Samurai Warriors 2

Rabu, 24 Februari 2016


    Samurai Warriors 2 merupakan game sequel dari Samurai Warriors yang dipublikasikan oleh Koei. Game ini memiliki "brothers" yaitu Dynasty Warrior series yang memiliki sistem dan gameplay yang kurang lebih sama namun dengan story yang berbeda. Samurai Warriors 2 menceritakan sejarah Negeri Sakura khususnya pada jaman Sengoku (1467 – 1603) yang dikenal sebagai abad peperangan di negeri tersebut. Game ini memiliki 16 karakter yang diambil dari seri sebelumnya dan 10 karakter tambahan baru. Pada keadaan baru pertama dimainkan, game ini menyediakan 7 karakter yang dapat dipilih sesuai keinginan player. Alur cerita dalam game berfokus pada kisah perjuangan clan Oda dalam mempersatukan Jepang, diwarnai dengan perang, penjarahan, pengkhianatan oleh aliansinya bahkan oleh komandannya sendiri hingga dilanjutkan dengan pertikaian antara penerusnya, Hideyoshi Toyotomi dan Ieyasu Tokugawa.



      Initial release dateFebruary 24, 2006
      SeriesSamurai Warriors
      Tema: War, Sengoku era, History
      DeveloperOmega Force
      PublisherKoei
      PlatformsPlayStation 2, PlayStation 3, Xbox 360, Microsoft Windows
      Genre: Hack and Slash, Action, Fighting
      ELSPA: 12
      ESRB: T

    Mode

    Story Mode


    Story mode merupakan mode utama dari game ini. Pada awal permainan, player diberikan 7 karakter default yang dapat dimainkan langsung yaitu Yukimura Sanada, Mitsuhide Akechi, Oichi, Ieyasu Tokugawa, Mitsunari Ishida, Ginchiyo Tachibana, dan Kotaro Fuma. Masing - masing karakter tersebut memiliki story nya sendiri yang terdiri dari 4-5 stage dan 1 stage spesial. Setiap stage mewakili kejadian dalam sejarah perang pada era Sengoku namun 1 stage spesial di akhir merupakan stage khusus (dream stage) yang apabila kejadian dalam sejarah dapat berubah maka beginilah impiannya atau harapan dari karakter tersebut. Pada story mode, 2 karakter yang berbeda bisa saja memiliki stage yang saling overlapping misal jika dalam satu stage tersebut karakter saling beraliansi ataupun berlawanan. 

    Free Mode


    Pada Free Mode, player diberikan kebebasan dalam menentukan karakter sekaligus story yang dinginkan dalam bentuk stage. Selain memilih stage yang merupakan bagian dari story mode, player juga dapat memilih pihak mana yang akan dibela tanpa memedulikan alur yang sebenarnya. Seperti namanya free, player bebas menentukan pilihannya.

    Survival Mode


    Survival Mode ini tidak memiliki story secara khusus. Sama seperti survival game pada umumnya, player harus menyelesaikan setiap level atau floor dalam time limit dengan kondisi tertentu sebelum melanjutkan ke floor berikutnya. Hal yang spesial yaitu setiap 5 floor, player dapat memilih beberapa jenis permainan dan dapat berkunjung pada shop untuk membeli skill atau mengupgrade weapon.

    Sugoroku


    Mode ini merupakan mode mini game yang bisa dikatakan mirip dengan monopoly namun dengan gameplay yang sedikit berbeda. Karakter yang telah kita dapatkan bisa digunakan juga dalam mode ini. Cara bermainnya cukup sederhana yaitu pertama melempar dadu, kamudian jumlah angka yang muncul menjadi banyak langkah yang harus kita jalankan pada map yang disediakan (map Jepang dalam bentuk petak-petak mirip monopoly). Apabila kita berhenti di petak yang kosong maka kita bisa membeli petak tersebut atau mengabaikannya, namun jika kita berhenti pada petak milik lawan maka kita harus membayar sejumlah gold. Selain itu juga ada petak khusus seperti port untuk berpindah pulau, petak kuil untuk masuk ke dalam mini game seru dengan time limit yang berhadiah emas. Kita akan kalah jika sudah tidak memiliki emas lagi (bangkrut) atau semua petak dikuasai oleh satu karakter musuh dan akan menang jika menguasai seluruh wilayah atau semua lawan kita bangkrut. Satu lagi yang menarik dari mode ini yaitu jika berhasil memenangkan mode ini dengan semua karakter yang ada maka kita akan mendapatkan satu karakter spesial yaitu Okuni.

    Gameplay

    Gameplay Samurai Warriors 2 sangat sederhana yaitu basic fighting game, ada normal attack, charge attack, chain attack, combo attack, dan musou attack. Namun perbedaannya terletak pada jumlah musuh yang harus dilawan sangat banyak seperti layaknya medan perang sungguhan, bisa ratusan hingga ribuan. player diharuskan hanya membunuh pemimpin pasukan musuh atau menguasai benteng lawan namun untuk dapat melakukannya, player akan dihadang oleh ratusan pasukan yang tersebar pada map. Player hanya mengontrol satu karakter yang dipilih, sedangkan pasukan dan officer merupakan NPC atau dikontrol oleh AI. Untuk pasukan biasanya hanya memiliki AI sederhana yang hanya bisa berlari atau menyerang sedangkan untuk officer memiliki tambahan musou attack dan dapat mengendarai horse.
    Victory dan Lose condition ( Story, Free, Survival Mode )
    Setiap stage memiliki victory condition yang sangat jelas serta lose condition nya. Player menang jika berhasil membunuh officer tertentu sesuai yang disebutkan atau berhasil menguasai main camp lawan (merah) atau kondisi tertentu (unik tergantung stage) dalam waktu kurang dari 90 menit. Player kalah jika karakter terbunuh atau memenuhi defeat codition yang ditentukan atau tidak memenuhi victory condition dalam waktu kurang dari 90 menit. 
    Pihak yang berperang ( Story dan Free Mode )
      Dalam game ini, terdapat 2 pihak yang saling berlawanan yang masing-masing telah meletakkan pasukan pada berbagai tempat pada map. Starting point biasanya berada pada benteng aliansi. Pihak aliansi memiliki warna biru sedangkan pihak lawan memiliki warna merah, terkadang terdapat pihak netral yang berwarna kuning yang dapat berubah menjadi kawan maupun lawan tergantung pada kondisi perang misal jika salah satu officer (jendral) utama salah satu pihak terbunuh.
      Selain pihak yang berperang juga terdapat officer (komandan/jendral) yang memimpin pasukan masing-masing pihak. Officer yang paling atas merupakan pimpinan pasukan tertinggi yang biasanya menjadi victory condition-nya dan berada di benteng terdalam. Untuk mencapai komandan tertinggi, player harus melewati beberapa officer lawan dibantu oleh officer aliansi. Jumlah officer tidak selalu sama dan dapat berubah (bertambah maupun) sesuai keadaan perang.
    Player Control (Story, Free, dan Survival Mode )
    Non-Battle

  • Player dapat memilih karakter hero
  • Player dapat memilih mode yang diinginkan
  • Player dapat memilih stage sesuai dengan mode (kecuali Sugoroku Mode)
  • Player dapat melakukan upgrade skill dan senjata
  • Player dapat membeli skill baru, bodyguard dan kuda
  • Player dapat memilih kuda, senjata dan bodyguard
    Battle 

  • Player dapat menggerakkan karakter ke segala arah (maju, mundur, kanan, kiri)
  • Player dapat melompat (2x jika menggunakan karakter tertentu)
  • Player dapat mengendarai kuda (kuda sendiri maupun kuda rampasan baik kawan maupun lawan jika mereka terjatuh dari kuda)
  • Player dapat melakukan serangan / attack terhadap musuh yang terdiri dari normal attack, charge attack, special attack dan musou attack
  • Player dapat melakukan combo attack
  • Player dapat mengambil enhancement seperti life+, musou+, atk+, def+, spd+ baik dengan menghancurkan benda - benda seperti gentong / kotak kayu maupun dengan membunuh sejumlah pasukan musuh (semua enhancement memiliki time limit kecuali life+ dan musou+ (consumable) )
  • Jika life berada pada titik merah dan player melakukan musou attack terdapat bonus damage tambahan
  • Jika player melakukan musou attack bersamaan dengan bodyguard melakukan musou attack, terdapat bonus damage tambahan
    Reward / Achivement

  • Player mendapatkan exp setiap membunuh musuh
  • Player mendapatkan bonus exp berupa scroll atau bonus gold atau bonus senjata setiap membunuh officer
  • Setiap membunuh pasukan musuh sejumlah kelipatan 50 terdapat bonus tertentu
  • Semakin banyak kill count, semakin besar bonus exp diakhir stage
  • Player bisa mendapatkan senjata baru jika berhasil membunuh officer tertentu ( officer yang memiki nama sama dengan salah satu karakter )
  • Player bisa mendapatkan skill baru jika berhasil membunuh officer tertentu atau memenuhi kondisi tertentu
  • Player bisa mendapatkan karakter baru jika berhasil menyelesaikan setiap stage dari karakter yang sudah didapatkan sebelumnya ( terdapat 7 karakter awal dan total 26 karakter )
  • Jika player berhasil mendapatkan semua karakter melalui story mode kecuali Ranmaru Mori dan Okuni maka Player bisa mendapatkan karakter Musashi Miyamoto
  • Player mendapatkan trailer movie setiap menyelesaikan satu stage dari setiap karakter
  • Setiap karakter yang sudah diselesaikan semua stagenya akan diberi tanda "Clear!" berwarna silver dan akan berubah menjadi warna gold jika dream stage-nya berhasil diselesaikan
  • Jika player berhasil menyelesaikan Sugoroku Mode untuk semua karakter maka akan mendapatkan karakter Okuni
  • Jika Player berhasil menyelesaikan Survival Mode "Ranmaru Request" maka akan mendapatkan karakter Ranmaru Mori

    Multiplayer
    Game ini dapat dimainkan oleh maksimal 2 player dalam mode story, free dan survival. Sedangkan untuk mode sugoroku dapat dimainkan oleh maksimum 4 player. Tidak tersedia fitur bermain secara online karena game ini full offline.

    Unlockables

    Weapon

    Setiap karakter memiliki 4 senjata yang unik. Pada awal permainan, setiap karakter di setting hanya bisa menggunakan weapon level 1. Di setiap stage, biasanya terdapat box, kendi, dan sebagainya yang berisi bonus skill seperti health+, musou+, atk+, def+, spd+, gold+, exp+ dan weapon. Setiap weapon memiliki elemen yang terdiri dari non-elemen, fire, ice, thunder, wind, dan shadow. Weapon dengan level lebih tinggi juga bisa didapatkan juga player menyelesaikan stage dengan lebih cepat, kill yang lebih banyak, ataupun membunuh karakter tertentu dalam stage misalnya officer lawan.
    Character

    Pada awal permainan, player disediakan 7 karakter. Setiap karakter harus di "clear" kan terlebih dahulu story mode-nya sebelum mendapat karakter baru. Hanya 7 karakter awal saja yang pasti mendapatkan karakter baru. Jika player memainkan karakter yang baru didapat, ada beberapa yang akan membuka karakter lain bahkan 2 sekaligus, ada juga yang tidak. Contohnya Ieyasu Tokugawa bisa membuka Tadakatsu Honda dan Tadakatsu Honda bisa membuka Inahime atau Kotaro Fuma yang membuka Hatori Hanzo dan Hatori Hanzo tidak membuka karakter lain. Sedangkan Musashi Miyamoto hanya bisa dibuka jika sudah mendapatkan semua karakter lainnya kecuali Okuni (Sugoroku) dan Mori Ranmaru (Ranmaru request survival mode). Dalam game ini terdapat total 26 karakter yang dapat dikoleksi. Inilah salah satu keunikan Samurai Warriors 2.
    Skema unlockable :

  • Yukimura Sanada --> Naoe Kanetsugu --> Uesugi Kenshin + Keiji Maeda --> Shingen Takeda
  • Mitsuhide Akechi --> Saika Magoichi --> Oda Nobunaga + Date Masamune --> No Hime
  • Oichi --> Azai Nagamasa
  • Ieyasu Tokugawa --> Hoda Tadakatsu --> Inahime
  • Mitsunari Ishida --> Hideyoshi Toyotomi + Sima Sakon --> Nene
  • Ginchiyo Tachibana --> Shimizu Yoshihiro
  • Kotaro Fuma --> Hattori Hanzo
    Horse

    Horse merupakan salah satu atribut atau equipment pada karakter. Horse secara default disediakan hanya satu. Player harus membeli horse lain pada shop dengan gold. Horse ini dibagi dalam 3 kategori yaitu average, power dan speed. Untuk mendapatkan horse yang lebih tangguh, player harus pernah memiliki horse pada level sebelumnya dan melanjutkan story mode. Ada 3 horse dalam kategori max yang bisa didapatkan dengan kondisi tertentu misal membunuh Tadakatsu Honda untuk mendapatkan Matsukaze.
    Guard

    Guard merupakan NPC yang dapat membantu player untuk menghadapi musuh yang jumlahnya banyak dan respawn yang relatif cepat. Guard selalu berada di sekitar karakter dan mengikuti pergerakan karakter dalam map. Selain itu juga terdapat combo skill jika melakukan musou skill bersamaan dan di dekat guard. Guard ada beberapa jenis seperti samurai, lady samurai, ninja, kunoichi, archer, musketeer, monk, shrine maid, sumo dan fire ninja yang memiliki senjata yang berbeda-beda. Player dapat mengkombinasikan karakter yang dipilih dengan guard yang akan digunakan. Guard juga memiliki stat dan level yang mirip seperti karakter namun biasanya untuk meningkatkan level lebih sulit karena tidak dikontrol oleh player sehingga mendapatkan exp-nya lebih lama. Sama seperti horse, guard bisa didapatkan di shop. 

    Trailer



    Alasan Mengapa Game ini Fun

    Bagian yang paling menarik dari game Samurai Warriors 2 ini yaitu ketika battle dan melakukan chain attack. Dalam game ini, musuh dalam direspawn secara infinite selama officer yang menjadi komandan dari pasukan atau guard captain yang menjaga respawn point tidak terbunuh. Pada saat bermain paling seru ketika dikejar musuh berramai-ramai kemudian kita bunuh dengan chain attack baik itu normal attack, charge attack, combo attack, kemudian dilanjutkan dengan musou terus mendapat bonus musou++ sehingga musou attack dapat berlangsung lebih lama. Chain attack nya pun memiliki banyak pattern yang berbeda - beda untuk setiap karakter, ada yang lebih condong ke normal attack, ada yang charge attack maupun combo attack. Selain chain attack, juga ada combo musou attack bersama guard NPC dan critical musou attack ketika health dari karakter sudah merah kemudian melakukan musou attack. Ini menjadi salah satu hal yang membuat game ini sangat addictif. Karakter favorit hingga saat ini yaitu Nobunaga Oda karena chain attacknya yang sangat effektif dan animasinya menarik juga karena musou attacknya dapat membunuh musuh dalam jumlah sangat banyak dalam area yang luas (sambil bergerak). Selain fitur chain attack dan animasinya, juga ada background story disertai dengan short movie untuk setiap stage pada story mode yang membuat game ini menarik. Selain itu kita dapat bermain sepuasnya dalam survival mode untuk menguji batas kemampuan ataupun bermain dalam mode sugoroku yang menyenangkan seperti monopoli.

    By : 
    I Gede Bandem Suardika Jaya
    5113100014

Bandem Suardika Jaya

Share this article :

2 komentar :

  1. Saya udah namatin lady oichi tapi ga bisa maen untuk dream stagenya (ga aktif) itu kenapa ya

    BalasHapus
  2. harus maenin dream mode nohime

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger