Game Werewolf Pada Telegram Messenger

Sabtu, 24 September 2016





Genre    : Multi-player
Theme   : Fantasy
ESRB    : Teen

A little introduction
Permainan Werewolf atau dalam bahasa indonesia yang artinya “manusia serigala” merupakan permainan sederhana yang dilakukan dalam kelompok. Biasanya minimal pemain adalah sebanyak 5 orang. Permainan ini secara umum dimainkan dengan 2 tim, yaitu vilager dan werewolf. Tim tersebut akan dibagikan secara acak kepada pemain secara rahasia. Tujuan dari permainan ini adalah menemukan dan mengekesekusi werewolf dalam permainan tersebut atau tim werewolf berhasil membunuh semua vilager. berikut video werewolf yang dimainkan secara manual dengan menggunakan kartu.



Permainan ini secara konsep sangatlah komplek, karena bersifat interaktif,  multi-player, rule, goal dan win/lose. Dan karena memenuhi konsep tersebut maka dapat diadopsi oleh aplikasi yang bersifat messenger dan portable. Aplikasi tersebut adalah “Telegram messenger”.  

Why the best?
Game akan sangat menyenangkan apabila dimainkan oleh banyak orang dan berintenraksi secara langsung. Selain itu, mempunyai rules tersendiri juga merupakan tantangan bagi player. Rules pada werewolf secara standar memang sudah ditetapkan, namun dapat berubah sesuai dengan keinginan dari kelompok player itu sendiri. Untuk goal dan ketetapan win/lose pun juga jelas, tetapi anehnya game werewolf ini dapat merubah goal dan ketetapan win/lose sesuai dengan keadaan permainan berlangsung. Berikut akan menjelaskan tentang permainan werewolf pada telegram messanger secara konsep interaktif, multi-player, rule, goal dan win/lose.

The concept
Konsep yang digunakan adalah ID kita di telegram digunakan sebagai player di permainan tersebut. Selain itu adanya BOT sebagai moderator yang memiliki kemampuan multi-bahasa. Tentunya karena kita di Indonesia dan joinnya di Werewolf Indonesia, pastinya bahasa yang digunakan bot adalah bahasa indonesia. Dengan kedua konsep tersebut, permainan ini tidak kalah serunya dengan bermain werewolf di dunia nyata.

Review in Interactive
Interaktif adalah adanya aksi dari player dan reaksi dari game. Aksi dari player adalah memilih suatu tindakan yang akan dilakukan sesuai job yang diberikan. Sedangkan reaksi dari game adalah keputusan pemilihan player akan dibantu oleh bot untuk proses pemilihan, juga penjelasan dari job yang didapatkan dan bot akan memberitahu siapa saja teman satu job dengan player tersebut. Jika tidak melakukan dalam proses tersebut, maka akan dikenakan AFK. Dan bila AFK selama 2 kali berturut-turut akan mendapatkan sanksi. Interaksi antar sesama player juga dapat dilakukan, yaitu dengan private message (PM) atau message di game itu sendiri. Tentunya ada rules yang harus dipatuhi untuk PM atau message di game. Jika melanggar, maka akan dikenakan sanksi juga.
Gambar Interaksi informasi dari job
Gambar Interaksi menampilkan hasil pemilihan dari player
Review in the player
Player adalah pemain yang terdapat pada game, sedangkan moderator adalah bot dari game. Admin adalah player yang memberikan warning, gelar, rules tambahan atau melakukan kick kepada pemain yang melakukan tindakan kecurangan atau diluar batas kewajaran. Player pada game adalah user yang terdaftar pada telegram, baik itu nomor handphone atau id telegram. Player memiliki nama dan photo profile sebagai identitas player. Player hanya memiliki 1 job per game, dan akan berganti menjadi job lain secara random bila mengikuti permainan baru yang dimulai kembali.
Gambar List Player
Gambar Admin melakukan warn
Review in rules
Rule adalah peraturan pada game dan bila dilanggar akan mendapatkan sanksi. Rule terbagi menjadi dua, yaitu rules yang standar dan rules yang dibuat berdasarkan situasi permainan (adaptif). Rules standar adalah melakukan tindakan sesuai dengan job yang diberikan. Sedangkan rules yang adaptif adalah rules yang diberikan untuk menjamin kelancaran permainan atau menambah atmosfir permainan agar menjadi semakin menegangkan. Untuk rules standar sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mengikuti pda job yang diberikan. Untuk itu ada beberapa job yang ada pada werewolf telegram messanger seperti pada tabel
Tabel Job
Job
Status
Deskripsi
Apprenctice Seer
Vilager
Bila seer mati, maka akan menjadi seer yang baru
Beholder
Vilager
Mengetahui siapa seer yang asli
Cultist
Netral
Mengubah player lain menjadi cultist (kecuali werewolf dan serial killer), 1 player / malam, jika hanya tersisa cultis dipermainan, maka cultist menang. Jika yang diubah adalah serigala atau serial killer, maka kamu akan langsung mati.
Cultist Hunter
Vilager
Setiap malam dapat berburu 1 player, jika cultist maka dia akan mati. Jika cultist mencoba menyerang kamu di malam hari, maka salah satu dari mereka akan mati, dan kamu tetap hidup sebagai cultist hunter
Cupid
Vilager
Pilih 2 player untuk dipasangkan sebagai loverz (bisa termasuk diri sendiri), jika salah satu dari player tersebut mati, maka pasangannya juga akan mati.
Cursed
Werewolf
Sebelum digigit serigala, status adalah vilager. Namun setelah tergigit, maka akan menjadi serigala baru.
Detective
Vilager
Setiap satu hari dapat memilih satu player untuk diinvestigasi dan mengetahui job dari player tersebut, namun jika melakukannya, kemungkinan 40%  serigala akan mengetahui siapa kamu.
Doppelganger
Netral
Pada awal permainan pilih satu player yang akan kamu tiru, jika player tersebut mati, maka job dan tim kamu akan berubah sesuai dengan player tersebut. Kamu tidak bisa diubah oleh cultist selama player yang kamu tunjuk masih hidup.
Drunk
Vilager
Jika serigala membunuh kamu, maka tim serigala tidak akan dapat berburu keesokan harinya sebanyak 1 malam.
Fool
Vilager
Setiap malam, pilih player yang akan diterawang. Kamu akan diberitahu apa job player tersebut secara acak. Kamu tidak mengetahui diri kamu adalah fool.
Guardian Angel
Vilager
Pilih satu player yang ingin kamu lindungi (kecuali diri sendiri) setiap malam, player yang dilindungi akan kebal terhadap serangan dimalam hari. Namun bila kamu melindungi serigala, ada kemungkinan 50% kamu akan mati.
Gunner
Vilager
Kamu mempunyai dua peluru ajaib, sehari sekali kamu dapat membunuh seorang player (sesuai dengan jumlah peluru). Pembunuhan dilakukan pada siang hari dan jika melakukan hal tersebut, maka semua pemain akan mengetahui job kamu.
Harlot
Vilager
Setiap malam kamu dapat mengunjungi player lain, jika player tersebut serigala, maka kamu akan mati. Jika serigala menyerang kamu, maka kamu akan selamat, namun bila serigala menyerang player yang kamu kunjungi, maka kamu juga akan ikut mati.
Hunter
Vilager
Jika kamu diserang dua serigala atau lebih, maka ada kemungkinan kamu dapat membunuh salah satu dari mereka namun kamu tetap mati. Jika kamu diserang hanya satu serigala, maka ada kemungkinan 30% kamu membunuhnya dan tetap bertahan hidup. Jika cultist mencoba mengubahmu, maka ada kemungkinan 50% kamu selamat dan membunuh salah satu dari mereka. Jika kamu digantung, maka pilih satu player yang ingin dibawa mati.
Loverz
Netral
Player yang dipasangkan akan saling mengetahui pasangannya (job tetap dirahasiakan). Jika mereka berdua tetap bertahan hidup sampai akhir permainan. Tidak peduli job dan kondisi tim mereka, mereka menang.
Mason
Vilager
Mason dapat mengetahui siapa saja teman mason yang lainnya. Jika salah satu teman mason kamu berubah menjadi cultist, maka kamu mengetahuinya
Seer
Vilager
Setiap malam, pilih player yang akan diterawang. Kamu akan diberitahu apa job player tersebut.
Serial Killer
Netral
Setiap malam, pilih player yang akan kamu bunuh. Kamu hanya dapat menang apabila hanya satu-satunya yang bertahan. Jika ada satu serigala menyerang kamu, kamu selamat dari serangan tersebut dan membunuh serigalanya. Namun bila ada dua serigala atau lebih  yang menyerang, maka kamu akan mati.
Tanner
Netral
Jika kamu digantung, kamu menang. Tidak peduli jumlah sisa pemain tersebut.
Traitor
Werewolf
Jika diterawang akan dianggap sebagai serigala. Kamu akan berubah menjadi serigala, apabila semua serigala sudah mati.
Vilager
Vilager
Tidak ada yang spesial dalam job ini, kecuali bertahan hidup sampai akhir permainan
Werewolf
Werewolf
Setiap malam, setiap serigala dapat memilih untuk membunuh satu player. Serigala hanya dapat membunuh 1 player tiap malam tidak peduli jumlah serigalanya. Jika jumlah penentuan player yang akan dibunuh bernilai imbang, maka serigala gagal membunuh player pada malam tersebut
Wild Child
Werewolf
Saat ini statusnya adalah vilager, pilih satu player yang akan jadi panutan. Jika player tersebut mati, maka kamu akan menjadi serigala

Tabel Rules
No
Deskripsi
Status
Rules 1
Dilarang menginvite bot lain
Banned
Rules 2
Pemain yang mengetik /kickme
Banned
Rules 3
Wajib menggunakan poto profile dan username
Warn
Rules 4
Akting diperbolehkan
-
Rules 5
Jangan berbicara ketika mati, beserta PM player lain atau berkhianat dengan tim untuk tujuan menyetir game
Warn
Rules 6
Dilarang forward/ copy paste/ screen shot chat dari werewolf bot selama game berlangsung
Warn
Rules 7
Dilarang menggunakan poto profile / nama milik bot atau yang mengandung sara
Warn
Rules 8
Dilarang mengganti nama saat permainan berlangsung
Warn
Rules 9
PM hanya diperbolehkan sewajarnya hanya untuk role yang diizinkan bot
Warn
Rules 10
Jangan SPAM command maupun chat iklan
Warn
Rules 11
Pemain mati karena AFK sebanyak 3 kali dalam 24 jam, kecuali bot lagi error
Warn
Rules 12
5 kali warn
Banned
Rules 13
Melaporkan player yang melakukan pelanggaran akan mendapatkan kompensansi reset warn
-

Review in goal
Goal dapat disebut sebagai achievement yang ingin didapatkan. Ada banyak achievement yang tidak tertulis, seperti ingin punya pacar / pendekatan pada cewek yang disuka dalam game, ingin senang-senang aj, atau ingin meraih penghargaan “Best survivor”. Pada game ini ada beberapa goal yang dapat dikejar seperti pada tabel dibawah ini.
Tabel Achievement
Best Survivor
Player yang paling sering bertahan hidup sampai akhir permainan
Welcome to Hell
Mainkan permainan werewolf mode normal
Welcome to the Asylum
Mainkan permainan werewolf mode chaos
Enochlophobia
Mainkan 35 permainan
Introvert
Mainkan 5 permainan
Dedicated
Mainkan 100 permainan
Masochist
Menangkan permainan sebagai Tanner
Wobble wobble
Bertahan hidup sebagai drunk (Minimal 10 player)
Inconspicuous
Dalam permainan sebanyak 20 orang atau lebih, jangan sampai ada satupun vote untuk menggantung kamu, dan tetap bertahan sampai akhir
Mason brother
Jadilah satu atau dua dari mason yang bertahan hidup sampai akhir
Hey man, nice shot
Sebagai hunter, dengan kematianmu berhasil membunuh serigala atau serial killer

Review in win/lose
Win/Lose adalah tujuan agar permainan berakhir. Karena dari permainan ini ada terdapat 3 tim, yaitu Vilager, werewolf dan netral. Tim vilager akan dinyatakan menang apabila semua tim werewolf mati walaupun tim netral masih bertahan (kecuali Serial Killer dan Cultist). Tim netral akan menang apabila tim werewolf, vilager dan netral mati (kecuali cultist). Tim netral lebih kepada individu, jadi hanya satu netral yang akan menang. Dan netral yang benar-benar main sebagai tim adalah cultist. Sedangkan tim werewolf akan menang apabila tim vilager dan netral semuanya sudah dihabisi.

Video Trailer


Author
Wanvy Arifha Saputra (5115201026)
https://www.facebook.com/wanfies
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger