Garry's Mod, Game Wajib untuk LAN Party

Rabu, 24 Februari 2016



Garry's Mod atau sering disingkat menjadi Gmod merupakan sebuah Sandbox Physics Game yang dikembangkan oleh Garry Newman bersama studio game yang didirikannya: Facepunch Studios. Gmod awalnya merupakan sebuah mod atau modifikasi dari game Half-Life 2 besutan Valve namun karena kesuksesannya, pada tahun 2006 Valve secara resmi mempublikasikan Gmod sebagai game utuh.

Walaupun merupakan sebuah game utuh, pada Gmod sebenarnya tidak ada goal atau tujuan tertentu, dengan konsep sandbox game ini memberikan keleluasaan bagi pemain untuk  memanipulasi alam semesta di dalam game. Seperti misalnya berganti karakter, memanipulasi barang-barang, mengubah lokasi permainan, dll.


In Game Screenshot
Menu Untuk Memunculkan Barang-barang, Kendaraan, Senjata, maupun NPC


Dengan berkembangnya komunitas Game Modder serta dengan adanya fitur "Workshop" pada Steam, Gmod pun menjadi semakin besar dan menyenangkan. Pada saat artikel ini ditulis, terdapat 36.707 entri mod pada halaman Steam Workshop Gmod. 36.707 entri itu meliputi berbagai macam mod, seperti player model, map, prop, sampai dengan game mode.


Halaman Steam Workshop Gmod

Kekonyolan-kekonyolan dan berbagai macam keseruan dapat muncul dari memainkan Gmod bersama teman saat LAN Party. Sebagai contohnya simaklah video dari Vanossgaming berikut ini:




Luar biasanya lagi, tidak ada batasan dalam cara menikmati game ini! Buktinya, game ini pertama kali dirilis pada tahun 2006 dan sepuluh tahun kemudian Gmod masih menjadai salah satu game yang paling banyak dimainkan di Steam. Jika anda sudah merasa bosan bermain-main dalam sandbox, maka terdapat banyak sekali mode game lain, yang semuanya merupakan hasil dari mod yang disediakan oleh komunitas Gmod.


Mode Game Prop Hunt
Mode game yang paling terkenal pada Gmod adalah Prop Hunt. Pada mode ini, pemain dipecah menjadi dua buah tim: Tim Prop dan Tim Hunter dimana Tim Hunter harus memburu Tim Prop yang bersembunyi dengan merubah dirinya menjadi barang-barang pada game (prop) dan berusaha membaur. Hunter memiliki berbagai macam senjata yang dapat digunakan untuk membunuh Tim Prop yang bersembunyi, dan Prop akan memiliki Health Point (HP) sesuai dengan ukuran barang yang ia pilih semakin besar ukuran benda yang dipilih HP-nya pun semakin besar, namun semakin mudah juga untuk ditemukan oleh Hunter karena ukuran yang besar. HP Hunter adalah 100 dan akan berkurang ketika ia menembak/memukul barang yang bukan merupakan Tim Prop. Dan satu aturan lagi yaitu terdapat batasan waktu bagi Hunter untuk menghabisi semua Prop. Untuk lebih jelasnya berikut adalah video lain dari Vanossgamming dimana ia dan teman-temannya bermain mode game Prop Hunt:



Kelucuan dan keseruan muncul  pada saat Hunter mecoba menemukan Prop dengan saling bercanda dan "menginterogasi" satu sama lain. Namun sayangnya keseruan itu agak sulit muncul jika bermain di Open Lobby dimana semua pemain tidak kenal satu sama lain. Oleh karena itu penulis hanya merekomendasikan game ini untuk LAN Party, dan jika anda mengadakan LAN Party bersama teman-teman dan tidak memainkan game satu ini, maka anda telah melakukan satu kesalahan yang sangat besar, karena LAN Party + Gmod = TONS OF FUN



Judul: Garry's Mod
Genre: Indie, Simulation
Developer: Facepunch Studios
Publisher: Valve
ESRB: N/A (Not yet reviewed)



Muhammad Fakhrian Noor/5112100001

Muhammad Fakhrian Noor

Create your badge
Share this article :

1 komentar :

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger