Rising Force Online

Rabu, 24 Februari 2016

RF online (atau Rising Force Online) adalah permainan MMORPG dengan nuansa gabungan antara fantasi dan masa depan dengan tema yang menarik. Bermula di suatu galaxy bernama NOVUS pemain bisa memilih salah satu dari 3 bangsa yang ada untuk memakmurkan bangsa tersebut dan bertempur untuk menaklukan seluruh alam semesta.
Genre : Science fiction , Fantasy Violence
ESRB rating :



Memilih Bangsa 
Pemain diwajibkan memilih salah satu dari 3 bangsa yang ada.
Terdapat persamaan diantara ketiganya, tetapi ada juga keunikannya yaitu :

Accretia Empire :
  • Launcher System  : Launcher merupakan senjata pemusnah massal yang hanya dimiliki oleh bangsa Accretia. Senjata Launcher ini memiliki daya hancur yang sangat besar, tujuan diciptakan senjata ini hanya untuk melenyapkan makhluk hidup.






Bellato Union : 

  • Massive Armor Unit (MAU) : Massive Armor Unit atau MAU adalah senjata perang raksasa bangsa Bellato yang bentuknya menyerupai robot. MAU memiliki kemampuan pertahanan, serangan, dan element resist sangat besar, sehingga MAU mempunyai peranan sangat penting bagi bangsa Bellato dalam pertempuran melawan Accretia dan Cora. 

Holy Alliance Cora :
  • ANIMUS : Sumber kekuatan dari bangsa Cora adalah dewa mereka. Oleh karena itu DECEM, Dewa Cora meminjamkan penjaganya untuk membantu bangsa Cora yang disebut "Animus". Animus akan sangat membantu Holy Alliance Cora dalam pertempuran Suci mereka dalam melawan Accretia dan Bellato.




Memilih Profesi,
Pemain diharuskan untuk memilih 1 dari 3 profesi yang ada, yaitu warrior, ranger, specialist, atau spiritualist jika menggunakan bangsa cora atau bellato.



Leveling, pemain dimulai dari level 1 dan dapat menaikkan levelnya dengan melawan monster yang levelnya tidak berbeda jauh.


Quest, setiap pemain yang naik level, akan diberikan misi/quest yang terdapat hadiah jika diselesaikan. Quest bersifat opsional dan tidak diharuskan untuk dilakukan. 

PVP ( Player vs Player )
Player tidak bisa menyerang pemain sesama bangsa. Kecuali, menggunakan barang bernama Chaos Potion sehingga bisa menyerang sesama bangsa.
Berbeda jika berbeda bangsa, pemain bisa langsung membunuh pemain lainnya. Tapi jangan khawatir, markas tiap bangsa berbeda dan tidak bisa dikunjungi oleh bangsa lainnya. Jadi jika anda merasa belum cukup kuat, anda bisa diam saja di markas.

CPT ( Contribution Point )
Merupakan tanda seberapa besar kontribusi pemain terhadap game. Dihitung berdasarkan quest, membunuh bangsa lain, dll. 

Sistem Pemerintahan
Terdapat sistem pemerintahan yang diduduki oleh pemain itu sendiri. Tiap minggunya pemain dengan batas level tertentu dapat mencalonkan diri sebagai pemimpin bangsa. Delapan pemain dengan CPT akan menjadi kandidat yang akan dipilih oleh semua rakyatnya, tentu dengan batasan level tertentu supaya nilainya valid.

Pemain yang dipilih terbanyak akan menjadi pemimpin bangsa, dan empat sisanya menjadi dewan.
Pemimpin bangsa mendapat tambahan hak seperti memilih empat tambahan dewan dan mendapatkan profit dari pajak bangsa.
Semua anggota pemerintahan bisa memakai baju pemerintahan dan mendapatkan aura tertentu.




War
Merupakan event yang berlangsung selama 2jam x 3 kali sehari.

Pada lokasi tambang bernama crag mine, terdapat chip controller masing masing bangsa.
Pada saat war berlangsung semua pemain dengan level 30 ke atas akan menerima Quest untuk menghancurkan chip controller salah satu bangsa lain.







Terdapat 3 kondisi akhir pada saat war selesai :
1.Win, bangsa yang berhasil menghancurkan chip controller bangsa lain. Bangsa akan menerima buff tambahan damage dan tambahan defense sampai war selanjutnya.
2.Failure, tidak berhasil menghancurkan chip controller bangsa lain tapi juga bangsanya sendiri tidak hancur setelah war selesai. Bangsa akan menerima buff pengurangan defense.
3.Lose, chip controller bangsa telah dihancurkan oleh bangsa lain. Bangsa akan menerima buff tambahan damage dan tambahan defense.

Bangsa yang menang mendapatkan hak untuk menambang yang berguna untuk membuat atau menempa equipment.


Trailer


Game Rule
Victory Condition
  • Menang : Fun, tidak ada tujuan yang membuat game ini tamat, hanya membuat karakter lebih kuat ( menaikkan level, mendapatkan item dan equip ), menjadi dewan, memenangkan war.
  •  Kalah : Melanggar aturan GM(game master), seperti bug, hack, bicara sara. Berakibat karakter bisa tibak bisa dipakai sementara (banned) sampai di hapus permanen.
Player Control
  • Hanya menggerakan 1 karakter yang diperintah bergerak menggunakan mouse atau keyboard.
  • Bisa melompat menggunakan spasi
  • Beli item shop dengan uang 
  • Mati jika HP (health point) mencapai 0, akan respawn di tempat kita menyimpan posisi terakhir.
  • Menggunakan skill dengan FP ( Force Point) 
Reward / Achievement
  • Mendapat exp jika monster tiap menghajar monster dan tambahan saat monster mati
  • Naik level jika exp mencapai 100%
  • Mendapat item dari monster yang mati
  • Mendapat poin kontribusi dan pvp jika membunuh bangsa lain
  • Mendapat hadiah seperti poin kontribusi, item, equip, exp , uang ,setelah menyelesaikan misi. ( Hadiah berbeda beda untuk tiap misi)
  • Bangsa bisa menambang dan mendapat buff tambahan untuk serangan dan pertahanan jika berhasil memenangkan war
  • Menjadi dewan jika saat pemilihan mendapat suara tertinggi  5 besar dari 8 kandidat.


Alasan menurut saya mengapa game ini terbaik :
1. Sistem PVP yang menarik, kapan saja dimana saja bisa bunuh siapa saja. Membuat leveling selama ini tidak sia-sia.
2. Keunikan tiap bangsa, tidak ada bangsa yang sangat kuat atau sangat lemah, tetapi memiliki karakteristiknya masing-masing. Sehingga kita mulai jenuh, kadang ingin mencoba membuat karakter dari bangsa lain.
3. Terdapat sistem pemerintahan. Merupakan fitur unik yang tidak saya temukan di game manapun.
4. Melawan monster saat level tinggi tidak mungkin membosankan. Monster level tinggi hanya terdapat pada map yang dapat diakses oleh semua bangsa, sehingga mungkin baru melawan 1 monster sudah ketemu bangsa lain. Supaya aman, biasanya memanggil teman atau sekalian dewan-dewannya. Tapi, belum lima menit ternyata bangsa lain juga ngumpulin pasukan buat nguasain map.
Kondisi yang cukup ekstreme ini membuat pemain tidak bosan.
5. War. Adanya war membuat hampir semua pemain berkumpul di satu tempat berperang satu sama lain. Di samping itu, walaupun sebenarnya 3 bangsa berperang satu sama lain ( 1 vs 1 vs 1 ), tidak jarang terdapat aliansi tidak tertulis antar bangsa untuk melawan bangsa yang sedang dominan. Walau pastinya salah satu akan mulai berkhianat dan membunuh bangsa aliansinya saat chip controller bangsa yang diserang hampir hancur.
Dengan seperti ini,  kondisi tiap war pasti berbeda-beda dan tidaklah membosankan.





5113100145 / Daniel Bintar Sijabat




   






Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger