Celeste: a Perfect Platformer Game?

Selasa, 01 Oktober 2019

Halo guys, pada postingan kali ini aku akan me-review game platformer berjudul Celeste. Langsung saja, silahkan menikmati postinganku ini.

Celeste


Story

Menceritakan Madeline, seorang perempuan yang berusaha untuk mendaki Gunung Celeste. Madeline sedang dalam keadaan: anxious, ragu-ragu, dan menderita depresi juga. Mendaki gunung tersebut bagi Medeline adalah suatu pencapaian yang sangat ia butuhkan, bahkan walau dia sudah berfikir dia tidak sanggup dia tetap melanjutkan untuk mendaki gunung tersebut.

Aturan Main

Aturan main permainan ini sama seperti platformer lainnya, yaitu dari titik A menuju titik B sambil menghindari rintangan yang ada. Untuk kontrol, hanya ada 4 kontrol utama, yaitu gerak (kanan kiri), loncat, wall grip, dan dash.

Gameplay

Untuk menaklukkan Gunung Celeste, pemain harus mengendalikan Madeline melalui ratusan platform yang memiliki bermacam-macam rintangan. Madeline memiliki kemampuan untuk melakukan dash di tengah udara, namun itu hanya dibatasi dengan satu kali dash untuk tiap waktu. Untuk mereset dashnya, Madeline harus berdiri atau menyentuh platform dengan kakinya (bukan mamanjat tembok). Di level atas akan ada kristal yang bisa diambil Madeline untuk mereset dashnya tanpa harus menyentuh tanah.


Madeline juga dapat memanjat tembok, namun bukan berarti dia bisa memanjat tembok untuk selamanya. Madeline memiliki stamina yang akan berkurang seiring waktu ia bergelantungan di tembok, yang jika staminanya habis maka Madeline akan merosot dari tembok. Jika Madeline melakukan lompatan keatas saat memanjat tembok, atau bergerak saat memanjat tembok, itu akan menguras stamina Madeline lebih cepat daripada jika ia berdiam diri. Namun jika Madeline melakukan loncatan berlawanan dengan posisi tembok, itu tidak akan mengurangi staminanya.

Restriksi pergerakan seperti diatas membuat pemain berfikir lebih keras dalam mengendalikan Madeline. Seperti kapan kita harus melakukan dash, karena hanya bisa sekali, timing yang tepat agar kita tidak membuang waktu bergelantungan di tembok dan membuat stamina Madeline habis sehingga ia jatuh. Hal-hal tersebut membuat pemain berfikir bukan hanya apa yang akan ia lakukan sekarang, namun apa yang akan ia lakukan kedepannya juga.


Pergerakan Madeline pun sangat responsif. Dimana pemain akan merasa benar-benar memiliki kontrol atas pergerakan Madeline. Jika pemain menggerakkan Madeline lalu melepas tombol geraknya, Madeline akan langsung berhenti tidak ada seperti merusut baru berhenti sama seperti saat bila pemain menekan tombol bergerak, maka Madeline akan bergerak dengan kecepatan penuh langsung tanpa adanya akselerasi dari lambat terlebih dahulu. Bahkan jika pemain berhenti menekan tombol gerak Madeline saat berada di udara, maka Madeline akan berhenti dan langsung jatuh kebawah. Hal-hal seperti itu membuat perasaan seakan pemain benar-benar memegang kendali pergerakan Madeline secara penuh.

Why is it the best for me?

Bagi saya kenapa game ini menjadi yang terbaik? Game ini memiliki desain level yang sangat baik, karena levelnya menuntut pemain untuk bermain secara kontinus. Setelah melewati tantangan, pemain akan dihadapkan dengan tantangan lagi menyebabkan pemain harus berpikir bukan hanya satu langkah kedepan, namun beberapa langkah kedepan.


Saat memainkan game ini pun saya merasa memiliki kontrol atas karakter, dikarenakan pergerakan karakter yang sangat responsif. Game ini juga memiliki art yang sangat wah, didukung juga dengan soundtrack yang memanjakan telinga. Tidak akan merasa bosan bahkan hanya dengan berdiam diri hanya mendengarkan lagu dari game ini.

Player's Personality

Explorer

Untuk explorer game ini sangat cocok, karena game ini memiliki lebih dari 100 screen level. Dimana banyak dari itu adalah screen tersembunyi. Pemain dengan personality explorer dapat mendapatkan kesenangan dengan menjelajahi semua ruangan dalam game ini.

Achiever

Untuk achiever, hal paling utama adalah art dan sound dari game ini yang sangat memanjakan mata dan telinga. Achiever juga bisa mendapatkan kesenangan dengan mencoba mendapatkan strawberry sebanyak-banyak nya dalam satu leve. Dan juga bisa mendapatkan kesenangan dari mencoba mendapatkan waktu tercepat dalam menyelesaikan level.

Trailer


Gameplay Video



Oleh:

Nur Muhammad Husnul Habib Yahya
05111740000094

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger