Injustice 2

Jumat, 28 September 2018


Klasifikasi
Series                : Injustice
Publisher           : Warner Bros. Interactive Entertainment
Developers        : NetherRealm Studios
Genre                : Fighting
Modes               : Single-player, Multiplayer
Platform            : Android, iOS, PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows
Release              : November 14, 2017
Engine               : Unreal Engine 3
Trailer                : Injustice Trailer

Gameplay
Injustice 2 merupakan game dengan genre fighting, dimana pemain akan bertarung satu lawan satu dengan menggunakan karakter dari DC Universe. Dengan menggunakan kombinasi tombol, pemain dapat melakukan serangan dasar, gerakan khusus, hingga combo untuk mengalahkan dan melumpuhkan pemain lawan. Gameplay Injustice 2 basisnya masih sama dengan seri Injustice : God Among Us (seri Injustice pertama), termasuk lingkungan, interaksi, stage transitions, bentrokan, hingga pemilihan karakter. Yang membedakan adalah pada Injustice 2 karakter yang lebih luas (bahkan mengambil dari luar DC Universe),  alur cerita yang solis, menggugah, dan sinematik, desain karakter dan animasi serangan yang keren, ekspresi wajah yang terkesan real serta sistem gear yang unik.

Injustice 2, menyediakan sistem buff atau kemampuan sementara untuk melengkapi gaya bermain masing-masing karakter. Tersedia pula super meter yang memungkinkan pemain untuk melakukan “super moves” yang sangat kuat ketika terisi penuh. Pemian dapat menggunakan ‘meter’ ini untuk melakukan banyak teknik, seperti roll ke depan untuk kabur, melakukan air recovery, ataupun melarikan diri dari serangan kombo lawan. Jika pada seri pertama, banyak serangan yang tidak bisa dihindari, pada Injustice 2 ini, serangan tersebut dapat diblokir ataupun dihindari. Namun, serangan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, seperti melempat mobil tetap tidak dapat diblokir.

Injustice 2 juga memperkenalkan loot-droping system, atau dikenal dengan “Gear System”, dimana terdapat potongan kostum khusus untuk semua karakter dan peralatan dengan efek perubahan status. Gear system ini menggunakan mekanisme seperti game RPG, digunakan untuk memberikan penghargaan kepada pemain yang berhasil menang di setiap pertandingan. Setiap karakter yang dimainka, diberi 4 statistik dasar: kekuatan, pertahanan, kesehatan, dan kemampuan (yang berdampak pada serangan khusus). Pada Injustice 2 pemain juga dapat membeli “Source Crystals” menggunakan uang dunia nyata untuk membeli tambahan perlengkapan karakter mereka, seperti baju premium, senjata, dan lain sebagainya tanpa harus menunggu lama. Namun, pihak NetherRealm mengklarifikasi bahwa pembelian “Sorce Crystals” tidak menawarkan banyak keuntungan terkait Gameplay.


Terdapat beberapa mode pada game ini, antara lain campaign, online, arcade, serta “Multiverse”. Dengan keunggulan masing-masing, paling menarik adalah mode “Multiverse”, dimana pemain akan melakukan perjalanan ke dunia parallel di dalam DC Universe untuk melakukan pertempuran melawan lawan dengan berbagai rintangan, ketentuan, serta tujuan. Para pemain juga dapat membentuk “guilds” yang berisi hingga 50 pemain, untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan misi harian ataupun mingguan dan mendapatkan lebih banyak gear, serta menaikkan peringkat pada leaderboards.


Game Mode
1.       Campaign
Pada mode ini, pemain disuguhkan cerita dari masing-masing karakter secara sinematik. Tiap karakter mempunyai carita yang berbeda-beda. 

2.       Online
Pemain dapat bermain dengan pemain lain secara online di mode ini.

3.       Arcade
Dalam Arcade, pemain akan memilih satu karakter kemudian melawan banyak karakter lain secara bergantian hingga karakter yang dipilih terkalahkan.

4.       Multiverse
Pemain akan melakukan perjalanan ke dunia parallel di dalam DC Universe untuk melakukan pertempuran melawan lawan dengan berbagai rintangan, ketentuan, serta tujuan.

Aturan Main
1. Terdapat banyak karakter, pemain hanya dapat memilih satu dalam satu kali permainan.
2. Pemain akan bertarung 1 lawan 1 dengan musuh.
3. Terdapat bar health dan juga super meter pada setiap karakter.
4. Jika bar health habis, maka karakter tersebut akan mati dan permainan berakhir.
5. Jika bar super meter penuh maka karakter dapat mengeluarkan super move.
6. Setiap pemain dapat mengganti aksesoris pada karakter yang dipilih.
7. Pemain dapat menggunakan barang yang ada di arena pertempuran untuk menyerang musuh.

Story
Pada Injustice 2, setiap karakter mempunyai cerita masing-masing yang dapat dimainkan. Sebagai contoh Batman disini harus berhadapan dan mengalahkan Superman yang tidak lagi percaya pada nilai-nilai kemanusiaan karena pengaruh buruk dari Joker. Atau Aquaman yang harus mempertahankan kerajaan lautnya mati-matian dari serangan Braniac dan kawan-kawan.

Victory Condition
Untuk menjadi pemenang pada game ini cukup simple, pemain hanya perlu memenangkan pertarungan dengan memanfaatkan apapun yang ada pada lingkukan dengan batas waktu tertentu. Sedangkan pada mode “Multiverse”, pemain mendapatkan tantangan lebih, seperti harus menggunakan karakter tertentu, lawan dapat mengisi darah dengan sendirinya, ataupun tidak boleh menggunakan “super moves”.

Fun Factor
1.   Explorer : Alur cerita yang menarik pada mode campaign membuat pemain betah berlama-lama untuk memainkan game ini. Video sinematik yang digunakan sebagai cut-scene juga membuat pemaian serasa menonton film.
2.  Achiever : Pemain dapat mendapatkan banyak item mengubah tampilan karakter, dengan mengkoleksi skin karakter, senjata, hingga suara karakter.
3.    Socializer : Pemain dapat bertemu dengan pemain lain secara online, dan juga bekerja sama dengan pemain lain yang ada di satu guild untuk menyelesaikan misi.
4.    Killer : Terdapat sistem ranking, dimana pemain dapat berlomba untuk menjadi yang terbaik menggunakan karakter andalan mereka.

Kenapa Terbaik?
  1. Setiap karakter mempunyai cerita masing-masing, jadi tidak akan cepat bosan dalam memainkannya.
  2. Adanya mode multiverse yang secara rutin di update membuat pemain selalu menemukan hal baru dalam game ini.
  3. Cara bermain yang terbilang mudah, serta grafik yang memanjakan mata menjadi daya tarik tersendiri untuk betah berlama-lama dengan game ini.


Ivan Fadhila – 05111540000039

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger