Portal

Rabu, 24 Februari 2016



Portal merupakan video game first person/puzzle yang dikembangkan dan dirilis oleh Valve Corporation. Video game ini dirilis dalam paket Orange Box (berisi Half Life 2: Episode Two, Team Fortress 2, dan Portal) untuk platform Microsoft Windows, Xbox 360, dan Playstation 3 pada tahun 2007. Portal 2 dirilis pada tahun 2011 sebagai sekuel dari Portal (2007). Video game ini berisi rangkaian puzzle yang harus dipecahkan dengan cara teleportasi melalui dua lubang portal.

co-op trailer dari Portal 2


Nama Game : Portal
Publisher      : Valve Corporation, Microsoft Game Studios
Developer    : Valve Corporation
Platform       : Playstation 3, Xbox 360, Microsoft Windows
Genre            : First Person, Puzzle-platform
Release Date : 9 October 2007
ESRB Rating : EVERYONE 10+




in-game screenshoot




Aturan Bermain
Dalam video game ini, pemain memainkan karakter protagonis bernama Chell melalui sudut pandang first person. Pemain harus melewati rangkaian level dengan menggunakan lubang portal. Pertama-tama, pemain mendapatkan alat penembak portal. Alat ini digunakan untuk membuat lubang portal pada permukaan panel dinding khusus. Penembak portal dapat membuat dua pintu portal, oranye (dengan menembak panel dengan menggunakan right click pada mouse), dan biru (dengan menembak panel dengan menggunakan left click pada mouse). Kedua portal tersebut membuat jalur koneksi yang menghubungkan dua lokasi berbeda pada ruang tiga dimensi. Jika suatu objek memasuki lubang portal, maka objek tersebut akan di teleportasi ke lubang portal pasangannya. Kedua pintu portal juga merepresentasikan momentum yang realistis. Saat, suatu objek melewati pintu portal, objek tersebut akan keluar dengan arah dan kecepatan yang sama dengan kecepatan dan arah masuknya.

demonstrasi gameplay Portal 2



Pendapat Pribadi
Menurut saya, Portal bukanlah game puzzle yang paling menantang, juga bukan game dengan kualitas grafis yang luar biasa. Namun, video game ini merupakan salah satu game yang paling menyenangkan dari semua game yang pernah saya mainkan. Alasannya adalah kualitas baik dari dari story/jalan cerita dan kualitas script/dialog yang sangat menggugah dan membuat saya tidak melewatkan sepatah kata pun dari dialog para karakter. Story dari game ini membuat saya sulit berhenti memainkan sebuah video game puzzle selama berjam-jam. Hal ini didukung oleh kualitas pengisi suara yang luar biasa. Isian suara pada video game ini (terutama pada Portal 2) merupakan isian suara terbaik dari semua video game yang pernah saya mainkan. Hal lain yang membuat saya tidak melewatkan satu pun kalimat dialog pada game ini adalah banyaknya unsur dark humor pada dialognya yang membuat saya cekikikan sendiri.

Kualitas dari puzzle-puzzle pada setiap level juga sangat baik dan sangat masuk akal. Seringkali saya kebingungan untuk memecahkan puzzlenya. Namun setelah saya menemukan solusinya, ternyata penyelesaiannya selalu masuk akal dan tidak berasa dipaksakan sama sekali.
Soundtrack pada video game ini juga sangatlah baik dan sangat cocok dengan suasana dari video game ini yang bertemakan robot dan lingkungan buatan/sintetik. Musiknya merupakan musik elektronik yang dimainkan dengan alat musik synthetizer yang kebanyakan bersifat repetitif.
oleh Muhammad Faris Musthafa 5113100131



Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger