Dunia Fana : The Hungry Ox

Selasa, 24 Desember 2013

Pembuatan Game Kelas B
Misbahul Munir                     5110100009
Adam Gegi Yowanda             5110100165
Zahroh Nishful Lailiyah       5110100180

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan ide awal tim kami yang berencana menggunakan Unity 3D dan Leap Motion untuk membangun permainan namun setelah berdiskusi kembali tim kami bersepakat untuk membangun permainan yang lebih sederhana karena kami menganggap tenggat waktu yang diberikan relatif singkat sehingga berikut akan kami jelaskan konsep permainan kami yang sudah matang.

Latar Belakang
Saat ini tidak dapat dielakkan lagi bahwa keberadaan perangkat mobile menjadi semakin penting untuk aktivitas manusia dalam kehidupan sehari – hari. Salah satunya adalah permainan atau game yang menjadi pelengkap untuk hiburan bagi semua kalangan, dari anak – anak hingga dewasa. Game bertema edukasi adalah salah satu game yang sedang populer saat ini sebut saja seperti Save the Hamsters. Tim pengembang yang terinspirasi dengan konsep tersebut memutuskan untuk membangun game The Hungry Ox dengan pola permainan yang sama.

Background Story
The Hungry Ox mengisahkan tentang seekor sapi yang merupakan hewan ternak dan dibesarkan di wilayah peternakan. Suatu ketika, pemilik peternakan tersebut jatuh sakit sehingga ia tidak bisa mengurus sapi ternaknya, lebih tepatnya memberi makan. Ia kemudian mengutus asistennya seekor burung gagak untuk memberi makan karena dengan kemampuan terbangnya si burung dapat melakukan hal itu dengan mudah. Nah, disini pemain diharapkan bisa membantu si burung untuk memberi makan si sapi dengan cara menyelesaikan soal matematika dan bahasa inggris yang diberikan.

Cara Bermain
Pemain akan mengendalikan seekor burung gagak yang bisa berjalan dari arah kiri ke kanan dan dari atas ke bawah. Pemain diminta untuk memberi makan si sapi dengan dengan cara menyelesaikan soal matematika dan bahasa inggris yang diberikan. Berikut adalah penjelasannya:




Gambar 1. The Hungry Ox : pemain sebagai burung gagak yang memberi makan sapi
 Gambar 2. The Hungry Ox : pemain sebagai burung gagak yang memberi makan sapi
         Gambar 3. The Hungry Ox : sapi yang telah diberi makan bobotnya bertambah

1.      Permainan dengan soal matematika : Pemain diminta untuk memberi makan si sapi dengan cara memilih makanan yang memiliki bobot yang jika dijumlahkan sama dengan bobot yang diinginkan si sapi. Pada layar akan terdapat gambar timbangan yang menunjukkan bobot sapi. Misalnya sapi ingin beratnya bertambah 10 kilo, maka pemain harus memilih kombinasi makanan yang jika dijumlahkan sama dengan 10kilo untuk diberikan kepada sapi.
Kondisi menang  : Pemain akan menang apabila berhasil memberi makan sapi.
Kondisi kalah       : Pemain akan kalah apabila waktu yang diberikan habis.

2.      Permainan dengan soal bahasa inggris : Pemain diminta untuk memberi makan si sapi dengan cara memilih makanan yang cocok dengan suara si sapi. Misalnya sapi berkata “tomato”, maka pemain harus memilih gambar tomat untuk diberikan kepada sapi.
Kondisi menang  : Pemain akan menang apabila berhasil memberi makan sapi.
Kondisi kalah : Pemain akan kalah apabila waktu yang diberikan habis.

Teknologi
Teknologi yang digunakan dalam pengembangan permainan ini adalah:
·         Framework          : .NET 4.5
·         Programming       : C#
·         IDE                        : Visual Studio 2012
·         Game Engine        : Unity
·         Platform               : Web
·         Design                   : Adobe Photoshop
·         Documenter         : Ms. Word 2013
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger