Command & Conquer : Red Alert

Senin, 26 Februari 2018



Judul : Command & Conquer : Red Alert
Genre : RTS (Real Time Strategy)

Theme : War
Link Download : https://cncnet.org/red-alert

Rating :



Deskripsi Game :
Dari beberapa game yang terkenal, saya pribadi menyukai game pertama kali yaitu game yang bernama red alert yang dibuat oleh Westwood Studio. Platform pada waktu itu menggunakan playstation dan windows 98. Game ini bergenre Real Time Strategy Game (RTS).Untuk Memenangkan game ini, player harus menjadi tim yang paling terakhir bertahan hidup. Di sini, kita harus bisa mempertahankan semua aset kita dari prajurit hingga gedung - gedung yang kita miliki agar tidak dihancurkan pihak lawan dan kita harus bisa menyusun strategi agar kita bisa menyerang dan menghabiskan semua aset musuh. Jika kita tidak bisa menyerang pasukan kawan dan tidak bisa menggunakan pasukan kawan.


Skenario :
Dalam membuat pertahanan dan penyerangan yang sempurna kita memerlukan uang (mata uang game) agar bisa bertahan. Uang yang digunakan bisa kita dapatkan dengan cara mencari emas atau berlian yang nanti akan diangkut oleh mobil truk (karakter game) dan memasukannya ke dalam bangunan untuk menerima uang yang nanti dikonversi menjadi uang. Pada umumnya player diberi uang awal sebesar $10.000, beberapa prajurit, dam mobil mvc (Mobile Construction Vehicle ). Agar game bisa dimulai, minimal dalam satu permainan memiliki 2 player dimana dari keduanya merupakan lawannya. Setiap pasukan memilki jangkauan serang, HP (Health Point), dan damage (Daya Serang) yang bervariasi. Jenis - jenis dari pasukannya sendiri terdapat 3 jenis yakni daratan, laut, dan udara. Pasukan daratan tidak bisa menyebrangi lautan, jika ingin menyebrangi lautan memerlukan pasukan air yang bernama Transport. Jenis transportasi tersebut hanya bisa membawa 5 unit pasukan. Di dalam game ini terdapat 2 tipe pasukan yakni soviet dan Allied. Sebagai player kita bisa memilih salah satu dari 2 tipe tersebut dimana mempunyai pasukan - pasukan yang unik dan karakter yang berbeda.



Aturan main :
Jenis bangunan yang terdapat dalam game ini berupa bangunan yang bersifat defensive, offensive, dan resource. Bangunan defensive seperti flame tower yang bisa mengeluarkan api, tesla coil yang bisa mengeluarkan listrik, dan masih banyak deffensive building yang tersedia. untuk offensive building bertujuan agar kita bisa bertahan atau menyerang musuh dengan membuat pasukan yang bisa bergerak. Contohnya bisa berupa barack yang bisa membuat prajurit bersenjata yang variatif, war factory yang membuat tank-tank, naval yard dan submarine pen yang membuat pasukan air, dan airfield serta helipad untuk membuat pasukan udara. Lalu ada resource building yang berfungsi mencari kebutuhan dalam bertahan hidup maupun menyerang. Contoh bangunannya seperti radar dome yang memberikan peta posisi kita, power plant untuk memberikan tenaga agar bisa membuat bangunan lainnya, Ore refniery untuk mendapatkan uang, dan yang paling penting adalah construction yard dimana tanpa bangunan tersebut kita tidak dapat membuat bangunan yang tersedia dalam game. Di dalam game ini terdapat campaign dimana kita harus menjalankan misi-misi yang unik. Misi setiap level semakin sulit dengan pasukan yang semakin sedikit dan pertahanan musuh yang semakin sulit ditembus. Player bisa memilih level yang ingin dimainkan sesuai dengan keinginannya.

Fun Factor :
Game ini cocok bagi orang - orang yang bertipe killer player. Karena pada game ini kita harus menjadi tim yang paling kuasa di antara tim lainnya. Tim yang lebih lemah tingkat pertahanan dan penyerangannya berkemungkinan besar akan kalah. Jadi kita harus bisa membuat lawan menderita dengan menghancurkan resource supply agar laju perkembangan musuh berkurang. Untuk game multiplayer khususnya dalam 2 v 2 atau lebih kita harus bisa bekerja sama dan mampu berkoordinasi dengan baik agar bisa menghancurkan lawan. Selain itu yang membuat game ini menarik untuk dimainkan adalah banyaknya map yang bisa digunakan dan pasukan yang unik untuk pilihan Negara. Jadi kita harus bisa menyesuaikan strategi sesuai dengan map yang tersedia. Menurut pendapat saya, game ini akan lebih menarik lagi jika diberi achievement. Seperti terdapat negara yang dikunci dan dapat mendapatkan negaranya ketika menyelesaikan semua misi di game tersebut. Selain itu bisa ditambahkan reward seperti diberi penghargaan ketika bisa membunuh musuh kurang dari 30 menit yang bisa di publikasikan atau menambah feature leaderboard siapakah player terbaik dalam game ini. Jika ditambahkan feature tersebut, mungkin bisa menarik perhatiaan penggemar game dengan tipe explorer, achiever, maupun socializer.

Alasan mengapa game menarik :
Jadi walau game ini merupakan game yang sangat populer pada eranya, saya menganggap bahwa game red alert ini merupakan salah satu game terbaik yang pernah saya mainkan. Dengan map - map yang banyak membuat kita tidak bosan jika memainkan game ini. Selain itu, terdapat feature cheat yang bisa membuat game tidak terlalu membosankan jika bermain dengan teman. Pasukan yang banyak variasinya membuat game tidak terlalu membosankan karena bisa menggunakan banyak cara untuk memengkan game ini. Westwood akan tetap menjaga para fans red alert agar tetap bisa memainkan game - game yang dikeluarkan oleh Westwood teruma multiplayer online game dan game red alert ini lah yang menjadi patokan utama game - game real time strategy lainnya bagi saya pribadi.




Direview Oleh :
NRP : 5115100103
Nama : Faturochman Pranacahya Andrianto



sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Video_game_console

http://cnc.wikia.com/wiki/EVA_Database



Trailer :
https://www.youtube.com/watch?v=w_ve0x8PxDs\

Gameplay:
https://www.youtube.com/watch?v=pCzb84gqATk


website :

https://cncnet.org/red-alert



Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger