9 Innings: 2016 Pro Baseball

Senin, 26 September 2016



Deskripsi:
Game 9 innings adalah game simulasi baseball buatan Com2uS. Aturan yang digunakan dalam game ini masih sama dengan aturan permainan baseball seperti biasa. Game ini secara resmi mendapatkan lisensi dari Major League Baseball Players Association (MLBPA). 9 innings merupakan game yang menurut saya paling mudah dalam hal kontrol pemain, karena game ini hanya membutuhkan satu jari untuk mengontrol pemain. Dalam game terdapat beberapa opsi bermain:
  1. League mode: Tim yang dimainkan di mode ini akan disimpan karena dalam mode ini pengguna akan memainkan hanya satu tim pilihan untuk dimainkan selama liga.
  2. Friendly mode: Pengguna bisa memilih memainkan tim mana saja yang diinginkan. Dan memilih tim mana yang akan menjadi lawan dalam permainan.
  3. Special mode
  4. Homerun mode: Pengguna memainkan seorang batter pilihan untuk memukul bola agar homerun.

Skenario:
  • Pengguna memainkan satu tim yang terdiri dari 9 pemain inti dan 6 pemain cadangan, 1 cheerleader, perlengkapan bertahan dan menyerang, dan 2 perlengkapan tambahan.
  • Seluruh tim dan pemain yang ada dalam game merupakan tim yang ada dalam Major League Baseball.
  • Stadion yang ada di game disesuaikan dengan markas dari masing-masing tim.

Aturan Main:
  1. Baseball dimainkan oleh dua tim, masing-masing tim memainkan 9 orang (1 pitcher, 1 catcher di home plate(base), sisanya boleh berjaga dimana saja). Dalam game terdapat 3 wasit.
  2. Permainan terdiri dari 9 inning. Di tiap inning kedua tim diberi kesempatan untuk bertahan dan menyerang yang dilakukan secara bergantian. Contoh: jika tim a menyerang maka tim b harus bertahan, begitupun sebaliknya.
  3. Peraturan bertahan:
  4. Pada saat bertahan semua pemain tim bertahan tidak membawa bat(alat pemukul), tapi mereka membawa glove(sarung tangan baseball). Dalam tim bertahan ada satu pemain yang berdiri di atas mound(gundukan) yang bertugas sebagai pitcher(pelempar). Dia bertugas melempar bola secermat mungkin ke catcher(penangkap) agar batter(pemukul) terkena out(keluar).
  5. Terdapat aturan tersendiri bagi pitcher dalam melempar bola:
  6. Bola yang dilempar ke catcher harus dalam zona strike. Apabila lemparan berhasil ditangkap catcher dalam zona strike maka pemukul mendapatkan satu strike. Saat batter mendapatkan tiga strike, maka batter dinyatakan strike out dan dikeluarkan dari permainan, dan tim menyerang akan mendapatkan tambahan satu out.
  7. Apabila batter hanya diam dan bola yang ditangkap catcher berada di luar zona strike maka batter mendapat satu ball. Apabila batter mendapatkan 4 ball, maka batter tersebut berhasil masuk ke base pertama dan berganti tugas menjadi runner(pelari) dan tugas memukul dilanjutkan batter selanjutnya.
  8. Pergantian dari bertahan ke menyerang apabila tim bertahan bisa mendapatkan 3 out dari tim menyerang. Out didapat apabila batter(pemukul) dari tim menyerang mendapatkan tiga kali strike, atau bola pukulannya berhasil ditangkap catcher(penangkap) sebelum bola tersebut menyentuh tanah, out juga bisa terjadi apabila ada runner(pelari) dari tim menyerang yang berlari ke base tujuan, tapi bola berhasil ditangkap lebih dulu oleh catcher di base tujuan, atau ada catcher yang memegang bola berhasil menyentuh runner saat runner tersebut tidak berada di base.
  9. Peraturan menyerang:
  10. Pada saat menyerang hanya ada satu pemain yang bertugas sebagai batter(pemukul).
  11. Terdapat aturan tersendiri untuk batter:
  12. Batter bertugas memukul bola lemparan pitcher ke area lapangan(batas kanan dan kiri lapangan). Bola pukulan tidak boleh ditangkap catcher, apabila ditangkap maka batter dinyatakan out. Batter berlari secepatnya untuk mencapai base(base 1, 2, 3, 4) sebelum bola berhasil ditangkap catcher di base tujuan. Jika batter berhasil memukul bola, runner juga berhak untuk berlari ke base tujuan.
  13. Bola yang dipukul melewati area batas kanan dan kiri lapangan dan gagal ditangkap oleh catcher maka batter mendapat tambahan satu foul, jumlah foul dijadikan jumlah strike selama foul tidak lebih dari dua.
  14. Batter tidak boleh mendapat strike out. Apabila batter mendapat strike out(tiga strike) maka batter keluar.
  15. Untuk mencetak angka(run) maka tim menyerang harus bisa mengirim runner ke base awal melewati tiga base sebelumnya sebelum terjadi tiga out.
  16. Mencetak angka juga bisa dilakukan dengan homerun yaitu batter berhasil memukul bola sampai keluar lapangan dan masih dalam batas kanan dan kiri lapangan tanpa bisa ditangkap catcher.
  17. Permainan selesai apabila telah sampai ke inning 9 dan ada tim yang dinyatakan sebagai pemenang karena memiliki angka lebih banyak. Permainan yang imbang bisa dilanjutkan ke extra inning sesuai peraturan yang diinginkan sampai ada tim yang dinyatakan sebagai pemenang.





Genre: sport
Tema: cartoon, baseball
esrb rating: 12+

Menurut saya game ini merupakan salah satu game terbaik yang pernah saya mainkan, karena beberapa alasan:
  1. Praktis: Game ini bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja karena ini merupakan game mobile.
  2. Kontrol: Game ini hanya membutuhkan perintah dari satu jari untuk mengkontrol pemain, sehingga membuat saya merasa nyaman memainkannya dengan hp saya.
  3. Ada league mode: Mode ini adalah mode favorit saya.
  4. Free: Sifatnya gratis jadi gampang download dan updatenya.
  5. Ringan: Game ini menurut saya game baseball yang paling ringan dengan fitur yang paling lengkap. (dibandingkan game lain yang pernah saya coba)
  6. Grafis: Menurut saya dengan grafis standart 2D tapi game ini bisa memberikan efek permainan sekelas 3D.
  7. Game ini bisa memberikan kartu pemain baru setiap target tercapai.
  8. Awet: Game ini satu-satunya game yang berhasil bertahan di hp saya sejak tahun 2014.
ditulis oleh: 5116201003/Ahmad Wahyu Rosyadi


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger