Final Fantasy XII

Senin, 26 Februari 2018


I. Deskripsi Singkat
Final Fantasy XII adalah salah satu game besutan Square Enix dan merupakan bagian dari  franchise Final Fantasy, sesuai nomornya, game ini adalah seri ke 12 dari franchise utama game Final Fantasy. Dirilis tahun 2006 untuk konsol Playstation 2, game ini banyak menerima penghargaan, diantaranya Best PS2 Game IGN Awards 2006, Best PS2 Game GameSpot Awards 2006, dan Grand Award Japan Game Awards 2006.

II. Story
Final Fantasy XII sendiri bertempat di Ivalice, sebuah tempat fiksi dimana sihir hidup berdampingan dengan teknologi khas steampunk yang digunakan sehari hari oleh rakyat yang hidup di Ivalice. Di Final Fantasy XII sendiri, ada enam karakter utama yang dapat dimainkan, Vaan, Seorang pemuda yang bercita-cita menjadi Perompak Udara, Ashe, Putri dari kerajaan Dalmasca, Basch, Seorang Ksatria yang dibuang dari kerajaan Dalmasca Karena berkhianat, Balthier, Seorang pilot dan perompak udara, Fran, Seorang ras Viera yang merupakan partner dari Balthier, dan Penelo, Teman masa kecil dari Vaan yang selalu mengikutinya kemanapun dia pergi.

Dari Kiri Ke Kanan :
Penelo, Balthier, Ashe, Vaan(bawah), Basch, dan Fran

III. Mekanisma & Gameplay
Untuk Sistem permainannya sendiri, Final Fantasy XII mempunyai beberapa perbedaan dari game-game pendahulunya, jika di seri pendahulunya(FF I - XI) musuh akan ditemui secara random dan tersebar di seluruh penjuru map, di seri kali ini, musuh tidak lagi ditemui secara random, kita juga bebas memilih untuk melawan musuh yang kita inginkan, kita juga dapat menyelesaikan misi dengan cara stealth, jika kita tidak ingin melawan musuh tersebut, sehingga semakin memperluas kemungkinan kita untuk menyelesaikan sebuah misi ataupun tugas sesuai preferensi kita.
Karakter-karakter yang dapat kita mainkan, dapat kita rubah profesinya(job) sesuai strategi yang kita suka, dan tentu saja, setelah mengalahkan monster ataupun menyelesaikan misi, karakter yang kita mainkan akan mendapatkan experience point, ketika kita mencapai experience point dalam jumlah tertentu, maka karakter kita akan naik levelnya(level up), dan tentu saja akan memperkuat karakter tersebut.
Game ini juga memperkenalkan fitur terbaru, bernama Gambit System, fitur ini memperbolehkan pemain untuk memprogram tiap karakter untuk merespon kondisi tertentu di dalam pertarungan, contohnya, kita dapat memprogram karakter untuk menggunakan Health Potion ketika health point nya dibawah 70%.
Gambit System

Sistem pertumbuhan(levelling) di dalam game ini tidak jauh berbeda dengan game game sebelumnya, dengan tambahan fitur License Board, di License Board kita dapat menspesifikasikan karakter kita seusai keinginan kita, contohnya, ketika kita menginginkan karakter yang mempunya daya tahan yang tinggi, maka kita membuka panel Augmentasi Health Point dan Defense.
License Board


IV. Why This Game?
Dilansir dari website howlongtobeat.com, game Final Fantasy XII rata-rata dapat diselesaikan dalam 58,5 jam. Namun, jika itu belum cukup, Final Fantasy XII masih banyak menyimpan cara agar pemainnya tetap memainkan game tersebut walaupun telah menyelesaikan misi utamanya, contohnya dengan misi sampingan(Side Quest) yang tersebar di seluruh penjuru Ivalice. Selain Side Quest, Final Fantasy juga masih menyimpan banyak rahasia, seperti Senjata Legendaris, dan Bos Monster rahasia yang tentunya tidak mudah untuk dikalahkan, dan hanya bisa ditemui jika memenuhi syarat tertentu terlebih dahulu. Masih belum cukup? Game Final Fantasy XII juga menyediakan fitur New Game +, sebuah fitur yang hanya dapat dibuka ketika kamu sudah menyelesaikan game untuk pertama kalinya, di New Game +, kamu akan memulai game dengan karakter yang memilik level 90, sehingga kamu dapat merasakan menjadi karakter terkuat di dalam Ivalice dari awal mula game.


Peta Ivalice di FF XII

V. Fun Factor

  • Explorer : Game Final Fantasy ini mengajak pemain untuk mengelilingi dunia Ivalice dan menyelesaikan semua misi yang tersedia, baik misi utama, maupun misi sampingan, tentunya, game ini juga akan memberikan hadiah kepada pemain ketika pemain berhasil mengeksplorasi bagian-bagian tertentu dari dunia ini berupa item-item yang sangat berguna bagi pemain.
  • Killer : Pemain dapat merasakan kepuasan ketika dapat membalasa dendam kepada boss monster yang ditemui di awal permainan, dan tidak dapat mengalahkannya, dengan cara kembali lagi ke area tersebut saat mencapai level yang tinggi dan item yang mumpuni.


Informasi Game :
Genre                 : Role-playing
Tema                  : Fantasy
ESRB Rating     :
Trailer                :

Gameplay



5113100139 - Rigold Nainggolan
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger