Don't Starve Review

Minggu, 23 September 2018




Judul               : Don’t Starve
Tanggal rilis    : 23 April 2013
Genre              : Survival
Tema               : Horror, Fantasy, Adventure, Action
Platform          : PlayStation 4, Android, Nintendo Switch, iOS, lainnya.
Developer       : Klei Entertainment
Publisher        : 505 Games
Official Site    : http://www.dontstarvegame.com

Deskripsi

Don’t Starve adalah game petualangan yang Open World. Kita sebagai seseorang yang terdampar di sebuah pulau yang aneh. Banyak sekali mahluk-mahluk unik dan menyeramkan di pulau itu. Semua kegiatan yang kita lakukan, akan menciptakan event-event yang unik. Contoh, apabila kita menebang pohon secara terus menerus tanpa menanam bijinya maka suatu saat aka ada monster pohon raksasa yang marah dan mengejar pemain selamanya sampai pemain menanam 1 pohon.

Pemain dituntut untuk bertahan hidup di pulau tersebut sampai ajal menjemput. Pemain dapat memanfaatkan segala sumber daya yang ada untuk sandang, pangan dan papan. Sandang dapat diperoleh dari dedaunan dan bulu hewan. Pangan dapat diperoleh dari buah-buahan dan daging hewan. Untuk papan, pemain dapat memanfaatkan bebatuan, kayu, dll.
Berikut cara bermain Don’t Starve :


Sebelum memulai bertahan hidup pemain harus memilih karakter terlebih dahulu. Tiap karakter memiliki kemampuan unik. Contoh karakter robot tidak perlu makan untuk bertahan hidup, namun akan rusak bila terkena air terus menerus. Karakter perempuan berambut pirang memiliki saudara gaib yang menemaninya setelah dia mati. Karakter wanita berkacamata memiliki pengetahuan yang sangat banyak sehingga dapat dengan mudah membuat sebuah alat untuk bertahan hidup, dan lain sebagainya.
Dalam bermain Don’t Starve terdapat beberapa komponen, yaitu :

Bar Pengetahuan :
Bar ini terletak di bagian kiri. Di dalamnya terdapat resep-resep alat yang digunakan untuk bertahan hidup. Tidak semua alat dapat dibuat, tergantung pengetahuan dari pemain yang terus berkembang. Biasanya untuk menambah pengetahuan, pemain harus membangun science machine.

Bar Inventory :
Bar ini berisi benda-benda yang kita dapatkan di alam. Benda tersebut dapat berupa makanan dan alat-alat. Letaknya ada pada bagian bawah layar. Pemain tidak dapat menyimpan benda melebihi kapasitas yang ada. Untuk makanan, apabila tidak dimakan dalam waktu yang lama akan membusuk.

Bar Status :
Bar ini berisi status dari pemain. Statu tersebut antara lain, tingkat kelaparan (dilambangkan lambung), nyawa (dilambangkan hati) dan tingkat stress (dilambangkan otak).
  • Lambung.

Lambung menandakan tingkat kelaparan pemain. Untuk menguranginya pemain tentu saja harus makan.
  • Hati.

Hati menandakan nyawa kita. Apabila nyawa kita habis, berarti permainan selesai. Untuk menghidari hal tersebut, hindari aktivitas yang membahayakan. Misal bertarung dengan hewan liar, bermain dengan api dan lain-lain.
  • Otak.

Otak menandakan tingkat stress pemain. Dalam bertahan hidup di dunia yang menyeramkan, pemain tentunya akan merasa stress. Apabila tingkat stress sangat tinggi, biasanya akan muncul halusinasi bayang-bayangan yang meyeramkan dan pandangan yang semakin gelap. Jika terlalu sering bertemu halusinasi dan tidak segera diselesaikan, maka halusinasi tersebut dapat menyerang pemain dan game over. Untuk menghindari hal tersebut, pemain dapat memanen bunga, makan bunga dan menggunakan topi bunga.

Bar Waktu :
Terletak di pojok kanan atas. Bar ini menunjukkan lama bertahan hidup pemain. Selain itu, bar ini juga menunjukkan pembagian waktu pagi, sore dan malam. Apabila waktu berada di area malam, pemain diwajibkan membuat penerangan. Hal ini dilakukan sebagai penerangan dan menghindari serangan hewan buas di malam hari.

Theory of Fun :
  • Achiever : Ketika berhasil bertahan hidup dengan waktu yang lama 30 – 40 hari
  • Explorer : Map yang sangat luas dan terdapat hal unik yang berbeda di setiap tempat
  • Killer : Membunuh monster-monster yang ada.


Hal yang membuat menarik dari game ini adalah :
  • Dunia yang sangat luas. Hal ini membuat saya ingin mengeksplore seluruhnya untuk menemukan hal-hal unik dan baru.
  • Setiap beberapa hari tertentu, terdapat event-event unik yang tidak terduga. Misal kemunculan babi hutan ganas, musim salju, muncul monster raksasa dan lain-lain.
  • Keinginan untuk bertahan hidup lebih lama, dan mempelajari kesalahan dari kematian sebelumnya.

Aditya Dwicahyo – 05111540000087
https://www.facebook.com/AdityaDwicahyo21
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger