Phantasmagoria of Flower View

Minggu, 25 Februari 2018



Phantasmagoria of Flower View adalah game ke-9 dari serial game Touhou. Berbeda dengan game lain dari serial Touhou, game ini menawarkan versus mode dimana pemain bisa memilih untuk melawan bot atau orang lain (atau melihat dua bot saling bertarung). Story mode di game ini bercerita tentang penjaga kuil Hakurei Reimu yang menyelidiki penyebab kemunculan bunga dalam jumlah yang tidak wajar di Gensokyo.







Genre: Vertical shooting, Bullet Hell
Tema: Fantasi
Developer: Team Shanghai Alice
Tanggal Rilis: 14 Agustus 2005
Platform: Windows


Aturan permainan:

Setiap karakter memiliki 5 nyawa yang ditunjukkan sebagai lingkaran yin-yang di atas layar. Untuk memenangkan permainan, pemain harus lebih dulu menghabiskan nyawa lawan sebelum kehabisan nyawanya sendiri. Nyawa akan berkurang ketika karakter terkena peluru atau menyentuh peri yang muncul di layar. Pemain tidak bisa menembak musuh secara langsung, namun harus menggunakan spell yang dapat digunakan ketika spell bar yang berada di bawah layar telah mencapai jumlah tertentu. Spell bar dapat diisi dengan beberapa cara yaitu menembak peri yang muncul, menghilangkan peluru dengan memanfaatkan ledakan yang muncul ketika peri mati, dan mengambil drop item. Pemain juga akan mendapat charge di spell bar ketika terkena damage.

Dalam story mode terdapat 9 level dengan tingkat kesulitan yang meningkat di setiap level. 7 level pertama memiliki lawan yang acak, sementara 2 level terakhir pemain akan melawan boss. Pada awal permainan, pemain hanya bisa memilih 1 dari 4 karakter yang tersedia. Setiap menamatkan permainan menggunakan satu karakter, pemain akan membuka satu karakter lain yang bisa digunakan. Maka untuk mendapatkan semua 14 karakter, pemain harus menamatkan game ini sebanyak sepuluh kali menggunakan karakter yang berbeda-beda.

Semua karakter di game ini memiliki jenis serangan yang khas. Sehingga untuk mendapatkan semua karakter, pemain akan ditantang untuk beradaptasi menggunakan jenis serangan yang tidak pernah sama di setiap sesi permainan. Selain jenis serangan, pilihan karakter juga akan menentukan dialog yang akan muncul di awal permainan dan ketika pemain berhasil mengalahkan lawan.

Alasan saya memilih game ini:

Meski tidak bisa dibilang game terbaik, game ini adalah salah satu game favorit saya. Faktor yang membuat saya lebih banyak memainkan game ini dibandingkan dengan game lain dalam serial touhou adalah jumlah karakter yang bisa dimainkan. Game touhou biasanya memiliki tiga sampai empat karakter yang bisa dimainkan, jauh lebih sedikit dibandingkan dengan 14 karakter dalam game ini. Kemudian keberadaan fitur unlockable yang menantang pemain untuk mencoba semua karakter yang ada dan menggunakannya untuk menamatkan game.

 

Fun Factor:
Game ini cocok untuk killer yang suka mengalahkan lawan, entah itu orang lain atau komputer. Kesenangan lain dalam game ini adalah rasa puas ketika bisa menghindari rentetan peluru yang terhitung jumlahnya. Kemudian dengan adanya sistem counter untuk spell level dragon, memungkinkan terjadinya saling serang dengan spell level dragon yang terasa sangat memuaskan ketika kita memenangkannya (atau frustasi karena harus menghadapi spell level dragon dari lawan).

Barep Bimo Pangestu
5115100112


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger