).Game ini sudah dikembangkan selama lebih dari tiga tahun. Telah tersedia di Korea sejak 2014 dan untuk gamer Jepang dan Russia sejak 2015, 2016 untuk para gamer Eropa dan Amerika Utara, dan pada awal tahun 2018 game ini hadir di SEA(SouhtEastAsia).

Story
 Official Trailer


Black Desert Online berlangsung dalam setting fantasi yang tinggi dan berkisar pada konflik antara dua negara yaitu Republik Calpheon dan Kerajaan Valencia. Calpheon sangat materialistis dimana Valencia sangat spiritual. Jauh sebelum Black Desert Online dimulai, terdapat empat negara utama, Calpheon, Serendia, Balenos, dan Mediah, mereka semua dalam keadaan damai. Namun, semua berubah ketika pedagang dari Valencia, sebuah wilayah di Mediah yang mengendalikan perdagangan, mulai menyebarkan Wabah Hitam(Black Plague). Banyak orang dari seluruh dunia meninggal karena penyakit ini. Jika orang tidak meninggal karenanya, mereka kehilangan akal sehatnya karena paranoia terhadap Wabah Hitam tersebut. Akhirnya, tiga negara utama memutuskan untuk menjadikan Valencia sebagai musuh. Ketiga wilayah tersebut membuat aliansi dan memulai perang. Perang berlangsung selama 30 tahun dan menyebabkan Mediah memperoleh keuntungan paling banyak. Hal ini dikarenakan Mediah, selama peperangan berlangsung, memanen Batu Hitam(Black Stone) dan berdagang dengan semua orang di berbagai wilayah. Setelah peperangan berakhir, aliansi perlahan mulai berdagang dengan Valencia lagi. Ketegangan kembali meningkat ketika mereka telah menemukan pentingnya batu hitam. Putus asa untuk mendapatkan kekayaan, mereka pun berlomba-lomba mencari batu hitam. Calpheon tidak memiliki area yang memiliki batu hitam, oleh karena itu mereka mulai mencuri dari wilayah negara lain. Hal inilah yang menimbulkan konflik dengan Valencia karena mereka memiliki Gurun Hitam Valencia dimana batu hitam itu berasal.

Gameplay
Berbeda dengan game MMORPG kebanyakan, game ini menyediakan fitur character creation yang sangat detail layaknya The Sims. Hal ini yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang termasuk saya.




 Top 10 Selebrity Character Creations

No Level Cap
Tidak seperti game MMORPG kebanyakan, Black Desert Online tidak memiliki Level Cap atau tidak ada level maksimal. Pemain bisa terus mendapatkan experience dan menaikkan level setinggi mungkin. Namun, ketika menginjak level 60 experience yang didapatkan dari monster semakin sedikit  atau sering dibilang “Seret exp” oleh kebanyakan pemain.

Life Skills
Black Desert Online menyajikan fitur Life Skill sehingga player tidak jenuh dengan hanya menyelesaikan quest maupun membunuh monster terus menerus. Terdapat 10 Life Skill yang dapat ditingkatkan, dan masing-masing menghasilkan material yang berbeda-beda.

-          Gathering   : Memotong pohon, Menambang Batu, Menyembelih Kambing, dst


-          Cooking      : Memasak makanan yang dapat memberikan buff pada character
-          Processing  : Menggabungkan material untuk keperluan crafting, cooking, maupun alchemy
-          Alchemy     : Meracik potion maupun item yang memberikan buff
-          Fishing        : Memancing ikan, yang dapat dijual melalui Trading atau dijadikan bahan cooking


-          Training      : Mengendarai kuda dan sekaligus melatihnya. Kuda,Keledai,Unta,Gajah merupakan kendaraan di game ini, yang bisa didapatkan melalui quest atau menangkapnya di alam liar dengan menggunakan tali.


-          Trading       : Menjual item antara kota ke kota
-          Farming      : Menanam padi,strawberry,jagung, dll layak nya harvest moon
-          Hunting      : Memburu beberapa makhluk/hewan dengan menggunakan senapan
-          Sailing        : Berlayar dengan menggunakan kapal

Black Desert World Map



Mengapa Terbaik?
Secara keseluruhan, game ini tidak memliki end game mekanik atau yang biasa disebut “Tamat”. Tidak memiliki level maksimal, pemain bisa menjelajahi dan membuka keseluruhan map, dan masih banyak lagi fitur-fitur yang belum saya sebutkan. Hal ini lah yang membuat saya selalu ketagihan, dan salah satu hal yang menentukan game itu bagus atau tidak adalah berapa banyak waktu yang pemain habiskan untuk memainkan game tersebut.



M. Fahmi Purnomo
5113100188

Share this article :

1 komentar :

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger