Review Game : Harvest Moon Back to Nature

Senin, 10 Maret 2014



Review Game : Harvest Moon Back to Nature


Bagaimanakah Sejarah atau Perkembangan game Harvest Moon ?

Harvest Moon pertama kali berawal di dunia SNES yang dikembangkan di Jepang dengan nama Bokojou Monogatari pada tahun 1997. Game ini langsung menangkap perhatian para gamer di Jepang karena gameplaynya yang unik dan orisinil. Hanya saja, Harvest Moon pertama tidak sempat dikenalkan oleh kalangan luas karena dirilis pada akhir masa hidup console SNES. Harvest moon telah memiliki banyak versi atau jenisnya sebagai berikut : 
1. Harvest Moon (HM) pada Tahun 1996, 
2. Harvest Moon Game Boy pada Tahun 1997, 
3. Harvest Moon 64 pada Tahun 1999,
4. Harvest Moon Game Boy Color 2 pada Tahun 1999, 
5. Harvest Moon Back to Nature pada Tahun 1999, 
6. Harvest Moon Game Boy Color 3 pada Tahun 2000, 
7. Harvest Moon Back to Nature for Girl pada Tahun 2000, 
8. Harvest Moon save the Homeland pada Tahun 2001, 
9. Harvest Moon Friend of Mineral Town pada Tahun 2003, 
10. Harvest Moon A Wonderful Life pada Tahun 2003, 
11. Harvest Moon More Friend of Mineral Town pada Tahun 2003, 
12. Harvest Moon Magical Melody pada Tahun 2005, 
13. Harvest Moon DS pada Tahun 2005, 
14. Harvest Moon DS Cute pada Tahun 2005, 
15. Harvest Moon Island of Happiness pada Tahun 2007, 
16. Harvest Moon Tree of Tranquilty pada Tahun 2007, 
17. Harvest Moon DS Sunshine Island pada Tahun 2008, 
18. Harvest Moon Animal Parade pada Tahun 2008, 
19. Harvest Moon Grand Bazaar pada Tahun 2008. 
Dari semua versi game ini, hanya tiga versi yang pernah saya mainkan adalah Harvest Moon Back to Nature, Harvest Moon Back to Nature for Girl, dan Harvest Moon A Wonderful Life. Hanya game Harvest Moon Back to Nature saja yang bisa bertahan saya mainkan hingga tahun ke-3. Pasti pembaca penasaran apa maksud dari tahun ke-3 ini? Apakah selama tiga tahun saya memainkannya? Pada artikel ini, saya akan menceritakan atau mereview game Harvest Moon Back to Nature.

Gambar 1. Sampul CD Game


Harvest Moon : Back to Nature adalah sebuah permainan video game yang berisi tentang simulasi perkebunan yang dikeluarkan Natsume. Game ini dikembangkan oleh Victor Interactive Software, dan didistribusikan ulang oleh PALAPA (Versi Bahasa Indonesia).

Alasan Game Terbaik :
Alasan memilih game ini sebagai game terbaik yang pernah saya mainkan karena saya bisa melakukan berbagai aktifitas yang belum bisa dilakukan di dunia nyata pada usia kecil dulu. Contohnya : kita bisa memperbaiki perkebunan, peternakan (ayam, kambing, dan sapi), bisa merawat anjing, kuda, memancing ikan, memasak makanan, bahkan bisa menikah dan punya anak.



Gambar 2. Tampilan Awal Game

Jalan Cerita Game :
Pada game harvest moon back to nature bercerita tentang seorang anak yang bernama Jack (bisa dinamai bebas untuk dimainkan Player) sebagai karakter utamanya. Ayahnya telah berjanji untuk mengajaknya berlibur bersama, tetapi tepat sebelum liburan ayahnya diminta untuk melakukan perjalanan bisnis oleh kantornya. Sehingga dia terpaksa dititipkan di perkebunan milik kakeknya. Dia perpikir akan menjadi liburan yang membosankan karena tidak ada yang bisa dilakukan di perkebunan.
Sesampainya Jack di perkebun kakeknya pada musim panas, ternyata kakeknya masih terlalu sibuk untuk mengurusi perkebunan sehingga tidak sempat mengurusi dia. Dia bermain-main sendiri di perkebunan, menunggangi sapi dan kuda sampai terjatuh. Dia juga mengejar seekor ayam, kemudian dia dikejar dengan sekompok ayam sehingga dia takut. Suatu hari Jack kecil berjalan-jalan di kota, di perbukitan, dan di puncak gunung dekat perkebunan kakeknya. Dia tidur-tiduran di sebuah padang rumput dan mendengar suara seorang gadis kecil yang seusia denganya sedang bernyanyi. Dia pun berkenalan dan akrab dengan gadis tersebut, menghabiskan waktu bersama, bernyanyi, bermain, dan bersenang-senang.
Akhirnya liburan musim panas telah usai dan tiba waktunya Jack untuk pulang ke kotanya. Tapi dia berjanji kepada gadis kecil itu kalau dia akan kembali suatu hari nanti dan menikahinya.
Beberapa tahun kemudian, kakeknya meninggal dan mewariskan perkebunannya kepada Jack. Jack yang sekarang telah tumbuh menjadi seorang pemuda yang tampan. Dia pun mengambil alih perkebunan tersebut yang tidak terawat setelah meninggal kakeknya. Saat Jack mengunjungi perkebunan tersebut, Walikota datang menemuinya. Walikota meminta dia untuk segera membereskan perkebunan hingga kembali seperti semula jika dia ingin menjadi pemilik tetap perkebunan kakeknya. Tapi jika dia gagal memperbaiki perkebunan tersebut dan tidak bisa bersahabat dengan penduduk desa maka dia harus pergi dari desa itu. Dia diberi waktu selama 3 tahun untuk mengelolah kembali perkebunan sehingga dapat menguntungkan. Setelah itu permainan dimulai oleh kita.

Aturan Permainan :

  • Pemain (Player) diberi batas 3 tahun untuk mengelola kebun menjadi seperti semula, bekerja keras agar dapat melangsungkan hidup.
  • Pemain harus bersosialisasi dengan tetangga sekitar agar tetap bisa tinggal dan meneruskan permainan apabila tidak bisa maka bisa diusir.
  •  Pemain beri tas ransel yang bisa di isi 3 alat dan 3 hasil kebun, namun kapasitas tas ransel dapat ditambah dengan membeli di toko.
  • Pemain harus menanam dan menyirami tanaman sesuai dengan musimnya, terdapat 4 musim (spring, summer, fall, dan winter). Kecuali musim winter harus menanam di dalam rumah kaca.
  • Pemain harus memiliki atau merawat hewan peliharan seperti anjing dan kuda. Selain itu harus memiliki hewan ternak yang bisa dikembangbiakan. Hewan ternak bisa mati jika tidak terawatt atau tidak diberikan makan.
  • Pemain dapat menjual tanaman liar, tanaman perkebunan, telur ayam, ayam, susu sapi, bulu kambing, atau ikan hasil memancing.
  • Pemain bisa mengikuti setiap festival yang berlangsung jika bisa menang dalam festival pemain bisa terkenal.
  •  Pemain harus tidur jika tidak tidur maka pemain dapat pingsan dan dibawa ke puskesmas.
  •  Pemain harus mencari Power Berry dan memancing Ikan Legendaris.
  •  Sebelum tahun ke-3 pemain sudah menikahi 1 diantara beberapa wanita yang ada di game.
  • Pemain juga bisa memiliki anak setelah beberapa bulan pernikahannya.
Klasifikasi Game :
Judul Game     : Harvest Moon Back to Nature
Genre              : RPG, Simulasi
Tema               : Perkebunan
ESBR Rating  : E (Everyone)
Pembuat          : Natsume
Pengembang    : Victor Interactive Software
Platform          : Playstation 1 dan PC
Tahun Rilis      : 2000

Screeshoot :


Gambar 3. Proses Membersihkan Kebun


Gambar 4. Tanaman Siap Panen


Gambar 5. Bermain dengan Anjing
Gambar 6. Di Dalam Kandang Ayam
Gambar 7. Di Dalam Kandang Sapi dan Kambing
Gambar 8. Di Dalam Kandang Kuda
 Gambar 9. Bersosialisasi dengan Tetangga
 Gambar 10. Festival Lempar Tomat

Gambar 11. Prosesi Pernikahan

 Gambar 12. Berbicara dengan Anak
 Gambar 13. Berkumpul dengan Istri dan Anak

Video Trailer :
 

Nama   : Satrio Hadi Wijoyo
NRP     : 5113201027

Satrio Hadi Wijoyo
Create your badge
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger