Persona 3 FES

Minggu, 23 September 2018



Persona 3 FES adalah sebuah masterpiece game PS2 yang dikembangkan ATLUS dengan genre JRPG (Japan Role-Playing Game) pada masanya. Merupakan seri ke-4 dari sequel Persona dan dapat dibilang revisi dari game Persona 3 yang dirilis satu tahun sebelumnya, game ini dirilis pada akhir Agustus 2007 dan merupakan hak milik dari seri Megami Tensei.

Berbeda dari seri sebelumnya, Persona 3 yang hanya memiliki satu alur cerita (skenario) yang dapat dimainkan, Persona 3 FES terbagi menjadi dua skenario yaitu: The Journey dan The Answer.

Story dan Skenario

The Journey adalah alur cerita dari Persona 3 yang menceritakan sebuah fenomena Dark Hour, dimana pada waktu ini semua manusia biasa akan berubah menjadi peti mati dan makhluk yang disebut “Shadow” berkeliaran di dalam sebuah menara raksasa “Tartarus”. Beberapa murid SMA yang tidak berubah menjadi peti mati, diantaranya dapat bertarung melawan Shadow dengan menggunakan manifestasi diri mereka yang disebut “Persona”. 
Kemudian akhir cerita dari The Journey dilanjutkan pada The Answer, yaitu skenario baru yang disuguhkan pada game. The Answer sendiri menceritakan sebab terjadinya fenomena Dark Hour yang terjadi pada The Journey, dan usaha untuk menghentikan Dark Hour yang masih terus terjadi.

Untuk sebuah game bergenre RPG, Persona 3 FES dapat dibilang cukup unik karena menggabungkan genre Social Simulation dan Battle Strategy yang berkaitan erat dengan genre utamanya. Genre Social Simulation pada game ini dapat dilihat ketika pemain menjalani kehidupan normal sebagai seorang murid SMA yang harus memikirkan akademik, ujian sekolah dan hubungan dengan orang di sekitarnya. Lalu untuk Battle Strategy nya merupakan Battle Mechanic yang menggunakan Turn-Based Strategy dimana pertarungan dengan musuh dilakukan secara bergiliran. 

Namun mechanic lain yang membuat game ini berbeda dan unik dari game RPG yang ada secara umum adalah fitur “Social Link” yang menghubungkan hubungan sosial pemain dengan kekuatan yang dapat diperoleh ketika bertarung dan menjelajahi dungeon. Kekuatan yang diperoleh ini diwujudkan dalam 170 karakter fiksi “Persona” yang memungkinkan pemain dapat melakukan banyak sekali kombinasi dari Persona yang ada.



Aturan Main
- Pemain hanya dapat menjelajahi dungeon (Tartarus) ketika malam hari.
- Pemain hanya dapat memiliki sejumlah persona tertentu dalam satu waktu sesuai dengan level pemain.
- Beberapa persona baru bisa dibuat ketika hubungan sosial pemain terhadap seseorang sudah mencapai maksimal. (Hubungan antara fitur social link dengan fitur battle).
- Untuk tingkat kesulitan mudah, pemain memiliki 10 kesempatan untuk game over dalam satu timeline game. Namun untuk kesulitan sedang dan diatasnya, pemain hanya memiliki 1 kesempatan untuk game over.
- Bentuk ruang pada tiap lantai dalam dungeon dihasilkan secara acak. Semisal pada satu hari pemain menjelajahi lantai 2 dengan bentuk A, maka pada hari yang lain pemain menjelajahi lantai yang sama, bentuknya bisa berubah bukan A lagi.
- Beberapa musuh (Shadow) memiliki skill yang sama dengan persona yang dimiliki oleh pemain.
- Boss Musuh akan datang tiap bulan purnama pada game.
- Setiap pemain dapat mengalahkan boss musuh, lantai baru akan bisa diakses dalam dungeon.

Selanjutnya penulis akan membahas review secara mendetail untuk tiap-tiap bagian dari game Persona 3 FES sendiri.
  • Alur Cerita (9.5/10)
Karena menggabungkan dua dunia berbeda yaitu kehidupan SMA normal dan pertarungan surealis dalam sebuah dungeon menjadi satu alur cerita berwujud game bukanlah suatu hal yang mudah. Namun Yuichiro Tanaka (Writer) dan Katsura Hashino (Director & Producer) berhasil menggabungkan dua dunia tersebut dan masih menyuguhkan alur cerita yang menarik dan tidak berat sebelah. Namun karena fitur-fitur yang disediakan ketika pemain menjalani kehidupan sebagai murid SMA normal tidak full-access pada lingkungannya, membuat saya harus memberikan rating 9.5
  • Mekanik Game (9/10)
Dari sekian game RPG yang pernah saya mainkan, mungkin hanya game ini yang mendapat rating setinggi ini (selain game Final Fantasy Tactics) karena tidak hanya menyuguhkan game mekanik berupa Turn-Based Strategy Battle, tetapi juga memadukan hubungan sosial dari pemain yang dibangun ketika pemain menjalani kehidupan murid SMA ke dalam fitur Social Link, yang mana dapat mempermudah dengan membantu menaikkan level Persona sampai level tertentu. Sehingga dalam bermain, pemain tidak dibuat hanya fokus pada genre Battle Strategy nya, namun pemain juga harus fokus pada fitur Social Link untuk meningkatkan kemungkinan hidup ketika menjelajahi dungeon. Kemudian ada fitur quest layaknya game RPG secara umum. Jadi menurut saya pribadi, mekanik game ini cukup kompleks dan benar-benar unik sehingga pantas mendapat nilai 9. 

Hanya saja, ada beberapa skill yang dapat membuat lawan atau karakter langsung mati (sudden death) pada game dengan menggunakan prosentase tertentu, sehingga pemain bisa saja langsung mendapatkan Game Over jika kurang beruntung terkena skill tersebut. 

Selain itu fitur pembagian experience points (exp) pada game juga agak aneh, dimana perolehan exp ketika melawan musuh sendirian dengan melawan musuh berkelompok tidak ada bedanya. Sehingga progress leveling pada game menjadi lambat.

  • Soundtrack & Music (10/10)
Tidak ada kecacatan untuk setiap soundtrack dan music theme yang digunakan dalam game ini. Shoji Meguro (Composer) benar-benar sudah merencanakan dengan matang jenis music yang akan dijadikan tema untuk setiap scene nya. Saya pribadi sangat menikmati game ini 40% karena tema musiknya yang cocok, baik saat pertarungan ataupun event. Apalagi tema musik pertarungan yang berubah ketika melawan Boss tertentu atau saat event tertentu benar-benar masih enak untuk didengar.

Theory of Fun
  1. Achiever, Ketika pemain berhasil menyelesaikan quest yang ada, pemberi quest akan memberikan reward (hadiah) tergantung quest yang dilakukan. Pemain dapat mengoleksi sampai 170 persona yang ada. Ada beberapa persona yang hanya dapat dimiliki setelah melakukan quest tertentu, atau telah memaksimalkan social link tertentu. Alur cerita yang dapat dinikmati semua kalangan diatas umur 13 tahun diiringi oleh soundtrack dari Shoji Meguro yang benar-benar menyatu dengan cerita.
  2. Explorer, Ketika pemain mengeksplorasi Tartarus, pemain tidak akan bosan dengan map Tartarus yang dinamis dan selalu berubah-ubah tiap pemain berpindah lantai didalamnya. Kemudian selalu ada boss pada tiap waktu tertentu yang mana pemain harus mengalahkan boss tersebut untuk bisa membuka fitur lain dalam Tartarus. Selain itu, pemain juga dapat melakukan kombinasi skill antara dua persona. Lalu yang paling menantang adalah strategi pemain dalam membagi waktu antara membangun social link atau pergi bertarung di Tartarus.




Mengapa harus Persona 3 FES ?
Beberapa alasan mengapa Persona 3 FES adalah game terbaik menurut penulis adalah :
  1. Sebagai penikmat game dengan genre RPG dan strategy, penulis sangat menyarankan untuk memainkan game ini.
  2. Game ini juga memberikan sebuah cerita yang akan membuat pemain penasaran seiring mereka mendekati akhir cerita.
  3. Sebuah game genre RPG, Strategy, Social Simulation dengan alur cerita yang menarik. Kemudian ditambahkan dengan paduan background music dan soundtrack yang menyatu dengan setiap situasi dan kondisi yang ada dalam game. Penulis tidak dapat menemukan suatu kekurangan yang umum bahkan fatal dalam game ini, dan penulis tidak memiliki pilihan selain harus menyelesaikan game ini lebih dari satu kali hanya untuk membuat koleksi Persona Compendium lengkap 100%.
Official Site Persona 3 FES : https://www.atlus.com/persona3/


Ditulis oleh,
Nama: Yoga Samudra
NRP : 05111540000080
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger