Kali ini kami akan menceritakan progress kedua dari pembuatan game galilo defender. Di minggu ini kami masuk pada tahap pembuatan dan pengumpulan assets – assets yang dibutuhkan. Karena game yang akan kita buat bergenre tower defense, maka kami membutuhkan assets yang relevan dengan genre tower defense. Setelah googling sana – sini ternyata tidak mudah mencari assets tower defense yang free. Bila ada, jumlahnya sangat terbatas dan kurang bervariasi.
Kemudian kami berusaha merundingkan mengenai gameplay dan
relevansinya dengan edukasi matematika, dilihat dari aspek fun tentunya. Kami sempat
berbeda pendapat satu sama lain pada saat itu. Game bergenre tower defense
memang seru untuk dimainkan, tetapi jika harus dipadukan dengan unsur edukasi
khususnya matematika terkesan sedikit memaksa dan tidak natural.
Setelah berunding cukup lama akhirnya kami menyepakati model
gameplay yang akan kami buat. Lalu kami coba eksplorasi dengan tools yang kami
gunakan. Gameplay yang kami rancang sedikit keluar boundary genre tower defense
agar unsur edukatif tidak terkesan dipaksakan.
Pada saat kami mencoba eksplorasi tools, kami menemukan
kendala untuk mengimplementasikan kondisi gameplay yang kami rencanakan. Dalam kata
lain, kami belum menemukan cara yang tepat. Hal ini membuat kami berunding
lagi. Setelah berunding dan membahas hal – hal yang hampir keluar dari topik, akhirnya...kami
putuskan untuk mengganti gameplay dan tema gameedukasi yang akan kami bangun. Dari
tower defense berganti menjadi action – jump.
Bagaimana gameplaynya?
Sedikit spoiler saja untuk gameplay, pasti kalian pernah
memainkan game doodle jump atau mega jump. Belum pernah? Kira – kira seperti
ini.
langkah kami selanjutnya adalah mengkonsep gameplay dan
sinkronisasi genre endless jump dengan unsur edukasi yang fun.
Keep spirit
to make edu-games, guys
:)
0 komentar :
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !