Minggu, 23 September 2018

Review Game Clash Royale

oleh: Asadul Haq Muhammad Shani (05111540000051)



Judul: Clash Royale
Developer: Supercell
Genre: Real Time Strategy, MOBA, Trading Card Game
Tema: Kerajaan
Platform: Android dan iOS 
Website: clashroyale.com
Link download: Android | iOS
Score: 4,6 / 5 (Google Play Store) | 4,7 / 5 (App Store)
Kelompok usia: 14+



Video gameplay: 






1. Gameplay

    Clash Royale adalah sebuah game PvP, dimana player bermain satu lawan satu dengan orang lain secara online. Dalam permainan player ditempatkan dalam sebuah arena, dalam arena tersebut terdapat 1 King Tower dan 2 Princess Tower. Inti permainan adalah untuk menghancurkan tower lawan. Untuk setiap Princess Tower yang hancur player akan mendapatkan 1 poin, dan jika berhasil menghancurkan King Tower maka player otomatis keluar sebagai pemenang. Waktu permainan adalah 3 menit, jika dalam waktu 3 menit poin dari kedua player sama maka akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Dalam masa perpanjangan waktu, player manapun yang berhasil menghancurkan salah satu tower terlebih dahulu akan menjadi pemenang. Player yang memenangkan battle akan mendapatkan gold dan chest.

    Cara menghancurkan tower lawan adalah dengan menggunakan kartu yang player miliki. Dalam battle terdapat elixir gauge yang akan terisi seiring waktu. Setiap kartu memiliki elixir cost yang harus dibayarkan setiap player mengeluarkan kartu tersebut.
Terdapat beberapa mode pemainan yaitu 1 vs 1, 2 vs 2, friendly battle, event battle, training, challenge, tournament, dan clan war.

Game ini tidak memiliki story. Terdapat beberapa arena yang berbeda namun cara mainnya tetap sama.

                                  



2. Kartu

     Dalam game ini player dapat mengumpulkan kartu yang akan digunakan dalam battle. Saat ini total terdapat 87 kartu dan jumlahnya terus bertambah. Kartu bisa didapatkan dari chest maupun store.

    Jumlah kartu yang bisa dibawa ke dalam battle hanya berjumlah 8 buah. Player harus pandai-pandai memilih kombinasi kartu sehingga dapat menciptakan deck yang bersinergi. Terdapat 4 kategori kartu berdasarkan tingkat kelangkaannya yaitu: Common, Rare, Epic, dan Legendary.







3. Clan

    Player dapat memilih untuk membuat clan ataupun bergabung dengan clan yang sudah ada. Jumlah anggota setiap clan dibatasi sebanyak 50 player. Di dalam clan player bisa berkomunikasi melalui pesan tulisan. Player juga dapat meminta sumbangan kartu dari clanmates. Saat ini ada fitur baru bernama Clan War, dalam fitur ini 5 clan akan dimasukkan ke dalam satu kelompok dan saling bertarung.







4. Trophy
     Trophy didapatkan dengan cara memenangkan battle. Rata-rata saat memenangkan battle player akan mendapatkan 24-30 trophy, sebaliknya jika kalah maka trophy akan berkurang dengan kisaran yang sama. Penambahan dan pengurangan trophy hanya terjadi saat memainkan battle 1 vs 1, dan tidak berlaku pada mode lainnya.

    Jumlah trophy menentukan arena tempat player melakukan battle. Jika jumlah trophy sudah mencapai 4000 maka player akan masuk ke dalam League. Tingkatan dalam League juga tergantung pada jumlah trophy.








5. Fun factors:



  • Achiever: Player akan mendapat kepuasan saat berhasil mencapai tingkatan arena dan league yang tinggi, juga saat mereka berhasil mendapatkan kartu dengan tingkat kelangkaan legendary.
  • Socializer: Dalam game ini player dapat berinteraksi dengan orang lain yaitu anggota clan dan teman. Interaksi dapat berupa saling mendonasikan kartu, trading kartu, berkirim pesan, melakukan friendly battle, dan bergabung dalam satu tim untuk melakukan battle.
  • Killer: Ada kalanya saat memainkan game ini player mengalami lose streak  yang membuat emosi meningkat, dan saat player berhasi mengakhiri lose streak tersebut maka akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Sama halnya ketika player berhasil mengalahkan lawan yang menghinanya di saat battle.
6. Alasan game ini terbaik menurut saya
     
     Battle dalam game ini sangat seru dan setiap battlenya tidak membutuhkan waktu yang lama, rata-ratanya sekitar 3 menit, sehingga dapat dimainkan di sela-sela kesibukan. Hal tersebut juga didukung dengan penggunaan platform mobile. Untuk memenangkan battle dalam game ini diperlukan ketepatan, ingatan, dan strategi yang baik sehingga player akan selalu terpacu untuk meningkatkan kemampuannya yang mana membuat game ini tidak membosankan.

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger