Candy Crush Saga

Senin, 10 Maret 2014





Candy Crush Saga merupakan game yang diproduksi oleh king.com. Permainan santai ini dapat dimainkan di perangkat Android dan iOS maupun lewat jejaring social facebook. Candy crush pertama dirilis untuk dimainkan di facebook pada 12 April 2012 dan mulai dapat dimainkan di perangkat mobile pada 14 november 2012. Sesuai dengan namanya, objek permainan dalam game ini adalah permen (candy) yang beraneka macam dan warna sehingga membuat tampilan dari permainan ini tampak colorful dan interaktif. Permainan ini cukup poluler mengingat saat ini di facebook, jumlah pemain candy crush mencapai 150 juta pemain.


Aturan permainan
            Cara bermain game ini cukup sederhana, yaitu dengan menukar posisi permen (candies) yang bersandingan baik secara horizontal ataupun vertikal sehingga membentuk susunan 3 permen (atau lebih) yang sewarna. Jika dapat mengurutkan 4 atau lebih permen sewarna maka akan menghasilkan adanya permen khas. Permen khas ini memiliki efek khusus, seperti menghancurkan semua permen yang sebaris. Permen khas tersebut diantaranya adalah permen bergaris (Striped Candy), permen berbungkus (wrapped candy), dan bom permen (bomb). Gabungan antar 2 permen khas akan menghasikan combo. Semakin banyak permen yang hancur dalam sekali gerakan maka akan mendapatkan nilai dan bonus tambahan.

            Pada tiap level, pemain akan menghadapi tantangan dan target yang berbeda, misalnya target capaian nilai tertentu, menghilangkan jelly, menurunkan item, serta tantangan adanya penghalang chocolate yang dapat terus berkembang, area permainan yang semakin rumit, dsb. Jumlah level dalam permainan ini mencapai 400 level lebih.

            Tidak hanya cukup dengan score tinggi saja untuk dapat naik level. Pemain dinyatakan menang dan dapat naik level jika score telah mencapai target dan pemain berhasil menyelesaikan tantangan pada level tersebut. Jika salah satu kondisi tidak terpenuhi, maka pemain belum dapat melanjutkan level berikutnya dan nyawa pemain akan berkurang. Secara default, tiap pemain memiliki 5 nyawa. Ketika nyawa habis, maka pemain perlu menunggu selama 30 menit untuk tambahan satu nyawa.

            Selain mode standard, terdapat pula mode permainan malam. Secara umum, aturan permainannya sama, hanya saja, disini pemain perlu berhati hati dalam menghancurkan permen karena permain harus menjaga keseimbangan jumlah dua jenis permen yang hancur.

            Pada dasarnya, game ini gratis/tidak berbayar dan tidak memerlukan koneksi internet untuk memainkannya, namun terdapat fitur tambahan ketika memainkannya secara on-line dan terkoneksi dengan jejaring social facebook. Ketika terkoneksi dengan facebook maka pemain dapat melakuakan request heart live, request ticket untuk naik level dan dapat mengetahui friend list teman facebook yang juga memainkannya beserta progress permainan mereka.


Mengapa game ini baik
Game ini menyenangkan, dapat dimainkan dengan santai untuk mengisi waktu luang, dan tidak membosankan karena tantangan dan target yang berneka ragam di tiap levelnya.


Klasifikasi game

Genre : puzzle, game sosial
Tema : fun, permen
esrb rating : all ages










5113201036 / Khadijah Fahmi Hayati Holle 

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger