REVIEW : GAME TRIPLE TOWN

Kamis, 06 Maret 2014


Triple town merupakan game dengan ganre puzzle yang dirilis pada 19 Januari 2012. Game ini mempunyai tujuan untuk membangun kota, dimana berakhir ketika tidak ada lahan lagi yang dapat ditempati. Cara yang digunakan untuk membangun kota tidak mudah, namun dengan cara yang unik. Karena membutuhkan banyak strategi pembangunan. Strategi harus tepat untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Cara yang dilakukan adalah dengan memasangkan tiga atau lebih objek yang sama (dan saling berdekatan) untuk dijadikan objek lain yang lebih besar nilainya. Objek yang ada pada game ini antara lain:



 
Rumput
Semak
Pohon
Gubuk
Rumah
RumahMewah
Imperial Bot
Beruang
Beruang Ninja
MakamBeruang
Gereja
GerejaBesar
Batu Kecil
Batu Besar
Peti Harta Karun
Peti Harta Karun Silver
Kristal
Kerajaan
Kerajaan Melayang
Kerajaan Emas

Jadi aturan dalam game ini adalah memikirkan strategi yang tepat dengan menempatkan objek2 tersebut untuk digabungkan (3 atau lebih objek yang digabungkan) sebagai berikut:
a.       3 buah rumput menjadi 1 semak-semak
b.      3 buah semak-semak menjadi 1 pohon
c.       3 pohon menjadi 1 gubuk
d.      3 gubuk menjadi 1 rumah
e.       3 rumah menjadi 1 rumah mewah
f.       3 rumah mewah menjadi 1 kerajaan
g.      3 kerajaan menjadi 1 kerajaan melayang
h.      4 kerajaan melayang menjadi 1 kerajaan emas
i.        Beruang yang mati karena jalannya tertutup akan menjadi makam, dan 3 makam menjadi 1 gereja.
j.        3 gereja menjadi 1 gereja besar
k.      3 gereja besar menjadi 1 peti harta karun, yang dapat digunakan untuk menambahkan uang.
l.        3 batu kecil menjadi 1 batu besar. Ketika Imperial bot digunakan untuk menghilangkan batu besar, akan berubah menjadi peti harta karun.
m.    1 kristas dapat menggabungkan dari segala objek, dimana terdapat 2 objek sama yang berdekatan. Sehingga, Kristal berperan sebagai objek ketiga dari semua objek. Namun, kristal ini sebaiknya tidak digunakan untuk objek-objek yang sering muncul seperti, rumput dan semak.

Pembangunan kota ini memiliki tantangan, yaitu adanya beruang yang akan mengganggu pembangunan kota. Beruang tersebut akan berusaha menghambat jalan untuk penempatan objek. Namun, beruang dapat dibunuh untuk dijadikan makam, yaitu dengan menutup semua jalan yang dijewati dengan beberapa objek. Selain itu beruang dapat dibunuh dengan menggunakan Imperial bot. Ada dua tipe beruang yang mengganggu pembangunan kota. Beruang yang berwarna coklat yang hanya bisa bergerak 1 langkah (kanan, kiri, atas, atau bawah), dan beruang yang menggunakan pakaian ninja yang dapat meloncat ke berbagai tempat. Tipe beruang yang menggunakan baju ninja hanya dapat dibunuh dengan menggunakan Imperial bot.
Dibagian store, pemain dapat membeli objek jika dirasa random objek yang keluar tidak sesuai. Namun, sebaiknya pembelian objek dilakukan jika sudah sangat mendesak. Jika muncul objek-objek yang jarang keluar, misalnya Kristal dan Imperial bot, dan belum dibutuhkan, maka objek tersebut dapat disimpan sementara di bagian piringan coklat di bagian kiri atas.


KLASIFIKASI GAME
  • Genre : Puzzle
  • Tema : City building with good strategies
  • ESRB Rating : Rating Pending
  • Common Sense Media : at least 13 years old
  • Content Rating : Low Maturity
  • Developer : Spry Fox LLC


GAME SCREENSHOT

Dengan menggabungkan 3 Gereja besar didapatkan peti harta karun

Kristal dapat menggabungkan sembarang objek yang berdekatan. Objek yang dapat digabungkan dengan kristal sesuai gambar di atas adalah rumah dan rumah mewah. Sebaiknya menggabungkan 3 rumah mewah menjadi 1 kerajaan. Karena nilainya lebih tinggi dibandingkan menggabungkan 3 rumah menjadi 1 rumah mewah.

Gambar di atas menunjukkan kondisi GAME OVER, dimana tidak ada lagi lahan kosong untuk meletakkan objek yang muncul berikutnya.

Jika berhasil menggabungkan 3 kerajaan, maka akan diperoleh kerajaan melayang seperti gambar di atas.

Peletakan objek harus dengan strategi yang baik, agar point (pts) tinggi.

Untuk mendapatkan kerajaan (yang berwarna biru) harus menggabungkan setidaknya 4 rumah mewah.

ALASAN MENJADI GAME TERBAIK

Game Triple Town merupakan game yang menyenangkan. Meskipun game ini membutuhkan strategi yang baik untuk mendapatkan nilai yang tinggi, Tiple Town tidak membuat jenuh. Objek yang muncul bersifat random. Ketika berhasil menyatukan (3 atau lebih) objek yang sama menjadi objek yang baru, muncul rasa penasaran. Dimana menerka-nerka, jika objek yang lain digabungkan akan menjadi apa, dan seterusnya. Kepuasan muncul ketika berhasil menjadikan objek yang bernilai besar, seperti kerajaan, kerajaan melayang dan kerajaan emas. Untuk memperoleh objek tersebut membutuhkan strategi yang baik.

LINK VIDEO TRIPLE TOWN



REVIEWER

Suastika Yulia Riska
5113201019

Facebook || Riska Suastika


Share this article :

1 komentar :

  1. I'm not sure your method could be improved upon - totally sending this out to the entire department tomorrow as several are planning to use Kuta for all of their worksheets this year
    Play now game apple worm
    freecell123, jelly doods, apple worm

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger