FIFA 18

Senin, 26 Februari 2018






Review Author: Andi Ersaldy Raisha Pakki (5114100009)
Official Game Website: www.easports.com/fifa

Kalau ditanya game terbaik apa yang bisa saya mainkan dalam jangka waktu paling lama, tentu pilihan saya jatuh pada game FIFA. FIFA 18 merupakan permainan simulasi olahraga sepak bola yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh perusahaan Electronic Arts (EA). FIFA 18 dapat dimainkan pada perangkat PS4, PS3, XBOX 360, XBOX One, Nintendo Switch, dan PC dengan Windows. FIFA 18 dirilis pada tanggal 29 September 2017 secara global. Dari era permainan konsol generasi ke-5 (PS1) hingga konsol next-generation (PS4, XBOX One), FIFA tetap saja menjadi permainan yang wajib dimiliki dari edisi demi edisi yang kini mencapai edisi tahun 2018 (FIFA 18). Yang membuat permainan ini tetap menjadi permainan sepanjang masa adalah bisa dimainkan sendiri atau oleh banyak orang secara online maupun offline, dan tentunya karena olahraga sepak bola yang masih menjadi favorit nomor satu di seluruh dunia.





1. Klasifikasi Permainan

Genre  : Simulasi
Tema   : Olahraga (Sepak Bola)
Rating : Semua Umur








2. Fitur Kunci

FrostBite Engine 3

Fitur yang cukup membedakan FIFA 18 dengan permainan simulasi sepakbola lainnya adalah penggunaan FrostBite Engine 3 yang dikembangkan oleh EA untuk beberapa permainan besutannya. Sayangnya, FrostBite 3 hanya dapat dirasakan pada perangkat PS4, XBOX One dan PC. Dengan digunakannya FrostBite 3, grafis dan gerakan pada game menjadi terlihat sangat realistis jika dibandingkan dengan permainan pesaingnya, PES 2018.


Terlihat kan perbedaan dari segi pencahayaannya?

Lisensi Resmi FIFA

Yap. Dari tahun ke tahun, permasalahan lisensi merupakan alasan utama mengapa lebih banyak pecinta sepak bola lebih memilih FIFA ketimbang PES. Pada FIFA 18 terdapat lebih dari 700 tim dari lebih dari 30 liga di seluruh dunia. Pemain favoritmu ada di Bundesliga (liga Jerman)? Ada di FIFA 18. Tim favoritmu main di MLS (liga Amerika Serikat)? Ada juga di FIFA 18. Bahkan lisensi pemain untuk sepak bola wanita juga ada di FIFA 18!


Jangankan La Liga, MLS saja ada di FIFA 18

The Journey (Story Mode)

Seperti tahun sebelumnya, terdapat mode permainan The Journey pada FIFA 18 dimana kita bisa bermain sebagai Alex Hunter, pemain asal Inggris di usianya yang masih 18 tahun. Bermain sebagai Alex Hunter, kita bisa memilih posisi apa yang ingin kita mainkan, memilih ingin bermain dimana, memilih pertner di lapangan, bahkan memilih ingin menjadi orang seperti apa. Apakah menjadi pemain yang kalem? Atau yang berapi-api? The Journey merupakan mode permainan yang cukup seru untuk dimainkan.

Ini dia The Journey yang dibintangi Alex Hunter


3. Grafis

Dengan penggunaan FrostBite 3, grafis FIFA 18 sangat memukau baik saat waktu bermain, cutscene, maupun replay. Untuk para pengguna PC Windows, yang cukup mencengangkan adalah kebutuhan minimum dari permainan ini relatif rendah dengan detil berikut ini:

OS          : Windows 10 - 64-Bit
CPU       : Intel i3 6300T or equivalent benchmark (5,199) - Intel i3 4340 (5,226), and Intel i3 4350 (5,302) as alternatives. AMD equivalent is AMD Athlon X4 870K (5,219) - AMD FX-4350 (5,272) and FX-4330 (5,297) as alternatives.
RAM      : 8GB
HDD       : 50.0 GB
VGA       : NVidia GeForce GTX 660 (4,116) 2GB or equivalent, AMD equivalent is Radeon RX 460 (4,218)/R9 270 (4,258)/R7 370 (4,258)
DirectX  : 12

Tendangan tanpa bayangan dari Paul Pogba

Overall untuk grafis, saya beri nilai 9 dari 10.


4. Gameplay

Dari segi in-game, gerakan terasa sangat realistis. Komentator serasa pertandingan langsung (berkat bantuan Martin Tyler dan Alan Smith). Scoreboard juga asli, seperti menonton langsung TV, tergantung liga apa yang sedang kita mainkan. Satu lagi, rating pemain dan formasi squad yang ada di FIFA 18 selalu di-update secara berkala sehingga seperti kondisi pemain pada dunia nyata loh! Walaupun masih terdapat glitch sana-sini dan bot yang suka nyeleneh, berkat atmosfer yang sangat realistis, in-game dari FIFA saya beri nilai 8.5 dari 10.

Bukan replay liga inggris, ini screenshot in-game FIFA 18


5. Online

Dengan mode online kita bisa bermain bersama orang lain secara jarak jauh. Sayangnya, online mode pada FIFA 18 masih ternodai dengan microtransaction dan lootbox gambling yang kelewat batas, serta lag yang melanda server EA. Untuk itu, saya memberi nilai 5 dari 10.


6. Aturan Main dan Skenario

Aturan Main

Sama seperti permaian sepak bola pada umumnya, kita harus memasukan bola ke gawang lawan dan gol terbanyak menang. Permainan berlangsung dalam 2 babak, panjang babaknya bisa kita tentukan dari 2 sampai 30 menit. Pelanggaran ringan akan diberi kartu kuning, dan pelanggaran berat akan diberi kartu merah. Apabila salah satu pemain dari tim-mu mendapat 2x kartu kuning atau 1x kartu merah, pemainmu akan dikeluarkan. Terdapat peraturan offside dan handsball sama seperti permainan sepak bola pada umumnya, namun di FIFA 18 kita bisa mematikannya. Pemain dari tim-mu juga bisa terkena cedera saat tengah bermain atau hanya latihan (career mode & journey).

Skenario

Dari segi mode permainan, terdapat beberapa mode: Kick-off (bermain sendiri atau berdua, berupa permainan bebas, tidak dalam kompetisi), FIFA Ultimate Team / FUT (buat tim sendiri dan bermain online, berbentuk kompetisi online), Career (menjadi manager atau menjadi pemain di suatu klub, menjalani berbagai kompetisi offline, dan Journey (bermain sebagai Alex Hunter, memiliki cerita yang semi non-linear). Tidak ada yang baru dari versi sebelumya dari segi modus permainan.

Level

Tingkat kesulitan bot yang bisa kita pilih pada tiap pertandingan antara lain adalah: Beginner, Amateur, Semi-Pro, Professional, World Class, dan Legendary.

Secara umum, tidak ada yang salah dari skenario dan aturan main maupun level dari FIFA 18, juga tidak ada pembaruan yang signifikan. Pada bagian ini, saya memberi nilai 7.5 dari 10


7. Fun Factors


Achiever

Untuk pemain golongan Achiever, terdapat mode permainan The Journey dimana pemain bisa bermain sebagai Alex Hunter dan menjalankan tujuan/misi yang sudah ada hingga The Journey selesai.

Explorer

Untuk pemain golongan Explorer, terdapat mode permainan Career dan FUT dimana pemain bisa melakukan banyak eksplorasi dalam permainan seperti membangun kombinasi squad sendiri, mengatur keuangan klub, mencoba semua formasi, dan memenangkan seluruh piala yang bisa dimenangkan.

Socializer

Untuk pemain golongan Socializer, terdapat mode permainan Online dimana pemain bisa bermain dengan pemain lainnya secara online. Pemain bisa bekerja sama ataupun berhadapan satu sama lain dalam satu tim.

Killer

Untuk pemain golongan Killer, mode permainan yang paling cocok juga sama dengan golongan Socializer, Online, karena pada mode ini pemain bisa menunjukan keahliannya dan membuktikan diri untuk menjadi yang paling hebat di FIFA 18.


8. Kesimpulan

Kelebihan
+ Grafis memukau dengan bantuan FrostBite 3
+ Atmosfer in-game yang super
+ Lisensi resmi FIFA
+ Kondisi pemain dan tim yang real-time
+ Kebutuhan grafis relatif rendah pada PC

Kekurangan
- Microtransaction dan lootbox gambling
- Server lag
- Pengguna Nintendo Switch, PS3, dan XBOX360 tidak bisa merasakan FrostBite Engine

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger