Watch Dogs 2 Review

Minggu, 23 September 2018










Seri : Watch Dogs

Penerbit : Ubisoft

Platform : PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows

Genre : Action-adventure

Rating : Mature

Rilis awal : 15 November 2018 (PlayStation 4, Xbox One)

Pengembang : Ubisoft Montreal

Website resmi : https://www.ubisoft.com/en-us/game/watch-dogs-2/

Watch Dogs 2 adalah video game dengan genre Action-adventure yang dikembangkan oleh ubisoft montreal dan di terbitkan oleh ubisoft. Dengan latar belakang versi fiktif dari daerah San Francisco bay area yang terdiri dari 4 daerah : San Francisco, Oakland, Marin, dan Silicon Valley. game ini dimainkan dengan sudut pandang orang ketiga dan sifat nya yang open world dapat dijelajahi dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan.


Plot/Story

Watch Dogs 2 berusaha menghadirkan konsep yang lebih relevan terkait fitur utama game ini sendiri – hacking. Kebebasan informasi, privasi, hingga konspirasi antara perusahaan-perusahaan di Silicon Valley jadi tema utama.

Fokus utama cerita di Watch Dogs 2 berpusat pada sistem operasi yang kini sudah banyak diadopsi di San Francisco – ctOS 2.0. Pemain berperan sebagai Marcus Holloway aka Retr0, seorang hacker cerdas yang sempat dihukum untuk kejahatan yang tak ia lakukan karena sistem operasi yang satu ini. Bekerja sama dengan kelompok hacker yang juga terdiri dari anak muda yang lain – Wrench, Sitara, Horation, dan Josh yang masing-masing punya peran dan kelebihan mereka masing-masing ini, Marcus memperluas misi hidupnya. Dari awal yang sekedar hendak menghapus catatan kriminalnya dari server ctOS 2.0 itu sendiri menjadi menundukkan dan merobohkan Blume, perusahaan yang berada di balik sistem operasi tersebut.

Sebuah langkah revolusioner mereka anggap memang dibutuhkan. Mengapa? Karena sang Chief Technology Officer perusahaan Blume, Dusan Nemic, sepertinya menggunakan jaringan informasi yang terhimpun tersebut untuk beragam aktivitas kriminal dan tak etis. Memanipuiasi informasi, korupsi, kolusi, bahkan mempengaruhi ragam kekuatan ekonomi yang ada jadi salah satu skema pengaruh yang bisa dilakukan oleh Dusan ini. Selain mulai membongkar beragam operasi ilegal ini satu per satu, Marcus dan DedSec pun berusaha menggaet lebih banyak follower dengan ragam aksi simpatik. Lantas, apakah misi Marcus dan DedSec ini akan berhasil? Tantangan seperti apa saja yang harus mereka hadapi?  Sejahat apa pula Dusan sebagai tokoh antagonis di sini?




Marcus Holloway, Karakter Utama dari Watch Dogs 2


Gameplay

Karena game ini merupakan game berjenis open world, maka pemain diberikan kebebasan untuk menjelajah. Apakah pemain ingin menjelajahi kota, membeli baju, mengendarai mobil, menjalankan misi utama, sampai melakukan hacking. Karena konsep dari open world sendiri itu adalah pemain yang mendatangi misi, bukan misi yang mendatangi pemain, maka pemain juga diberikan kebebasan dalam menentukan misi mana yang akan dijalani. Bahkan terdapat juga misi sampingan yang bisa dilakukan bila nanti nya misi utama telah selesai dijalankan semua.



Dalam cerita, marcus dikisahkan sebagai hacker muda yang sangat handal. Karena kehandalan nya tersebut, membuat marcus bisa melakukan hacking nyaris ke semua objek-objek yang ada di sekitar nya. Mulai dari menyadap smartphone orang, mematikan atau mengubah lampu lalu lintas, menyadap CCTV, mencuri uang dari rekening orang, sampai menggerakkan mobil yang diam. Dan dalam melakukan hacking, marcus dapat melakukan nya dimana saja. Di pinggir jalan, sampai di dalam mobil. Marcus juga menguasai seni bela diri dan menggunakan senjata sehingga pemain dapat memanfaatkan skill marcus tersebut untuk melumpuhkan musuh bila teknik hacking tidak bisa dipakai untuk melumpuhkan musuh atau mempertahankan diri.


Pemain dapat mencuri uang dari rekening orang dengan teknik hacking. Masih banyak hal yang dapat dilakukan dengan teknik hacking.

 
Pemain juga dapat membuat laporan palsu kepada polisi yang menyasar kepada siapapun yang diinginkan dengan teknik hacking


Dalam menjalankan misi nya, marcus memiliki 2 drone yang bisa dikendalikan dari jarak jauh dan memiliki kemampuan hacking juga. Kedua drone tersebut adalah quadcopter, yang dapat terbang tinggi  dan jumper, yang berbentuk seperti kendaraan kecil. Kedua drone ini sangat membantu dalam menyelesaikan misi. Bahkan ada beberapa misi yang terasa sangat sulit bila tidak menggunakan quadcopter dan jumper. 


Quadcopter yang bisa terbang tinggi


Jumper yang bisa melompat tinggi


Tidak hanya melulu hacking, terdapat pula side mission seperti e-kart race dengan berbagai macam bentuk circuit yang tersebar di beberapa spot, dan balapan kapal layar yang sangat bergantung kepada arah tiup angin. bila sukses menjuarai salah satu side mission ini, pemain akan mendapatkan uang sebagai hadiah Utama serta kepopuleran pemain akan bertambah di kota San Francisco.







Mengapa Game Terbaik?

1.     Alur Cerita yang menarik dan tidak membosankan

Bila dibandingkan dengan seri pertama, watch dogs 2 memiliki alur cerita yang lebih menyenangkan. Tidak seperti seri pertama yang sangat menonjolkan emosi kekeluargaan pada nyaris keseluruhan misi. Sehingga yang saya rasakan ketika bermain seri pertama adalah lebih ke emosi kekeluargaan tersebut daripada gameplay dari seri pertama. Hal ini berbeda dari seri kedua dari watch dogs, dimana saya benar-benar merasakan seru nya menjadi seorang hacker yang menumpaskan kejahatan dan membongkar konspirasi

2.     Keseluruhan game sangat mendekati dunia nyata

Menurut saya, Watch Dogs 2 adalah game yang paling mendekati dunia nyata, dari semua game open world yang pernah saya mainkan. Grafik yang luar biasa, peta yang cukup luas dan walaupun virtual, tapi ubisoft selaku pengembang membuat nya semirip mungkin dengan dunia nyata. sampai jembatan golden gate yang terdapat di game menurut saya sangat mirip dengan versi asli nya. Pergantian cuaca dan waktu juga terjadi dengan sangat realistis. Dari siang menjadi malam, ataupun dari cerah menjadi hujan. AI pada game ini juga sangat baik dimana mereka bisa merespon segala keadaan seperti di dunia nyata.

3.     Memiliki gameplay yang seru

Selain membuat alur cerita dan grafik yang bagus, ubisoft juga membuat gameplay yang seru dan pastinya membuat pemain betah untuk main. Beragam misi yang disediakan, bahkan ada juga misi sampingan yang jumlahnya sangat banyak. Kebanyakan game open world yang saya mainkan, tingkat keseruan nya akan jauh berkurang ketika misi utama nya telah selesai. Namun hal ini tidak saya rasakan di watch dogs 2. Hal ini terjadi karena memang masih sangat banyak hal yang dilakukan diluar dari misi utama tersebut. Terdapat juga mode multiplayer dimana pemain dapat bermain dengan pemain lain yang sedang online. Pemain juga dapat memanjakan diri seperti membeli baju, membeli kendaraan dan juga makanan layaknya hidup pada dunia nyata. 

Fun Factor :

1.     Achiever : setiap selesai menyelesaikan misi, maka akan mendapatkan research point yang berguna untuk membuka keahlian lain dari si karakter Utama.

2.     Explorer : karena ini adalah game open world, maka tentu saja disediakan map yang sangat luas dan bahkan mendekati asli nya yang tentu saja bisa di jelajahi oleh pemain.

3.     Socializer : pemain dapat berinteraksi dengan banyak sekali objek.

4.     Killer : pemain dapat menjadi orang jahat dengan membunuh dan menyerang warga sipil. 



Trailer :


Wahyu Ivan Satyagraha - 5115100155
https://web.facebook.com/wahyu.satyagraha
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger