Fire Emblem: New Mystery of the Emblem ~Heroes of Light and Shadow~

Senin, 10 Maret 2014

Fire Emblem: New Mystery of the Emblem ~Heroes of Light and Shadow~



Fire Emblem merupakan salah satu game unggulan dari platform Nintendo. Seluruh series dari game Fire Emblem yang berjumlah 14 series diluncurkan untuk platform Nintendo dari tahun 1990 hingga 2013. Game console yang dikeluarkan Nintendo untuk game Fire Emblem, antara lain : NES, SNES, Game Boy Advance, Nintendo Game Cube, Wii, Nintendo DS, dan Nintendo 3DS. 



Salah satu serial terakhir Fire Emblem dalam platform NDS adalah Fire Emblem: New Mystery of the Emblem ~Heroes of Light and Shadow~  , yang merupakan sekuel dari Fire Emblem: Shadow Dragon. Serial ini masih mengandalkan sistem yang sama yaitu permanent death, dengan kata lain, jika salah satu karakter dari pemain mati dalam battle, maka karakter tersebut akan menghilang sampai akhir game, fitur ini jarang ditemukan pada game dengan genre RPG Turn Based Strategy


Aturan dan Skenario Permainan


1.  Game ini menggunakan aturan turn based yang artinya dalam melakukan battle akan dilakukan secara bergiliran setiap kali turn (giliran) antara pemain dengan computer.

2.  Total chapter/level yang harus diselesaikan sejumlah 24 dengan tambahan 6 chapter special jika mampu menyelesaikan dengan kondisi yang ditetapkan.

3.   Pemain menjalankan beberapa karakter dimana jumlah karakter yang digunakan dalam setiap chapter/level berbeda.

4. Setiap chapter/level dapat dikatakan clear (berhasil diselesaikan) jika memenuhi kondisi yang diberikan sebelum chapter/level tersebut dimulai, sebagai contoh : karakter Lord ataupun karakter tertentu tidak boleh mati dalam level tersebut, mengalahkan seluruh musuh, hanya mengalahkan karakter raja dari musuh saja, mengambil alih suatu kerajaan atau tempat tertentu, mampu bertahan dalam beberapa turn, dll.

5.  Setiap karakter memiliki class yang berbeda dengan stat yang berbeda pula. Ketika karakter mencapai level lebih dari 10 maka karakter tersebut dapat melakukan upgrade menjadi kelas yang lebih tinggi dengan menggunakan item tertentu, misal : Lord – Great Lord, Cavalier – Paladin, Priest – Monk, Mage – Sage, Thief – Assassin, Archer – Sniper, Pegasus Knight – Falcon Knight, Knight – General, dll.

6.   Setiap karakter dapat digerakkan menuju posisi yang dituju dengan jumlah langkah tertentu yang ditandai setiap langkah adalah satu kotak.

7. Pemain dapat melakukan perekrutan karakter baru dengan cara : karakter baru bergabung secara otomatis dalam setiap alur cerita, karakter baru dapat bergabung ketika pemain mengunjungi suatu desa dengan karakter tertentu, dapat melakukan perekrutan karakter baru dari karakter musuh dengan melakukan pembicaraan menggunakan karakter tertentu.

8.  Terdapat kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan karakter dengan jenis weapon tertentu atau disebut weapon triangle. Misal : sword – axe – lance – sword (sword mengalahkan axe, axe mengalahkan lance, lance mengalahkan sword), light magic – dark magic – anima magic – light magic, fire – wind – thunder – fire ,selain itu bow mengalahkan unit tipe flying namun bow kalah terhadap tipe melee karena tidak bisa counter attack.

9.   Permanent death, dengan kata lain, jika salah satu karakter dari pemain mati dalam battle, maka karakter tersebut akan menghilang sampai akhir game.

10. Terdapat special relation yang terjadi antar karakter tertentu jika dimainkan dalam chapter/level yang sama yang akan menambah stat dari karakter tersebut.




Alasan Mengapa Game ini Terbaik


1.  Game ini memiliki kemiripan dengan jenis board game yang mengandalkan sebuah pion untuk bergerak dengan langkah tertentu, namun game ini menggunakan karakter permainan dan area yang berbeda dalam tiap levelnya sehingga tidak membosankan, berbeda dengan board game yang area dan karakternya selalu sama.

2.   Perekrutan karakter baru terutama hidden karater memerlukan kejelian dalam mengikuti alur cerita dalam setiap pembicaraan antar karakter, sehingga secara tidak langsung pemain harus mengikuti cerita secara penuh jika tidak ingin meninggalkan hidden karakter tersebut.

3.   Penyusunan strategi yang tepat agar karakter yang digunakan tidak mati, hal ini karena adanya sistem permanent death yang jarang ada dalam game bergenre turn based strategy.



Screenshoot Game

 
 
 

 
  

Video Trailer


Klasifikasi Game


Rating   : CERO – A (Japanese Rating) untuk semua umur

Genre   : RPG, Turn Based Strategy

Tema    : Fantasy



Fahrur Youichi

Create your badge

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger