Review Ragnarok Online

Rabu, 24 Februari 2016


Ragnarok Online

Review Game

Ragnarok adalah sebuah game MMORPG dari Korea Selatan yang dirancang berdasarkan cerita dan latar belakang yang sama dari komik korea terkenal berjudul Ragnarok yang ditulis oleh Lee Myoung-Jin.
Komik ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah game online yang memfokuskan fitur komunitas antar pemainnya. Game ini dibuat oleh Gravity Corporation
Hampir seluruh versi resmi (official) RO sudah memasuki masa komersil di mana pemain harus membayar untuk bermain (pay-toplay). Perlu dibedakan, terdapat pula private server yang merupakan server tidak official (ilegal) dan tidak ada toleransi dari Gravity serta penyelenggara RO di seluruh belahan dunia.
ESRB Rating

 

 

 

 

 

 

Inti Permainan

Dalam permainan ini, yang berlatar di dunia Rune Midgard, tidak ada jalan cerita sehingga pemain bebas melakukan apa yang diinginkan, walaupun ada beberapa cerita sampingan atau quest yang dibuat oleh pengembang game. Sistem tanpa cerita ini membuat pemain sangat leluasa. Walaupun demikian, seperti pada umumnya game MMORPG, pada umumnya yang dikejar oleh pemain adalah peningkatan level (atau lebih dikenal dengan istilah leveling) sampai level maximal, dalam Ragnarok Online yang resmi, batas maximal adalah 99.

Level pemain dalam RO terbagi 2, base level dan job level. Base level adalah level karakter seseorang yang berpengaruh pada statusnya sedangkan job level memengaruhi kemampuan profesi karakter pemain. status karakter ada 6 macam yaitu STR (Strength), INT (Intelligence), DEX (Dexterity), LUK (Luck), VIT (Vitality), AGI (Agility) dan pemain bebas menaikkan status yang ia mau.

Kenaikan level (level up) dapat dicapai dengan cara membunuh monster-monster yang tersebar di berbagai tempat, lazimnya ada 2 jenis lokasi, yang paling mudah dikenali adalah tempat yang "tertutup" atau lebih sering disebut sebagai dungeon dan tempat terbuka. Membunuh monster memberi pemain 2 macam experience (exp) point, yang dihitung ke base level dan job level. Apabila karakter sudah mengumpulkan exp yang cukup maka level karakter akan naik.

Sistem ekonomi RO dijalankan dengan mata uang Zeny dan berjalan sesuai dengan hukum pasar, terutama oleh penjualan barang-barang langka yang tidak bisa ditemukan di toko yang berputar di kalangan pemain berlevel tinggi.

Overview

Seperti MMORPG apapun pilihan pertama adalah untuk merancang karakter sesuai kemauan Anda. Tapi di Ragnarok kustomisasi agak terbatas, setelah memilih jenis kelamin Anda hanya punya pilihan untuk mengubah gaya rambut Anda dan memilih warna rambut yang Anda inginkan. Tidak ada slider untuk menyesuaikan ketinggian alis Anda untuk proporsi menggelikan seperti game Perfect World,untungnya RO memiliki berlimpah-limpahnya topi untuk membedakan Anda dari pemain lain.


Dari awal Anda dialokasikan poin stat. Jadi, agak penting untuk mengetahui apa kelas rencana untuk dikejar. Aku tahu aku ingin hidup dalam bayang-bayang sebagai Thief., yang mengarah ke tempat lebih banyak poin di Strength dan Agility sementara mengabaikan Intelijen dan Luck. Memilih prioritas poin stat penting untuk membangun karakter sukses

Leveling !


Untuk menaikan level di game ini tergolong sangat susah, karena game ini didesain untuk player yang setia, karena akan melawan monster yang sama terus berulang kali dalam durasi 2 - 3 jam. 
Ketika Anda hunting ada dua sistem leveling yang berbeda, yaitu mendapatkan Base Exp dan Job Exp. Base Exp berguna untuk meningkatkan poin atribut sedangkan Job Exp berguna untuk mendapatkan skill serta merubah profesi.

Basic Stat

Job Skill



Job System

  1.  Dalam RO pemain akan memulai permainan sebagai novice dan setelah mencapai Basic Skill (Kemampuan Dasar) level 9 pada job level 10 maka pemain memiliki pilihan untuk melanjutkan ke salah satu di antara 6 profesi lanjutan atau tetap menjadi novice yang dikenal juga sebagai Super Novice. 
  2.  Setelah job 1, tersedia job 2. Pemain minimal job 1 dengan job level 40 baru bisa berubah menjadi job 2. 
  3. Dan untuk job 3, pemain harus job 2 dengan base level 99 dan job level 50 untuk transcended/rebirth serta biaya 1.285.000 zeny. Tempat berubah ada di Kastil Sage di kota Yuno. 
  4. Update Terbaru dari RO adanya job 4 yang diimplementasikan pada renewal server.
Pada beberapa server memiliki perbedaan nama / sebutan untuk beberapa job, namun pada dasarnya yang dimaksud adalah sama, contohnya MasterSmith dan WhiteSmith.





Town

 Kota di RO bebas dikunjungi seluruh pemain baik dengan cara berjalan dari kota ke kota ataupun menggunakan jasa warp oleh Kafra dengan membayarnya ataupun dengan bantuan dari pemain lain yang berprofesi Acolyte, Priest, Monk dan Super Novice yang nempunyai skill warp portal.
List kota yang ada :
  1. Prontera 
  2. Geffen
  3. Izlude 
  4. Morroc
  5. Payon 
  6. Alberta 
  7. Al de Baran
  8.  Amatsu
  9. Ayothaya 
  10. Comodo
  11. Gonryun 
  12. Jawaii
  13. Louyang 
  14. Lutie
  15. Niflheim 
  16. Umbal


MVP

MVP atau singkatan dari Most Valuable Player adalah semacam sebutan bagi pemain yang bisa mengalahkan beberapa monster tertentu. Monster ini tidak seperti monster lainnya yang keluar setiap saat. Monster khusus ini biasanya keluar 1 hingga 2 jam tergantung jenis monsternya. Monster MVP ini juga dapat menjatuhkan barang yang langka dan mahal sehingga banyak diminati oleh pemain-pemain RO. 

 
Asasin Cross VS MVP Boss "Maya"


War Of Emperium

Salah satu daya tarik utama dari game Ragnarok Online adalah War of Emperium (WOE). War of Emperium adalah perang antar guild di kerajaan Rune-Midgard untuk memperebutkan beberapa istana yang tersebar di kota Prontera, Payon, Geffen, dan Al de Baran. Untuk bisa berpartisipasi dalam WOE, karakter harus memiliki sebuah guild terlebih dahulu. Untuk membentuk sebuah guild, seorang pemain membutuhkan sebuah item langka yang bernama Emperium. Emperium sendiri adalah nama dari sebuah batu mulia di dunia Rune-Midgard yang dikatakan bisa memberikan kekuatan dan kekuasaan bagi siapapun yang memilikinya. 

Kondisi Castle Saat WOE



 
Mempertahanakan Kastil Saat WOE






 

Ragnarok Online Additional Information


Developer(s): GRAVITY
Publisher(s): GRAVITY
Korea Release Date: August 31, 2002
North America Release Date: June 1, 2003
Europe Release Date: April 15, 2004
Australia Release Date: December, 2005

Update History:
Ragnarok Online has received frequent content updates over the years in the form of Episodes. A much larger update called Renewal was released on June 17, 2009.
Episode 1 – Star of the Adventure (August 3, 2002)
Episode 2 – Lutie (December 17, 2002)
Episode 3 – Comodo (Feburary 4, 2003)
Episode 4 – War of Emperium (May 2, 2003)
Episode 5 – Juno – Forgotten Legacy of an Ancient Era (July 15, 2003)
Episode 6 – Beyond Rune-Midgard (October 7, 2003)
Episode 7 – Village of the Utan Tribe – Umbala (January 27, 2004)
Episode 8 – City of the Dead – Niflheim (February 23, 2004)
Episode 9 – Branch Job System (April 19, 2004)
Episode 10 – The Republic of Schwarzwald (March 29, 2005)
Episode 11 – The Religous Nation, Arunafeltz (July 11, 2006)
Episode 12 – Nightmoare of Midgard, Destruction of Morroc (October 17, 2007)
Episode 13 – Ash Vacuum / Encounter with the Unknown / El Dicastes (June 25, 2008)
Episode 14 – Bifrost / Eclage / Decisive Battle (July 1, 2010)
Episode 15 – Fantasmagorica / Fantasmagorica Second Story – Memory Record (July 2, 2013)
Episode 16 – Banquet of Heroes (February 25, 2015)

Gameplay



Alasan menjadi Game Terbaik

alasan ini merupakan game terbaik bagi saya adalah di fitur WOE,PVP system dan chat.War of Emperium adalah pertarungan guild terbaik sekaligus terkacau yang pernah saya lihat sepanjang sejarah saya memainkan MMORPG. Satu guild beserta aliansinya yang memegang kastil harus bertahan dari serangan berbagai guild dan aliansi lain yang tidak terbatas jumlahnya. Tentu saja setiap aliansi yang menyerang kastil ini juga tidak bekerja sama karena hanya satu guild yang berhasil menghancurkan emperium atau “hati” dari kastil tersebut yang akan menjadi pemilik baru kastil tersebut. Pada pvp system skill yang dikeluarkan cepat jadi pas saat bertarung melawan player lain, ditambah dengan fitur chattingnya yang membuat pvpnya jadi tahan lama, jadi ketagihan buat nambah relasi ketemu temen baru lewat game ini. Pokoknya mesti dicoba gan dijamin oke.





Gideon A.T. Siburian
5113100052
TPG2016
 
Share this article :

1 komentar :

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger