Flow Free

Minggu, 25 September 2016


Game flow free merupakan salah satu game yang sederhana namun adiktif. Sederhananya game ini yaitu hanya menghubungkan titik warna satu dengan titik warna lainnya. Namun meskipun sederhana, game ini memiliki tantangan terbesar bagi pemain dimana game ini tidak bisa menghubungkan titik warna secara sembarangan karena besar kemungkinan akan menutup jalur titik warna lainnya. Game flow free dikembangkan oleh BIG DUCK GAMES LLC dan pertama kali dirilis pada tanggal 7 Juni 2012 pada Android dan iOS. 

Aturan Main
Game Flow Free termasuk game yang susah-susah gampang untuk dimainkan. Tidak ada karakter ataupun alur cerita khusus pada game ini, melainkan pemain hanya diharuskan untuk menghubungkan dua titik dengan warna yang sama berupa garis lurus keatas dan kebawah sampai dengan level yang telah disediakan. Terdapat beberapa pasang titik dengan warna berbeda yang harus diselesaikan dalam permainan ini, titik-titik tersebut tampak berposisi secara acak. Jika dalam menghubungkan satu titik warna satu dengan titik warna lainnya secara sembarangan maka besar kemungkinan Anda akan menutup jalur titik lainnya.

Terdapat dua tipe permainan pada Flow Free yaitu Free Play dan Time Trial. Jika ingin bermain secara santai maka Free Play adalah pilihan yang paling tepat, Pada mode ini kita dapat memainkan puzzle tanpa harus terburu-buru. Jika lebih menyukai tantangan maka mode Time Trial adalah jawabannya. Pada mode ini kita diharuskan untuk menyelesaikan puzzle dalam waktu yang telah ditentukan, misalnya 30 detik, 1 menit hingga yang terlama 4 menit.

Pada mode Time Trial dapat bermain dalam ukuran 5x5 sampai 9x9 kotak. Jika waktu yang disediakan sudah habis tapi permainan belum selesai maka permainan dinyatakan kalah. Sedangkan pada mode Free Play terdapat 8 pilihan kotak yang dapat dipilih, yaitu regular pack dengan 30 level dalam ukuran 5x5 dan 6x6 kotak dalam mode easy, 7x7 dan 8x8 kotak dalam mode medium serta dalam ukuran 9x9 kotak pada mode hard. Ketiga mode pada regular pack terdapat level mulai dari level 1 hingga level 30. Kemudian terdapat bonus pack dengan total 150 level permainan, 6x6 sampai 9x9 mania hingga Jumbo Pack dengan 10x10-14x14 kotak yang dikhususkan pada tablet.

Capture in game

 Gambar di atas merupakan menu pilihan yang terdapat pada game flow free, dimana pada menu terdapat 2 mode yang dapat dimainkan yaitu mode free play dan mode time trial

 

Dalam mode free play terdapat 8 pilihan kotak yang dapat dimainkan

Dalam mode free play tidak terdapat batasan waktu dalam bermain, pemain hanya memikirkan solusi yang tepat dalam bermain. Gambar di atas merupakan contoh in game flow free pada kotak 5x5 beserta solusi

 Di dalam mode time trial terdapat ukuran kotak yang kita mainkan serta bisa dipilih sesuai keinginan. Ukuran kotak yang dapat dipilih mulai dari ukuran 5x5 sampai 9x9 pada menu board size

Capture in game pada mode time trial, dimana pada pojok kanan tertera sisa waktu yang ditempuh


Klasifikasi Game
Genre : Strategy
Subgenre : Puzzle
Theme : Bridge
ESRB Rating : Everyone

Mengapa Game ini Terbaik??
Game flow free memang merupakan jenis permainan yang sederhana, namun menurut saya game ini merupakan salah satu game yang terbaik menurut saya. Dari bermain flow free game ini tidak hanya sisi fun yang didapat dari pemain melainkan dari segi cara berpikir pemain pun juga dilatih. Permainan ini pun tidak hanya dapat dimainkan oleh orang dewasa melainkan baik juga dimainkan untuk anak-anak. Banyak permainan yang termasuk dalam jenis game strategi namun jika pemain kurang menyukai banyak action dalam bermain flow free game dapat dijadikan pilihan permainan. Selain itu desaign yang ditampilkan juga sangat sederhana dan tentunya bisa dimainkan dimanapun. Dilengkapi dengan menu level yang bermacam-macam membuat pemain semakin tertantang memainkan game ini. Tak hanya itu permainan ini membantu kita melewati waktu yang jenuh dengan tetap melatih otak kita untuk berpikir sekaligus kesenangan juga didapatkan. 

Video Trailer


Reviewer
Nursanti Novi Arisa (5115201032)

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger