Dota2

Senin, 24 September 2018







Official Site & Download

http://blog.dota2.com

Klasifikasi

Genre: Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)
Tema: Fantasy
Rating: Not Rated (tidak terdaftar di ESRB)


Profil Game

Dota 2 adalah sebuah game multiplayer online battle arena (MOBA) yang dikembangkan oleh Valve Corporation. Awal mula perkembangan game ini diprakarsai oleh seorang designer game bernama IceFrog yang membuat custom game Defense of the Ancients (DotA) pada game Warcraft III: Reign of Chaos dan juga Frozen Throne. 

Aturan Main

  • Dota 2 adalah sebuah game yang dimainkan sepuluh orang yang dibagi menjadi dua tim (5 player per tim)
  • Tim bertujuan untuk mempertahankan base mereka dari serangan musuh  terutama satu building bernama Ancient yang apabila hancur maka game akan berakhir dengan kemenangan untuk tim yang berhasil menghancurkannya. 
  • Pemain mengendalikan sebuah character, disebut hero, yang memiliki kemampuan unik dan berbeda dengan hero lainnya. 
  • Untuk menjadikan hero lebih kuat, player harus mendapatkan cukup experience untuk menaikkan level hero dan mendapatkan cukup gold untuk bisa membeli item yang akan membantu meningkatkan kekuatan dan utilitas hero.
  • Hal di atas bisa dilakukan dengan membunuh lane creeps, sekumpulan NPC yang muncul tiap selang waktu tertentu yang menyerang base musuh lewat jalur atas, tengah, dan bawah pada map, atau dengan membunuh jungle creeps yang muncul tiap menit di hutan. 
  • Dengan membunuh hero musuh atau melakukan assist player lain untuk membunuh hero musuh, player juga akan mendapatkan experience dan gold yang signifikan.



Story

Tidak ada story yang diceritakan secara eksplisit dalam gameplay, namun setiap hero memiliki lore atau narasi yang menceritakan kehidupan hero-hero sebelum War of Ancients terjadi.

Skenario

Meskipun map Dota 2 tidak banyak berubah (berubah hanya pada big update), namun Dota 2 menyediakan banyak skenario permainan yang berbeda. Berikut adalah beberapa skenario permainan yang ada di Dota 2:

All Pick

Adalah mode yang paling umum dimainkan, dimana pemain bisa memilih semua hero yang tersedia (kecuali yang di-ban acak oleh sistem setelah pemain melakukan banning phase). Dalam memilih hero, pemain bisa memilih langsung, me-random, dan melakukan swap dengan player lain saat strategy phase.

Turbo Mode

Turbo mode memiliki aturan yang sama dengan All Pick namun ada beberapa faktor yang diubah agar lama permainan bisa dipersingkat. Beberapa perubahan pada Turbo Mode adalah
  • Drafting dipercepat
  • Gold dan Experience yang didapatkan lebih banyak
  • Tidak ada gold yang hilang apabila hero mati
  • Tower diperlemah
  • Creeps diupgrade lebih cepat dan spawn lebih cepat
  • Spawn hero dipercepat jika mati
  • Courier untuk setiap player, lebih cepat, dan tidak bisa dibunuh

Single Draft

Dalam Single Draft player hanya disediakan 1 hero per tipe (1 strength, 1 agility, 1 intelligence), player tidak bisa melakukan swap, dan me-random akan dipilihkan dari 3 hero yang disediakan.

Random Draft

Player disediakan 50 hero dari keseluruhan hero, diberi waktu 20 detik untuk memilih hero

All Random

Pemain diberikan hero secara acak saat picking phase.

Captain Mode

Captain Mode adalah skenario permainan yang banyak diadopsi saat turnamen, setiap tim memiliki 1 kapten yang akan melakukan picking dan banning untuk tim-nya. Setelah picking phase dan banning phase selesai, semua pemain baru bisa memilih hero yang telah dipilihkan oleh kaptennya.

Captain Draft

Di Captain Draft, akan diberikan 27 hero secara acak (9 strength, 9 agility, 9 intelligence). Kapten akan melakukan picking dan banning dari ke-27 hero yang disediakan.

Least Played

Pemain tidak bisa memilih 40 hero yang sering dia mainkan.

Limited Heroes

Skenario ini hanya ditujukan untuk pemain baru. Akan disediakan hero-hero yang cocok untuk para pemula

Ability Draft

Dalam Ability Draft, pemain tidak memilih hero, melainkan memilih ability yang disediakan. Pemain diberi hero random yang ability-nya dapat dipilih dari kumpulan ability yang tersedia. Ini berarti seorang hero bisa memiliki 4 ability yang dimiliki hero-hero lain.

1v1 Solo Mid

Dalam mode ini, hanya akan ada 2 pemain yang saling bertarung di mid lane. Syarat kemenangan dalam mode ini adalah:
  • Pemain membunuh hero musuh sebanyak dua kali, atau
  • Pemain merobohkan tower pertama musuh, atau
  • Musuh menyerah dengan mengirimkan chat berisi "gg"
Jika salah satu persyaratan di atas terpenuhi, ancient pemain yang kalah akan otomatis hancur.

All Random Deathmatch

Pemain akan diberi hero secara acak. Jika heronya mati, saat spawn pemain akan diberi hero yang acak lagi. Setiap tim memiliki 40 kali kesempatan respawn. Jika kesempatan respawn ini habis, tim tersebut kalah atau ancient tim tersebut hancur. Beberapa aturan tambahan seperti:
  • Menjual item mendapatkan 85% harga asli (biasanya hanya setengahnya)
  • Bisa melihat hero selanjutnya yang akan spawn saat mati
  • Tidak bisa buyback

Fun Factor

Achiever

Dota 2 memiliki banyak sekali quest yang nantinya akan menjadi acuan untuk player mendapatkan trophy atau medal tertentu berdasarkan lama bermain dan tingkatan skill dalam bermain yang biasa disebut Matchmaking Rating (MMR). Semakin tinggi MMR seorang player Dota 2 mengindikasikan bahwa dia memiliki skill lebih baik. MMR juga menentukan medal apa yang didapatkan oleh player.

Explorer

Dota 2 adalah game yang sangat kompleks karena setiap war selalu berbeda dengan war lainnya. Hal ini dikarenakan kombinasi hero-hero yang berbeda tiap war dan juga item-item yang digunakan hero akan berbeda tergantung situasi war. Saat artikel ini ditulis, terdapat 116 hero yang tersedia untuk dimainkan, dan 153 item yang dapat digunakan saat war. Hal ini belum ditambah faktor di luar gameplay seperti skin, world terrain, HUD, announcer, dan sebagainya yang membuat tampilan hero dan world menjadi lebih menarik, yang bisa didapatkan player dari dropped item, membelinya di store, atau reward dari menyelesaikan event tertentu.

Socializer

Para player Dota 2 tipe socializer disuguhi banyak sekali fitur-fitur yang mendukungnya. Satu hal paling signifikan dalam permainan ini adalah tinggi rendahnya level medal seseorang. Semakin tinggi medal seorang player Dota 2, maka akan semakin banyak orang yang memandangnya sebagai player dengan skill yang baik. Ranking pada World Leaderboards juga akan disematkan pada medal-nya jika seorang tersebut berada pada peringkat 1000 teratas di dunia.
Dota 2 adalah permaianan yang akan lebih seru bila dimainkan dengan teman-teman. Fitur party disediakan bagi mereka yang suka bermain bersama-sama. MMR untuk mereka yang suka bermain party pun juga dibedakan dari solo queue. Sehingga seseorang bisa mendapatkan medal lebih tinggi dengan bermain bersama teman-teman.

Killer

Dalam gameplay Dota 2, sudah pasti seseorang akan dihadapkan pada sebuah pertarungan di mana salah satu dari hero akan mati, untuk menambahkan efek "dendam" pada pemain yang sudah membunuh hero milik kita, Dota 2 menampilkan foto hero pemain yang telah membunuh hero kita di kiri atas layar kita.
Pemain dengan tipe carry biasanya akan sangat senang apabila dia dapat membunuh sebanyak-banyaknya. Namun juga harus bersiap-siap karena dia akan menjadi sasaran utama musuh karena dianggap berbahaya.

Mengapa Dota 2?

Mengapa game Dota 2 hingga saat ini masih tetap digandrungi MOBA gamers dari tahun 2013 game ini dirilis hingga sekarang? Berikut adalah review penulis terhadap aspek-aspek Dota2 yang menjadikannya tetap bertahan selama ini.

Komunitas

Mungkin kita pernah berpikir, bahwa game yang bagus adalah game yang memiliki grafik dengan detail terbaik, interface yang menarik dan user-friendly, dan berbagai aspek internal yang dimiliki game. Namun semua game tidak akan disebut game yang baik apabila game tersebut tidak mampu menarik para gamer untuk memainkannya. Mendapatkan loyalitas para pemain adalah hal utama dan nomor yang harus dipikirkan oleh developer game agar game mereka dapat bertahan di pasar dalam waktu yang lama. Dota (baik DotA maupun Dota 2) telah membuktikan bahwa kecintaan pemain pada game ini telah membawa sejarah Dota dari periode Warcraft III hingga periode Valve Corporation.
Kompleksitas dan keragaman dalam game inilah yang menarik para gamer untuk berbagi pengalaman mereka saat memainkan game ini terbukti dari banyaknya tutorial dan guide bagaimana menjadi pemain yang baik dalam game Dota2. Bahkan dari tutorial dan guide ini saja Dota 2 telah berhasil membuka peluang bisnis bagi komunitasnya. Banyak sekali website yang menyediakan jasa berbayar yang menyediakan tips untuk mengembangkan skill dalam bermain Dota 2, seperti PVGNA (pvgna.com), GameLeap (game-leap.com), DOTABUFF (dotabuff.com) dan sebagainya.
Berbagai fan base Dota 2 pun bermunculan di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Reddit. Fan base terbesar Dota 2 dan paling aktif adalah fan base Wykhrhm Reddy, seorang informan Dota 2 yang menyajikan informasi aktual dan tercepat mengenai perkembangan Dota 2 (event, patch update, dan sebagainya).
Komunitas yang besar inilah yang menyebabkan Dota 2 mampu bertahan hingga saat ini. Salah satu kontribusi terbesar komunitas Dota adalah diselenggarakannya event tahunan The International yang memberikan prize-pool terbesar dibandingkan MOBA lain yang pada The International 2018 mencapai angka $25,532,177. Angka ini diperoleh dari 25% penjualan Battle Pass. Dari komunitas untuk komunitas.

Hero Baru Tiap Tahun

Salah satu hal yang ditunggu-tunggu para pemain Dota 2 adalah munculnya hero terbaru yang biasanya di rilis saat event The International. Pada tahun 2018 ini telah muncul hero terbaru bernama Grimstroke dan Mars yang akan muncul season depan.


Kemunculan hero seperti ini akan berdampak pada pemilihan strategi yang benar-benar fresh karena skill hero-hero baru akan selalu berbeda dengan hero yang ada.

Event

Seasonal event Dota 2 selalu menyajikan hal baru seperti mini-games dan skin set terbaru. Event-event Dota 2 biasanya bertepatan dengan rilisnya hero terbaru, atau momen-momen liburan.



Son Ardhynata S.M.
05111340000107
facebook.com/ardhy.nothing
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger