Pro Evolution Soccer 2016

Minggu, 25 September 2016

LOVE THE PAST PLAY THE FUTURE


Developer
KONAMI
Publisher
KONAMI
Engine
Fox Engine
Genre
Action (Soccer)
Platforms
PlayStation®4, XboxOne, PlayStation®3, Xbox 360 and Windows PC 
Realise Date
17/09/2015
ESRB
EVERYONE

PES (Pro Evolution Soccer) adalah simulasi permainan sepakbola ber-genre sport yang dikembangkan oleh perusahaan game ternama di Jepang, Konami. Nama PES sendiri baru meledak sekitar tahun 2000-an setelah PS2 berserakan dimuka bumi. Awal kali mengenal dan memainkan PES itu ditahun 2005, yang kala itu PES 4 masih menjadi andalan WAPRES(Warung PE ES). Seiring bergantinya siang dan malam, tibalah PES 2016 yang saat ini jadi idola banyak golongan. Entah tua, muda, atau balita-pun mungkin suka. Begitulah adanya, menurut saya kalau dibandingkan dengan produk tetangga (FIFA 2016), PES 2016 tampak lebih realistis baik dari segi grafis, kehalusan permainan, face wajah dari para pemain.


PES 2016 adalah gabungan dan pengembangan dari PES 2013-2015. Dimana pada PES 2013-2014 gameplay yang ditawarkan masih kurang menarik. Gerak pemain masih terlihat lambat, apalagi setiap pemain men-tackle lawan pasti dihadiahi kartu kuning terlebih lagi kartu merah. Banyak liga dan club sepakbola yang tidak diikut sertakan hanya fitur championship yang menjadi fitur unggulan. Statistika pemain masih belum sesuai dengan aslinya. Maka pihak Konami segera merilis PES 2015 untuk mengembangkannya. Sebenarnya PES 2015 juga bisa dikatakan bagus dan realistis namun terkendala dari bagian grafik. Dan terkadang juga terjadi bug ketika permainan sedang dimainkan seperti video dibawah ini.

Menariknya permainan ini (PES 2016) dari sisi bermainnya adalah ketika kita dimanjakan dengan tampilan yang bagus sehingga tampak nyata setiap gerakan para pemain. Selebrasi para pemain saat mencetak “gol”pun diupayakan sama dengan aslinya. Teriakan para penonton/supporter saat pertandingan dengan suara lantangnya menyanyikan lagu untuk team kesayangan mereka membuat kita serasa berada di stadion itu dan menyaksikan langsung. Lebih dari 7 liga sepakbola dengan masing-masing clubnya seperti liga Inggris, Spanyol, Italia, Belanda, Germany, Portugal, Prancis, dll. PES 2016 juga menyajikan mode Negara dan kali ini Negara kita ada disertakan dalam PES 2016 walaupun face dan juga statistika pemain masih jauh dari kenyataannya. Terdapat 21 stadion dalam PES 2016 seperti Old Trafford, San Siro, Morumbi, Juventus Stadium, Beira-Rio, Allianz Arena, dan beberapa stadion lainnya.
Menarik dari sisi hiburannya sih bisa membuat orang lupa jati diri. Apalagi saat kita berpuasa, karena serunya bermain sampai-sampai adzan maghrib berkumandang dan santapan berbuka dihidangkan. “don’t try this at home”.

Screenshot In Game

Tampilan awal ketika PES 2016 dibuka

Terdapat 5 menu dalam Gameplay PES 2016 diantaranya menu Home, Match, Competition, Football Life, Extras.

Tampilan pengaturan formasi permainan PES 2016. Pada bagian ini kita bisa melihat kemampuan dari para pemain baik dari segi tendangannya, kehebatan dribling bola, ketahanan pemain, maupun skill individu pemain. Formasi dalam permainan PES 2016 sangat berpengaruh besar dalam terciptanya gol. Rata-rata formasi yang digunakan oleh manager atau pelatih adalah 4-3-3, 4-2-3-1, dan 4-4-2.

Game PES 2016 juga memiliki sudut pandang kamera yang lebih dinamis dan juga jelas. Umumnya pecinta game ini menggunakan pengaturan kamera wide. Pengaturan kamera wide dibuat agar bisa melihat keadaan sekitar lapangan yang lebih banyak dan lebih luas. 


Alasan Senang dengan Game ini?

Satu hal yang membuat saya hingga saat ini agak susah untuk berpaling dari PES adalah karena adanya fitur "Become a Legend". Player dibuat seolah-olah dia sedang berperan menjadi pemain real. Player dituntut menjadi pemain superstar dengan mengesampingkan ego ketika sedang bertanding. Awalnya hanya tim rendah/ tim promosi yang ingin memakai jasa player. Namun ketika permainan player memukau pelatih, maka tak jarang team-team berkelas lainnya juga ingin memakai jasanya. intinya bagaimana pemain menjadi pemain profesional sekaligus menjadi superstar.

Spesifikasi PC

Minimum Requirements • OS: Windows 10 / 8.1 / 8 / 7 SP1 / Vista SP2 • Processor: Intel Core 2 Duo @ 1.8 GHz (AMD Athlon Ⅱ X2 240 or equivalent processor) • RAM: 1 GB RAM • VGA: nVidia GeForce 8800 / ATI Radeon X1600 / Intel HD Graphics 3000 or better • DirectX: Version 9.0c • Storage: 9 GB available space • Sound Card: DirectX 9.0c Compatible sound card.
Recommended Requirements • OS: Windows 10 / 8.1 / 8 / 7 SP1 / Vista SP2 • Processor: Intel Core i3 530 (AMD Phenom Ⅱ X4 925 or equivalent processor) • RAM: 2 GB RAM • VGA: nVidia GeForce GTX 260 / ATI Radeon HD 4850 / Intel HD Graphics 4000 or better • DirectX: Version 9.0c • Storage: 9 GB available space • Sound Card: DirectX 9.0c Compatible sound card


Reviewed by: Dian Ahkam Sani (5115201024)


Ahkam Sani Dian

Create Your Badge
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger