Final Fantasy X

Minggu, 25 Februari 2018


FINAL FANTASY X

Klasifikasi
Genre: RPG(Role Playing Game)
Tema : Fantasy
ESRB rating :





                Final Fantasy X merupakan seri judul game ke sepuluh dari game Final Fantasy besutan square enix, Para penggemar game Final Fantasy pasti tidak asing mendengar judul ini , dikarenakan seri ini merupakan langkah besar dari transisinya dari game seri 2D menjadi full grafik 3D. Game ini mengambil latar tempat bernama spira, dan cerita dari game ini berfokus dengan suatu kelompok yang berpetualang untuk membasmi makhluk yang bernama “Sin”, yang karakter utamanya bernama tidus. Game ini bisa dibilang mempunyai cerita ,sistem gameplay yang menarik dan grafik yang mumpuni mengingat game ini rilis di tahun 2001 dengan memakai console Playstation 2.
                Sinopsis, cerita dimulai ketika tidus(karakter utama) yaitu seorang pro blitzball player di zanarkand yang akan melakukan pertandingan finalnya, tiba-tiba tempat pertandingannya di serang oleh makhluk yang bernama “Sin” yang menghancurkan seluruh kota Zanarkand yang di jelaskan oleh Auron karakter pertama yang dijumpai Tidus. Setelah kejadian itu Tidus terbangun dan menjumpai wakka dan menjelaskan bahwa ternyata dia datang dari zanarkand yang telah hancur oleh sin 1000 tahun yang lalu. Adapun beberapa karakter yang akan menemani tidus di petualanganya yaitu yuna,rikku,kimahri,lulu,wakka,dan Auron




Aturan Main

  • ·   Seperti game rpg pada umumnya kita akan mengexplore suatu wilayah dan berjalan sampai ketujuan yang sudah ditandai di map ke tempat tujuan kita
  • ·         Di tengah perjalanan kita akan sering menjumpai musuh-musuh yang tiba-tiba sehingga masuk ke scene untuk battle/pertempuran.
  • ·   Disaat Battle kita dituntut untuk menang jika menghadapi monster maupun boss di setiap eventnya, jika tidak maka game akan langsung game over,pastikan untuk meng-save di tempat save point agar data game tersimpan.
  • ·       Pastikan Kita selalu membeli item-item tertentu untuk menyelesaikan permainan seperti healing potion yang sangat penting untuk menambah health point character
  • ·      Selalu Menggunakan Senjata atau armor  yang tepat untuk menghadapi musuh tertentu
  • ·      Juga menggunakan karakter yang cocok sesuai musuh yang sedang kita hadapi
  • ·      Sistem gameplay atau pertempuran game ini Conditional-Turn Based Battle yang dimana player akan melakukan pilihan terhadap karakter-karakte tertentu untuk melakukan action apa yang akan di jalankan, sistem ini bisa dibilang seperti kita menyerang musuh sesuai giliran tertentu dalam setiap battle.
  • ·    Option pilihan  action ketika masuk scene battle yaitu,attack terdapat(magic/skill),special,item. Di saat pertarunngan tertentu kita dapat menggunakan action overdrive yaitu seperti action khusus atau kemampuan skill tiap karakter yang mana nilai serangannya lebih besar dari serangan biasa.
  • ·  Di game ini kita juga dapat melakukan summoning(memanggil sebuah makhluk aeon) yang hanya bisa dilakukan oleh karakter bernama Yuna.



            -Sphere Grid/Upgragde stats character


                Untuk meningkatkan kemampuan setiap karakter di game ini terdapat suatu sistem yang bernama Sphere Grid,yang dimana player dapat bergerak kesuatu node lain jika memiliki AP yang cukup yang bisa ditingkatkan melalui jumlah EXP yang didapat ketika level setiap karakter meningkat, di node tertentu kita dapat memilih point apa yang kita tingkatkan entah itu tingkat serangan defense,magic ataupun mempelajari skill baru.


  -Mini Games




Disamping sisi battle game ini memiliki mini games yang cukup unik, seperti kita bisa bermain blitzball di game ini kita bisa bilang game bola tapi mainnya di dalam air ,dan ada juga mini games mengendarai chocobos dalam waktu tertentu, jika kita menyelesaikan mini games kita akan mendapatkan item-item langka yang tidak dijual di shop, jadi ini membuat nilai tambah tersendiri game ini, dan kita tidak terlalu jenuh saat mengexplore dunia game ini.

            Kenapa harus game ini
  •  Game ini bisa dibilang seri final fantasy yang terbaik pada saat itu, game ini yang mempunyai cerita yang begitu kuat sehingga pemain tidak bosan untuk mengikuti alur game yang sangat panjang ini.
  • Adanya sistem sphere grid, sehingga untuk mengembangkan karakter kita bebas menentukan stats-stats atau skill-skill yang dimiliki tiap karakter sesuai keinginan kita.
  •  Cara untuk memenangkan tiap battle pun juga berbeda tiap musuhnya ,sehingga tidak terlalu bosan ketika bermain game ini walaupun turn-based.
  •  Disamping cerita yang menarik gameplay nya untuk game yang memakai sistem turn based ini bisa dibilang cukup menarik dikarenakan untuk mengalahkan musuh ada cara tertentu agar kita dapat memenangkan nya dengan mudah,
  • untuk grafiknya bisa dikatakan realistis dan bagus dengan adanya animasi-animasi cerita yang sangat menarik sehingga  kita tidak merasa bosan walaupun sistem gameplay yang terlihat monoton, Dikarenakan untuk menamatkan game ini kita butuh kisaran waktu 50 jam.
  •  Mempunyai Ending yang menarik, dikarenakan ending yang muncul tidak sesuai perkiraan kita selama kita memainkan game ini dengan cerita yang ternyata berbeda.



Fun Factor
Explorer: Di game ini fun di explorer nya sangat terasa di karenakan ini game bertema fantasy dan rpg kita di tuntut untuk meng-explore wilayah-wilayah dan musuh-musuh untuk mendapatkan item atau weapon agar kita bisa mudah memenangkan game ini, karena untuk meng-explore semua wilayah kita butuh waktu yang lama untuk meng-explore semua wilayah yang ada di game ini. Dan menemukan item-item bahkan weapon baru ketika di perjalanan.

Killer: Untuk sisi ini saya tidak menemukannya walaupun game ini ,system battle nya bertarung dengan musuh tapi memiliki grafis yang tidak terlalu real, atau masih bisa dibilang ini seperti game pertarungan untuk  anak-anak atau remaja di bawah umur dan tidak ditampilkan efek-efek pertarungan yang sesungguhnya.



Trailer







Nama : Ubut Eka Putra

NRP: 5116100008

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger