osu!

Minggu, 25 Februari 2018

Deskripsi Game

osu! adalah game ritem pada platfotm PC yang di buat oleh Dean Herbert (ppy). Game ini pertama kali dirilis publik pada 1 Juli 2007 dengan waktu pengerjaan sekitar 16 jam. Game ini memiliki 4 mode: osu! Standard, osu! Taiko, osu! Catch dan osu! Mania. Sebenarnya, secara garis besar, osu! merupakan "remake" dari game yang pernah ada sebelumnya (osu! Standard merujuk ke osu tatakae ouendan, osu! Taiko merujuk pada game Taiko no Tatsujin, dan osu! Mania merujuk pada game Beatmania IIDX dan O2Jam). Game ini bisa didownload pada laman resminya, https://osu.ppy.sh/home/download


4-games-in-1-game

Seperti yang sudah saya singgung pada bagian awal, osu memiliki 4 mode yang pada dasarnya merupakan remake dari game aslinya.
  • osu! Standard


Dibanding game mode lain yang akan dibahas, osu! Standard merupakan gamemode yang paling banyak dimainkan. Mode ini mengkolaborasikan kemampuan player untuk “aim” note yang muncul dan mengklik note tersebut dengan tepat. Player harus menggerakkan cursor dengan mouse atau tablet dan menekan tombol  Z dan X (default key mapping) dengan tepat. Terdengar mudah, namun pada kenyataannya tidak. Player diuji konsistensinya baik aim pada map dengan pattern jumping maupun staminanya dalam menekan keyboard pada map dengan pattern stream (Pattern akan dibahas dibawah).
  • osu! Taiko
Gamemode ini sangat identik dengan game aslinya, yaitu Taiko no Tatsujin. Player akan dihadapkan dengan 2 note, merah dan biru (“don” dan “kat”) yang akan bergerak secara horizontal (HSRG). Game ini menjadi lebih seru jika map yang dimainkan memiliki SV (speed velocity) yang berubah-ubah, karena note akan bergerak dengan kecepatan yang berbeda membuat player akan tertantang dalam memorialize lagu.
  • osu! Catch
Sesuai namanya, player harus menangkap note yang “berjatuhan” dengan menggerakkan catcher ke kanan dan ke kiri. Terdengar simpel memang, namun player harus memiliki konsistensi yang tinggi agar note bisa tertangkap. osu! Catch sendiri memiliki nama asli Catch the Beat. Namun seiring berjalannya waktu dan regulasi yang ppy tetapkan, mode ini berubah nama menjadi osu! Catch.
  • osu! Mania
Gamemode ini sangat persis dengan game ritem vertikal (VSRG) pada umumnya. Player dihadapkan pada note yang berjalan vertikal dan harus menekan tombol yang tepat pada waktu yang tepat juga, layaknya bermain piano. Pada mode ini, ada beberapa opsi, mulai dari jumlah key (1-9k, namun pada umumnya map yang ranked memiliki mode 4k dan 7k) sampai scrolling direction (ke atas seperti game DDR atau ke bawah seperti O2Jam).

Klasifikasi Game
Genre: Game Rhythm
Tema: -
Rating: Tidak ada  rating ESRB resmi untuk game ini, namun dalam salah satu thread pada forum osu!, ada sebuah vote kira-kira rating ESRB apa yang sesuai untuk game osu! (unofficial, dari community)


Aturan Main dan Game Mechanics
Aturan Main
Pada dasarnya, aturan-aturan main pada osu! mirip dengan game ritem pada umumnya. Player harus melakukan aksi (tergantung mode yang dimainkan, selanjutnya akan disebut sebagai menangkap note) pada saat yang tepat. Jika tidak maka akan dihitung miss atau tidak miss tergantung pada timing saat player menangkap note yang diukur pada hit error. Cara player menangkap note berbeda tergantung mode yang dia mainkan. Untuk mode osu! Standard player harus menggerakkan cursor dengan mouse, tablet atau touchscreen dan menekan tombol di keyboard. Untuk osu! Taiko player harus menekan keyboard sesuai warna note. Untuk osu! Catch player harus menekan keyboard untuk menggrakkan catcher ke kanan dan ke kiri. Sedangkan untuk osu! Mania player harus menekan keyboard sesuai jumlah note lagu yang dia mainkan (biasanya 4 dan 7). Setiap bermain lagu, player akan mendapat XP dan Performance Points (PP), namun hanya berlaku jika memainkan map/lagu ranked dan bermain online (login).

Level

Sebenarnya, pada osu! ada sistem level tiap player. Namun level ini tidak terlalu diperhatikan pada umumnya karena tolak ukur “prestasi” dari player bukan dilihat dari level, tetapi pada rank global dan rank negara yang bergantung pada Performance Points (PP) yang player dapatkan setelah memainkan map/lagu. Level hanya mengindikasikan jumlah XP yang diperoleh player



Game Mechanics


Ada beberapa aspek utama dalam playscreen yang dinamis saat memainkan game. Pertama adalah score. Player akan mendapat score setiap berhasil mendapat note (tepat maupun tidak, asal tidak miss). Score yang didapat player tiap notenya bergantung pada combo multiplier (pada mode osu! standard, osu! Taiko dan osu! Catch). Sedangkan pada osu. Selanjutnya ada acc/accuracy. Jika player mendapat score sempurnya maka acc tetap 100%. Namun jika player sekali saja tidak mendapatkan note dengan tepat (100, 50 atau miss) maka acc akan turun. Acc player akan naik kembali jika mereka mendapat note dengan tepat.

Sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa tipe judgement pada osu! saat player mendapat note. Secara umum ada 4, yaitu 300 jika player mendapat note dengan tepat, 100 jika terlambat atau terlalu cepat, 50 jika terlalu lambat atau terlalu cepat tapi tidak menyebabkan miss, dan miss jika player gagal mendapatkan note. Namun tiap mode memiliki keunikan sendiri, pada osu! Taiko dan osu! Catch tidak ada judgement 50 dan pada osu! Mania memiliki 2 jenis 300 (rainbow dan gold) dan 100 (diantara 200 dan 50).



Berikutnya ada yang dinamakan Mods. Mods merupakan modifikasi optional terhadap map yang dimainkan yang bisa dipilih oleh player. Ada 3 jenis mods yang masing-masing memiliki efek sendiri
  • Difficulty Reduction: mods yang berada dalam kategori ini akan membuat tingkat kesulitan pada map berkurang. Ada 3 mods pada kategori ini, yaitu Easy (EZ), No-Fail (NF) dan Half-time (HT)
  • Difficulty Increasing: mods pada kategori ini membuat tingkat kesulitan pada map meningkat. Ada 2 sub kategori pada kategori ini, yaitu visual mods, seperti Hidden (HD), Flashlight (FL), dan Fade-In (FI, hanya pada mode osu! Mania saja) dan non visual mods seperti Hardrock (HR), Sudden Death (SD), Perfect (PF), Double time (DT), dan Nightcore (NC)
  • Special



Berikutnya adalah bagian terpenting dari game ini, yaitu beatmaps. Beatmaps merupakan stage-stage/level di osu!. Dalam bentuknya yang paling dasar, sebuah beatmap memiliki sebuah lagu dan berbagai hiobject/note yang ditempatkan sesuai irama musik. Mereka juga bisa memiliki gambar latar belakang, video, dan / atau storyboard.

Beatmaps dapat diunggah oleh BSS (Beatmap Submission System) dan kemudian dijalankan melalui proses persetujuan yang disebut modding untuk mempertahankan standar mapset yang tinggi. Secara umum ada 3 jenis map, yaitu Ranked, map yang sudah disetujui dan sudah memenuhi ruleset sebuah beatmap, lalu ada loved, jenis terbaru dimana map sebenarnya tidak memenuhi ruleset sebuah beatmap namun map ini diminati/disukai oleh komunitas sehingga dibuatkan jenis baru ini, dan terakhir pending/graveyard, map jenis ini masih belum memenuhi ruleset sebuah beatmap. 

Sedangkan difficulty sendiri merupakan sublevel yang terdapat pada beatmaps. Diff memiliki star rating dan nama yang berbeda. Untuk osu!Standard memiliki nama diff Easy, Normal, Hard, Insane, Expert. Pada osu!Taiko sendiri ada Kantan, Futsuu, Muzukashii, Oni, dan Inner Oni. Pada osu! Catch ada Cup, Salad, Platter, Rain, Overdose. Dan pada osu! Mania ada EZ, NM, HD, MX, dan SC



Setelah player selesai memainkan sebuah lagu (tidak fail/kehabisan healthbar) maka player akan masuk ke score result screen. Player akan ditampilkan score akhir, acc akhir, combo akhir dan rank.

Alasan Mengapa Game Ini Terbaik Countless Beatmaps Ya, walaupun sebenarnya beatmapnya bisa dihitung, namun kata tersebut cukup untuk mendeskripsikan betapa banyaknya map yang ada saat ini. Tercatat ada 740.661 beatmaps yang tersubmit pada laman resmi osu! dengan jumlah difficulty lebih dari 2.5 juta (per tanggal 24/2/2018). Bisa dibilang sangat banyak map yang bisa dimainkan sehingga game ini sangat jauh dari kata membosankan Multiplayer Game terasa tidak seru jika dimainkan seorang, mungkin ada beberapa player yang berpikir demikian. Dengan fitur multiplayer yang dikembangkan osu! pada akhir 2012 membuat game ini menjadi lebih seru. Tak hanya itu, terdapat banyak sekali turnamen turnamen baik resmi maupun tidak yang bisa diikuti oleh player. Tercatat sudah ada lebih dari 50 installasi turnamen resmi yang diadakan oleh staff osu! dan 200 lebih turnamen yang dijalankan oleh komunitas Community Komunitas merupakan aspek terbesar dari game ini. Kenapa? Game ini tidak berjalan sampai selama 10 tahun tanpa komunitas. Hampir semua aspek dari game ini dijalankan oleh komunitas, mulai dari avatar player, hingga pengembangan game juga dipegang oleh komunitas. Banyak sekali project yang dipegang oleh komunitas baik skala global seperti event Anime Expo 2017 Showcase di Los Angeles, YACA 2017 osu! Meetup di China sampai skala regional. Project lainnya yang dipegang oleh komunitas adalah osu! World Cup. Tercatat sudah 8 kali event osu! World Cup diadakan, dan semua dipegang oleh komunitas, walaupun masih di awasi oleh ppy selaku developer (membuat tourney clients dsb). Beatmaps dan skin pun semua di provide oleh komunitas. Tercatat sudah lebih dari 700.000 beatmaps di submit dan total lebih dari 2.000.000 diff di submit dan semuanya berasal dari komunitas, baik secara personal maupun dari mapper community. Konten lain diluar elemen game juga banyak. Contoh yang paling terlihat adalah menjamurnya channel channel youtube yang provide video video terkait dengan game, seperti player replay, player showcase, livestreaming dan sebagainya. /r/osugame juga merupakan bukti bahwa komunitas dari game ini sangat terlihat. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali komunitas regional regional di kota kota besar, seperti OREJA (osu! Regional Jakarta) OSRC (osu! Solo Region Club) KOS (Komunitas osu!rabaya) OMT (osu! Malang Team) dan lain sebagainya. Komunitas di Indonesia sendiri membawa pengaruh besar dalam berkembangnya player-player osu! di Indonesia sendiri, ada lebih dari 200.000 player aktif yang sebagian besar aktif berkomunitas, sehingga game ini semakin terdengar dan semakin banyak orang yang memainkannya.

Fun Factor Achiever Game ini sangat cocok untuk para achiever. Ada banyak sekali yang bisa di"achieve" oleh player, seperti achievement, level, performance point, rank count (jumlah SS, S, A dll) dan rank (global maupun ranking). Namun pada umumnya, player osu suka sekali mencari performance point dan achievement, karena cara unlock achievement-achievement ini tersembunyi dibalik nama dan deskripsinya sehingga player harus menebak lagu apa yang harus dimainkan dan kondisi seperti apa agar bisa mendapatkan achievement tersebut
Socializer Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, komunitas merupakan hal terbesar dari game ini. Banyak cara bagi socializer untuk membuat mereka enjoy, seperti bermain multiplayer, chatting pada berbagai macam channel, berinteraksi dengan player lain di forum (mulai dari bahasan osu sampai off-topic seperti real life), dan yang paling utama adalah player seringkali share screenshot screen result mereka setiap menyelesaikan map map tertentu, yang terkenal atau semacamnya dan memamerkannya di forum forum seperti forum osu, grup facebook, discord dan semacamnya
Killer Biasanya, player tipe ini akan sangat merasa puas jika mereka berhasil men-snipe score atau PP player lain, baik temannya atau mungkin top player

Ganendra Afrasya Salsabilla
05111640000071

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger