Review Undertale

Minggu, 25 Februari 2018



Undertale

 

Genre : RPG
Tema : Fantasi
ESRB : Everyone 10+ 

Deskripsi Singkat
Undertale merupakan game RPG sederhana yang mengusung grafik yang juga sederhana. Tema dari game ini sendiri adalah Fantasi dimana seorang anak kecil yang terperangkap di dalam sebuah gunung yang terdapat berbagai macam karakter fantasi. Game ini merupakan salah satu game Indie yang didanai oleh sebuah crowd funding bernama kickstarter. Menariknya lagi, game ini hanya di kembangkan oleh 1 orang saja yaitu Toby Fox. Pada saat pencarian dana melalui kickstarter, game ini hanya membutuhkan dana sebesar 5000 US dollar akan tetapi game ini justru mendapatkan dana sebesar 51,124 US dollar. Hal ini membuktikan bahwa game ini sangat dicintai oleh pemainnya. Tidak hanya game ini didanai oleh sumbangan orang – orang lainnya, game ini juga dijual di steam untuk memperbesar pemasukan yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa 2,398 orang tidak salah untuk mendanai game ini. Berikut adalah trailer yang dirilis pada saat awal game ini dirilis.
Story
Ada seorang anak kecil yang terjatuh dari atas gunung ke lubang didalam gunung. Lubang tersebut merupakan salah satu jalan menuju dunia lain yang berisi monster - monster aneh. Anak kecil ini harus berusaha keluar dari lubang tersebut dengan cara menelusuri dunia lain yang dihuni oleh monster - monster tadi.

Grafis
Dari sisi grafis, game ini tidak memberikan grafis yang memukau. Namun, game ini dapat menghubungkan grafis yang ada dengan music yang direkam langsung oleh TobyFox. Grafis dari game ini hanyalah Pixel Art. Meskipun begitu, pada akhir dari game ini, grafis yang diberikan tidak sejalan dengan grafis – grafis sebelumnya. Hal ini tentu membuat orang – orang yang memainkannya menjadi heran dengan game ini. 

Mekanis dan GamePlay

Yang menarik dari game ini adalah mekanis gamenya. Game ini merupakan game yang bersifat Event Driven dan Story Driven game dimana setiap aksi dan lajur cerita yang anda pilih akan mengubah jalur cerita anda. Kita tidak diharuskan untuk membuhun seluruh monster yang ada, namun kita dapat memilih untuk bernegosiasi dengan mereka. Jika kita membunuh monster lain, maka kita akan mendapatkan GOLD dan EXP untuk menaikkan LV kita. Namun jika kita tidak membunuh monster disana maka kita hanya akan mendapatkan GOLD saja. Game ini sendiri memiliki 3 macam Ending dimana 2 ending lainnya bersifat rahasia dan harus dicari sendiri. Game ini memeiliki banyak sekali plot twist yang tidak akan kita duga. Jika kita bermain dengan file dalam game ini. Game ini akan merespon kepada kita dan akan memberikan cerita khusus. 
Dari gameplaynya sendiri, game ini terbilang sebagai kumpulan minigame yang sangat banyak sekali, tiap musuh memiliki minigame tersendiri. Hal ini membuat game ini menjadi sebuah game kecil yang disatu-satukan menjadi satu menjadu game yang lebih besar lagi. Meskipun begitu, game ini tetap mampu mempertahankan konsistensi dari sistem gamenya. Beberap musuh bahkan tidak akan menyerang sama sekali untuk melatih pengambilan keputusan dari si pemain.
Namun meskipun dengan banyak minigamex` yang lain game ini memiliki satu mekanisme yang selalu ada di tiap minigamenya, yaitu sistem battle. Ada 3 macam mode dari mekanisme di minigame ini, yaitu pada saat symbol hatinya berubah menjadi warna biru, maka player akan terkena efek grafitasi, sedangkan jika hati berwarna hijau maka player tidak bisa bergerak dan harus menangkis serangan musuh, sedangkan jika hati berwarna kuning maka player harus menyerang musuh dengan senjata seperti di game space invader. Seluru mekanisme tadi termuat dalam 1 mekanisme game utama yang intinya, kita harus menghindari musuh.
   
Aturan Main Dan Skenario
Aturan main dan scenario permainannya lumayan cukup sederhana. Yaitu anda akan diberikan giliran tersendiri untuk menyerang atau melakukan hal lain misal pergi meninggalkan musuh ataupun mengampuninya. Penentuan nilai serangan merupakan sebuah minigame sederhana yaitu anda harus menekan serang di waktu yang tepat untuk mendapatkan nilai serangan maksimum. Pada saat giliran musuh, maka musuh akan mengeluarkan serangannya. Jika musuh yang dilawan lebih dari 1 maka akan keluar berbagai macam kombo serangan dari musuh. Jika player kalah maka player dapat hidup kembali di checkpoint terakhir. Namun hal ini hanya berlaku di musuh yang biasa saja. Beberapa musuh bahkan tidak akan membiarkan si player untuk kalah dan beberapa diantaranya tidak memperbolehkan player untuk kalah. Dan jika pada saat waktu khusus tadi player masih tetap kalah maka akan muncul pesan khusus yang akan membuat player tetap hidup.
Seperti yang diucapkan Toby Fox dihalaman kickstarternya, ”Become friends with all of the bosses!” , kita benar – benar bisa untuk tidak melawan bos yang ada. Namun kita tidak akan menyadarinya dan akan sadar saat gamenya sudah berjalan cukup jauh. Tidak hanya itu, ada satu karakter yang bersifat mengawasi timeline dari game, sehingga jika terjadi perubahan timeline, dia akan muncul dan memberi tahu kita. Tidak disarankan untuk melakukan pengeditan pada save game jika tidak ingin mendapatkan tambahan teks khusus.
Achievement dari game ini sendiri terbilang unik, yaitu dihadiahi dengan bebrapa mekanik yang berbeda. Misal jika kalian berhasil menghindari seluruh credits pada saat endgame, maka aka nada sebuah pintu khusus di game yang jika dimasuki maka akan memperlihatkan easter egg dari sang developer. Beberapa macam achievement yang lain juga dihadiahi dengan ending yang berbeda. Selain dihadiahi dengan ending yang berbeda terdapat berbagai macam achievement lainnya, namun ini semua berhubungan langsung dengan mekanik gamenya sendiri.
Kenapa Terbaik Menurut Saya?
Alasan game ini merupakan game terbaik adalah karena game ini tidak seperti game lainnya dimana jika sudah diselesaikan maka akan kembali ke stage awal. Pada game ini, akhiran game merupakan game baru yang memiliki timeline sendiri. Pada saat memulai game sendiri, kita memiliki beberapa kemungkinan untuk membuka  mekanik game lainnya yang tersembunyi dari game ini. Mekanik – mekanik yang tersembunyi ini lah yang dapat membuat game ini tetap menyenangkan meskipun sudah diselesaikan. Meskipun game ini belum secara resmi memiliki rating di ESRB akan tetapi menurut saya game ini memiliki rating ESRB berupa Everyone 10+.

Game ini memiliki banyak fun faktor yang berhubungan dengan berbagai macam tipe pemain yang diklasifikasikan di bartle taxonomy.
  • Untuk pemain bertipe Explorer, game ini memiliki beberapa Easter Egg berupa jalur yang tidak terlihat yang akan menunjukkan player ke ruangannya lainnya dan beberapa perubahan mekanis sederhana. fun factor yang diberikan adalah berupa berubahnya dialog dari NPC pada game ini. Salah satunya adalah jika kalian tidak pernah terkena serangan dari awal bermain hingga sekarang maka akan salah satu NPC akan takut dengan kalian dan tidak akan menyerang. Game ini akan membuat player terhibur dengan cara berubahnya serangan yang ada dan munculnya teman - teman NPC lain yang akan membantu player dan menemaninya tidak secara langsung saat player sedang berpetualang di dunia pada game ini.
  • Untuk pemain bertipe Killer, game ini juga memberikan tantangan yang lebih tinggi lagi yaitu HardMode dengan cara membunuh semua monster yang ada pada game ini. Pada difficulty ini, musuh cenderung berkelompok dan memiliki serangan yang lebih kuat. 
  • Untuk pemain yang bertipa Socializer, adanya sebuah halaman wiki dan forum yang didedikasikan untuk game ini yang ditujukan sebagai tempat pemain untuk berdiskusi dan memamerkan temuannya.

Penulis : Firman Maulana
NRP : 05111640000059
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger