Review Game Final Fantasy IX

Minggu, 23 September 2018


Review Game Final Fantasy IX
Related image

Final Fantasy IX adalah seri installment ke 9 dari Final Fantasy Series. Dirilis tahun 2000 di konsol Playstation (PS 1), merupakan salah satu game RPG terbaik sepanjang sejarah. Perlu diketahui juga, Final Fantasy adalah game RPG terbaik dari dulu hingga sekarang, bahkan dari tahun 1996 – 2018 sekarang hingga seri ke XV atau 15, Final Fantasy masih menduduki sebagai game RPG terbaik.

Final Fantasy ialah game RPG pertama yang menggunakan cut scene apik dan keren di setiap eventnya. Sehingga tidak pemain tidak hanya memainkan game, tetapi juga disuguhkan film / cut scene yang apik dari event event di gamenya.

Final Fantasy IX (PlayStation, PC, iOS, Android, PS4)
Pengembang: SquareSoft ( Sekarang Square Enix )
rilis: 7 Juli 2000 (JP PlayStation), 13 November 2000 (NA PlayStation), 16 Februari 2001 (EU PlayStation ), 10 Februari 2016 (iOS, Android), 14 April, 2016 (PC), September 19, 2017 (PS4)
.

Genre : RPG (Role Playing Game)

Tema : Fantasy dan Steampunk.

Gameplay :

-          Android : https://www.youtube.com/watch?v=AnWK10rqzTM



-          Playstation : https://www.youtube.com/watch?v=UUXCy-j3nVw



Trailer



Rating : Teen - ESRB                                    

Storyline

Cerita dimulai pada Benua Mist di Kerajaan Alexandria. Zidane, anggota dari kelompok dan teater nakal rombongan yang disebut Tantalus, sedang mengulas rencana kelompok untuk menangkap Putri Garnet Til Alexandros XVII dari festival yang akan dating di Kerajaan Alexandria.


Gameplay

Final Fantasy IX merupakan seri yang  lebih story driven, atau lebih cenderung fokus ke ceritanya. Switching  / pertukaran antar 2 party terpisah sehingga memiliki 2 sudut padang cerita. Final Fantasy IX juga di program dengan unik sehingga pemain bisamengerti perihal karakternya dengan baik, baik dari segi kemampuan, latar belakang, dan watak. Sistem yang juga memilih sendiri karakter dalam party, sehingga bisa menyesuaikan sesuai gameplay pemain atau keinginan pemain, juga menjadikan gamelebih menarik. Karena pasti tipe dan gaya bertarung pemain pastilah berbeda beda

Image result for final fantasy ix cutscene
Final Fantasy IX Cut Scene

Selain focus ke cerita dan emosi yang benar benar membuat pemain terbawa ke game nya, sistim pertarungan, mini quest, quest, dan event lainnya pun menarik.

Image result for final fantasy ix mini game

Card game mini quest
Image result for final fantasy ix chocobo

Chocobo game mini quest
Musik dan soundtrack dari final fantasy juga merupakan lagu lagu dan music yang berkelas. Bahkan dinyanyyikan oleh penyanyi penyanyi berkelas dunia dan diisi oleh penyanyi kelas dunia pula. Final Fantasy IX memiliki composer music  dan produser yang melegendaris yakni Nobuo Uematsu.
Image result for final fantasy ix soundtrack

Selain itu, artwork yang dihadirkan juga tak kalah menarik. Yoshitaka Amano kembali dipercaya menjadi perancang karakter, dan ilustrator untuk FF IX. Tak heran, desain karakter FF IX serta rancangan environment gim ini terkesan begitu impresif dan artistic

Related image
Related image

Battle System

Gameplay FF IX juga dibuat lebih seimbang dari game game pendahulunya. Setiap karakter yang bergabung ke party memiliki kelas karakter dan skill unik masing masing.

Kita bisa mengekspan karakter kita dengan memakai equipment item, sehingga meningkatkan status karakter (atribut). Karakter berbeda dapat menggunakan kemampuan berbeda dari item yang sama, bahkan kadang kadang item juga bisa tidak memberikan kemampuan apa apa. Memenangan pertarungan akan memberikan experience points yang dibutuhkan karakter kita untuk dapat level up
Related image
Image result for final fantasy ix equip system

Object Equipment System

Untuk battle system nya, pada seri Final Fantasy IX ini menganut system Turn based Active Time Battle (ATB). Setiap  karakter di party kita yang berjumlah 4 orang ini bisa melakukan action / serangan ketika ATB gauge nya penuh, dan gauge ini terisi secara otomatis. Sehingga miripmirip dengan realtime battle , jika pemain terlalu lama memilih tactic atau skill, bisa bisa dia kehilangan 1 atau 2 serangan atau bahkan dia sudah diserang duluan oleh musuh. Alternatifnya, dia bisa memilih wait mode,  dimana ketika gauge sudah terisi penuh, action karakter lain dan musuh akan menunggu action saat ini.

Dibawah ATB gauge juga ada trance gauge, yang dimana ketika penuh karakter kita akan memasuki mode Trance dimana karakter kita akan tampak menyala dan mendapatkan ability boost atau tambahan kemampuan special.

Related image

Related image
Image result for final fantasy ix battle



Final Fantasy IX Turn Based System Active Time Battle

Dan summon abilities / kemampuan pemanggilan yang sangat identic dengan Final Fantasy juga masih dihadirkan dalam seri kali ini.
Related image
Related image

Summon Monster bernama Eidolon



Genre dan Tema

Seperti layaknya game RPG lain, disini kita akan memerankan tokoh buatan dan menjalani serangkaian cerita dari tokoh tersebut. Mengusung tema fantasy dan steampunk, FF IX hadir di era dimana keseluruhannya memanfaatkan teknologi uap / steam.

Untuk memangkan game ini, player harus bermain sebagai pemeran utama yakni Zidane dan Garnett, mengalahkan musuh musuh yang ada dengan catatan level yang dicapai dan set items yang dimiliki player telah cukup dan mampu untu mengalahkan musuh musuh yang ada.



Intinya, poin bagus dari game ini ialah :

1.      Storyline

2.      Cutscene yang apik

3.      Gameplay yang hamper realtime dan system battle yang unik

4.      Music yang mendukug storyline sehingga membuat hati dan suasana gamer menjadi seakan akan terbawa jauh ke dalam game

5.      Artwork yang keren




Achiever
Untuk sisi achiever disini ialah dengan naiknya level karakter setelah experience points yang ddibutuhkan tercapai. Dengan naiknya experience points dan levelup, maka atribut karakter juga akan meningkat dan membuat karakter semakin kuat. Terdapat pula achievement yang akan diperoleh ketika berhasil menyelesaikan quest atau side quest tertentu, dimana karakter bisa mendapatkan item equipment atau bonus tambahan atribut.




Explorer

sisi explorer pada permainan ini terdapat pada setiap map.  Karena game ini mengusung tema semacam openworld, dimana karakter bebas mengeksplorasi setiap lokasi pada map untuk menemukan kota baru atau lokasi tersembunyi.


Killer

dari awal hingga akhir permainan ini yang harus dilakukan agar bisa bertahan sampai ke akhir dan menyelesaikan cerita dan misi. Karena kebanyakan pada misi diharuskan mengalahkan karakter tertentu terlebih dahulu sebelum bisa melanjutkan cerita atau mendapatkan item yang dibutuhkan dalam misi.

Juga untuk mendapatkan experience points dan levelup, diaruskan mengalahkan sejumlah musuh yang ada di dalam map atau ditempattempattertentu.


Oleh :
Rizaldy Primanta Putra
5115100046
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger