Counter Strike: Global Offensive (CS: GO)

Rabu, 24 Februari 2016



Counter Strike: Global Offensive (CS: GO) adalah permainan online dengan mode first-person shooter yang dikembangkan oleh Valve Corporation dan Hidden Path Entertainment. Permainan ini dirilis pada tanggal 21 Agustus 2012 dan dapat dimainkan di beberapa konsol, seperti Windows, PS3, dan OS X. Permainan multiplayer ini dapat dimainkan melalui beberapa cara, yaitu bermain dengan mencari pemain acak di seluruh dunia untuk bermain bersama, bermain dengan teman dalam satu komunitas, ataupun bermain dengan bot yaitu pemain yang otomatis dioperasikan oleh sistem permainan itu sendiri dengan algoritma-algoritma tertentu.

Gameplay





CS: GO didesain dengan menjadikan pemain sebagai penembak. Seperti permainan Counter Strike di versi-versi sebelumnya, secara default ada dua kelompok dalam permainan yang harus dipilih oleh pemain, yaitu kelomok Teroris dan Anti-Teroris. Pemain harus menembak kelompok lawan agar dapat memenangkan permainan (Teroris menembak kelompok Anti-Teroris dan sebaliknya). Keseruan bermain CS: GO semakin bertambah karena pada setiap permainan, disisipkan sebuah misi yang harus diselesaikan oleh setiap kelompok. Ketika salah satu kelompok dapat menembak seluruh pemain kelompok lawan atau menyelesaikan misi yang ada, kelompok tersebut memenangkan permainan dan mendapatkan reward salah satunya berupa experience point (exp) untuk menaikkan ranking pemain.

Victory Condition
- Menang jika dapat menembak semua musuh di suatu babak permainan dalam waktu yang telah ditentukan atau dapat menyelesaikan misi yang tergantung dengan game modes yang dipilih.
- Kalah jika tim di suatu babak permainan tidak ada yang hidup lagi atau tidak dapat menyelesaikan misi yang ada.

Challenge
- Challenge tergantung dengan game modes yang dipilih (akan dijelaskan setelah ini).

Achievement
- Setiap pemain yang menembak pemain tim lawan, akan mendapatkan skor untuk menentukan posisi pemain yang paling banyak menembak dalam suatu babak permainan.
- Pemain yang memperoleh skor tertinggi di dalam suatu babak permainan, akan mendapatkan experience point (exp) yang lebih banyak dari pemain lain.
- Pada beberapa Game Modes yaitu Arms Race dan Demolition, senjata pemain akan ter-upgrade tergantung berapa banyak pemain tim lawan yang ditembak pemain tersebut.
- Adanya reward yang diperoleh selama pemain memainkan permainan CS:GO ini. Seperti reward ketika menembak dengan senjata A sebanyak 100 kali, berhasil menjinakkan bom, dan lain-lain.


Play Control
- Player dapat berlari, jongkok, berjalan tergantung dengan keinginan pemain.
- Player dapat menjelajahi seluruh bagian pada map yang telah dipilih.
- Player dapat membidik lawan ketika menggunakan tembakan jenis sniper
- Pada mode Classic Casual dan Competitive, player dapat mengganti senjata sesuai dengan uang yang dimiliki.
- Pada mode Classic Casual dan Competitive, player dapat memasang/menjinakkan bom yang ada di dalam suatu permainan bergantung dengan jenis tim yang dipilih (teroris atau anti-teroris)
- Pada mode Classic Casual dan Competitive, player dapat menolong hostage (tahanan) ketika memilih tim anti-teroris.
- Pada mode Deathmatch, player dapat memilih senjata sesuka hati.
- Pada mode Arms Race, player dapat mendapatkan Pisau Emas yang digunakan untuk membunuh pemain tim lawan dan langsung memperoleh kemenangan.


Game Modes

Terdapat 5 mode permainan yang dapat dipilih oleh pemain pada permainan CS: GO:

1. Classic Casual dan Competitive
Mode ini adalah mode mainstream permainan Counter Strike. Dalam mode ini, terdapat misi untuk menjinakkan sebuah bom dan membebaskan sandera yang ada. Permainan akan berakhir apabila salah satu kelompok dapat menyelesaikan sebuah misi ataupun menembak seluruh pemain lawan dalam kurun waktu tertentu.

2. Deathmatch
Pada mode ini, setiap pemain berlomba-lomba untuk mencapai skor tertinggi dengan memembak pemain pada kelompok lawan dengan senjata yang berbeda-beda. Poin yang diterima oleh pemain tergantung kepada jenis senjata yang digunakkan.

3. Arms Race
Mode ini menggunakan sistem yang sama dengan mode Deathmatch. Yang menjadi perbedaannya adalah pada mode ini, senjata yang digunakan ditentukan oleh seberapa banyak pemain menembak pemain kelompok lawan. Ada misi juga yang disisipkan pada mode ini, yaitu pemain dapat memenangkan permainan jika dapat membunuh pemain dengan pisau emas yang didapatkan ketika mencapai level terakhir senjata setelah menembak pemain kelompok musuh dalam jumlah tertentu

4. Demolition
Hampir mirip dengan mode Casual, mode ini dimainkan dengan jumlah pemain yang lebih sedikit dan map yang lebih kecil dibandingkan mode Casual. Kemudian senjata pemain ditentukan berdasarkan musuh yang telah dikalahkan.

Review

Permainan CS: GO merupakan permainan terbaik menurut saya untuk saat ini. Dengan kualitas video grafis yang cukup mumpuni ditambah dengan efek permainan seperti di dunia nyata (efek menembak, terjatuh, dll), CS: GO dapat memacu adrenalin setiap orang yang memainkannya. Disamping itu, pemain juga dapat mengatur strategi permainannya secara bebas untuk mencapai sebuah kemenangan. CS: GO juga dilengkapi dengan achievement yang didapatkan oleh pemain ketika mencapai beberapa kondisi tertentu. Seperti menembak musuh sebanyak 100 kali menggunakan pistol jenis A, menembak tepat di kepala pemain lawan, dan lain sebagainya.


Nama Game: Counter-Strike: Global Offensive
Developer: Hidden Path Entertainment, Valve Corporation
Publisher: Valve Corporation
Platform: Microsoft Windows, OS X, Linux, Xbox 360, PlayStation 3
Release Date: August 21, 2012
Genre: First-person shooter
Mode: Multiplayer
ESRB Rating: Mature

Yahya Eka Nugyasa // 5113100134

Yahya Eka Nugyasa

Create Your Badge
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger