Dragon Age: Inquisition

Kamis, 17 Oktober 2019



Title : Dragon Age: Inquisition
Developer : BioWare
Publisher : Electronic Arts
Genre : Action-RPG
Theme : Dark Fantasy
Rating : Mature 17+ (ESRB), 18 (PEGI)
Link mendapatkan gamehttps://www.origin.com/sgp/en-us/store/dragon-age/dragon-age-inquisition



Dragon Age: Inquistion merupakan game action rpg yang diluncurkan world wide pada November 2014 untuk platform Microsoft Windows, PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox 360, dan Xbox One. Game ini merupakan seri ke-3 dari seri Dragon Age, terdiri dari Dragon Age: Origins,  Dragon Age II, dan Dragon Age: Inquisition yang ketiganya dikembangkan oleh BioWare dan dipublikasikan oleh Electronic Arts.

Story
Story dari Dragon Age: Inquisition mengikuti seorang main character yang dikenal sebagai inquisitor dalam menyelsaikan kerusuhan sipil yang diakibatkan oleh sebuah kejadian pada prekuelnya, Dragon Age II, dan misi untuk menutup sebuah retakan pada langit yang di kenal sebagai “Breach” yang melancarkan serangan demons pada dunia. Inquisitor atau pada mulanya dianggap sebagai Herald of Andraste, berperan penting karena ia dianggap sebagai seseorang yang terpilih karena ia memiliki kekuatan misterius pada tangannya yang dapat menutup breach tersebut
Breach , Hole in the sky
Konflik antara mage dan templar mengabitkan kerusuhan sipil pada benua Thedas.
Sang Inquisitor lalu membentuk sebuah organisasi yang bernama Inquisition untuk menghentikan Corypheus, seorang Darkspawn (salah satu musuh utama pada seri Dragon Age) pertama yang membuka Breach dengan tujuan menaklukan Thedas dan mencapai ketuhanan.
Corypheus, antagonis utama pada Dragon Age: Inquisition

Gameplay & Combat

Sama seperti pendahulunya, pada Dragon Age: Inquisition, pemain akan mengendalikan karakter utama yang telah dibuat pada character creation saat awal mula bermain dimana pemain dapat memilih ras dan class untuk karakter mereka seperti pada Dragon Age: Origins.  Terdapat ras baru yang diperkenalkan di game seri ke-3 ini yaitu Qunari, sebuah ras humanoid raksasa yang memiliki tanduk dan fisik yang kuat. Class pada Dragon Age: Inquisition dibagi menjadi Warrior yang ahli dalam pertarungan jarak dekat, Rogue dilengkapi keahliannya dalam mengendalikan pertarungan dan dapat bertarung dari jauh maupun dekat, dan Mage dengan skillset nya yang bisa berfokus pada defensive dengan barrier yang merupkan salah satu elemen penting dalam game ini atau offensive dengan skill AoE yang dapat memusnahkan musuh dalam sekejap.
Empat macam ras yang dapat dipilih oleh pemain
tiga macam class yang dapat dipilih pemain dengan subclassnya masing-masing

Dalam perjalanannya, Pemain ditemani oleh companion yang dapat direkrut seiring berjalannya cerita. Dalam bermain pemain akan mengendalikan satu party yang berisikan karakter utama dan tiga companion yang dapat dipilih dari Sembilan companion yang dapat direkrut.
Sembilan companion yang dapat direkrut pemain seiring progress cerita
Untuk bagian pertarungan, Dragon Age: inquisition menggabungkan aspek-aspek penting dari pendahulunya. Ciri khas yang dimiliki Dragon Age II yaitu combatnya yang fast-paced layaknya RPG dengan mode aksi masih terasa dalam gam seri ke-3 ini. Dan tentunya ciri khas dari Dragon Age: Origins yaitu pertarungan dengan gaya strategi atau Tactical Mode kembali pada game ini. Pada Tactical Mode, pemain akan disajikan dengan sudut pandang kamera serta kontrol yang benar-benar berbeda, pemain seakan bisa menghentikan waktu dan menganalisa Gerakan terbaik yang dapat dilakukan dengan cara memberi perintah-perintah pada setiap anggota party. Mode Tactical ini merupakan salah satu kunci kemenangan dalam pertarungan dimana pemain harus memahami betul alur dari pertarungan. Penggemar Dragon Age: Origins dan pecinta strategi pasti senang dekat kembalinya mode ini. Pemain akan memiliki delapan slot skill aktif dan tiga slot potion yang dapat dipakai dalam satu waktu. Slot skill yang ada dapat di ubah-ubah dengan skill yang diinginkan oleh pemain. Tidak seperti game pendahulunya dimana untuk menyerang musuh hanya dibutuhkan satu klik yang seakan-akan auto attack sehingga pemain tinggal memiliki kendali terhadapnya, Pada seri ke-3 dari Dragon Age ini kombat dibuat se real-time  dan se action mungkin dimana untuk menyerang musuh dengan serangan biasa dibutuhkan tombol attack dan kecekatan pemain untuk menggerakan karakter layaknya game-game action.


Penggunaan tactical mode dalam melawan salah satu monster raksasa yaitu Giant 
Pertarungan dengan salah satu naga yang dapat dilawan pada area tersembunyi di salah satu region

Wartable, Pertarungan di Balik Layar


Terdapat fitur gameplay baru yang diperkenalkan pada game ini, yaitu wartable. Pada wartable, pemain tidak bertarung seperti biasa , tetapi para pemain disajikan dengan misi-misi yang akan mempengaruhi kekuatan dan reputasi organisasi, inquisition. 
Daerah yang akan menjadi tempat misi-misi wartable
Sang inquisitor memiliki tiga bawahan utama yaitu commander, spy master, dan diplomat. Pemain lalu dapat mengirimkan salah satu dari tiga bawahan tersebut untuk menyelsaikan misi-misi yang tersedia. Setiap misi akan selesai secara otomatis setelah waktu misi tersebut yang berjalan secara real time habis. Pada akhir misi, pemain akan mendapatkan outcome yang berbeda-beda sesuai dengan orang yang diperintahkan untuk menyelsaikan misi tersebut, reputasi dari organisasi pemain ditentukan dengan pilihan-pilihan ini.
 
Pemilihan misi dant tiga kaki tangan dari sang inquisitor yang bisa dipilih untuk menjalankan misi

Kenapa Terbaik?

  1. Penggabungan aspek-aspek gameplay terbaik : gameplay atau lebih spesifik adalah kombatnya merupakan penggabungan dari pendahulunya. Aspek strategi dengan fitur tactical view seperti pada Dragon Age: Origins dan aspek kombat fast-paced real time seperti pada Dragon Age II. Kedua aspek digabungkan dan dieksekusi secara apik dan membuat penulis tidak bosan-bosan dengan kombat dari game ini.
  2. Keputusan yang memiliki konsekuensi besar terhadap cerita : Developer dari game ini, BioWare, menyediakan layanan bernama Dragon Age Keep yang memungkinkan pemain dapat merekayasa ulang keputusan-keputusan yang dibuat dari seri pendahulunya. Hasil rekayasa ini dapat di-import sehingga pemain dapat merasakan langsung konsekuensi dari keputusan-keputusan yang telah diambil tersebut. Tidak hanya itu, seiring berjalannya permainan, pemain akan dihadapi berbagai keputusan-keputusan yang akan menentukan jalannya cerita dan nasib para character. Bagi para pemain yang suka mengeksplor seluruh kemungkinan storynya seperti penulis, ini merupakan hal yang sangat keren.
    Salah satu momen dimana pemain harus betul-betul memikirkan konsekuensi dari pilhan yang akan dipilih pemain
  3. Kembalinya karakter-karakter favorit : pada game seri ke-3 ini, karakter-karakter penting dari game sebelumnya kembali hadir menjadi plot character yang membantu sang inquisitor dalam perjalanannya. Hal ini menambah efek nostalgia bagi pecinta seri Dragon Age, apalagi karakter favorit penulis, Morrigan, yang berasal dari Dragon Age: Origins turut hadir kembali dengan desain yang sangat bagus.
    Morrigan, salah satu companion pada Dragon Age: Origins yang kembali
  4. Sistem crafting yang sangat asik: Pada sistem crafting, pemain dapat mengeksplorasi pembuatan ratusan equipment yang dibuat dengan bahan-bahan dari mengalahkan musuh ataupun mengumpulkan material yang tersebar pada masing-masing region. Tidak hanya itu, equipment yang sudah dibuat dapat di upgrade dengan mengkustomisasi equipment tersebut dengan upgrade parts.
  5. Region-region yang masif dan indah : Terdapat lebih dari 10 region masif yang dapat dijelajahi pemain. Masing-masing region memiliki keindahannya masing-masing seperti ada region yang penuh dengan pohon ada juga region yang hanya bertemakan gurun pasir. Saat baru bermain Dragon Age: Inquisition ini, penulis bahkan menghabiskan lebih dari 20 jam hanya untuk mengeksplorisasi  The Hinterlands, region pertama yang diperkenalkan.
    Salah satu lokasi pada the Hinterlands
Fun Factor / Player Personality

Achiever
  • ·       Sistem grinding yang dapat dinikmati
    ·       Menaikan status karakter dan party member
    ·       Terdapat banyak equipment legendaris yang hanya bisa didapatkan dengan mengalahkan beberapa musuh terkuat
    ·       Ratusan side-quest yang dapat diselesaikan dan main quest yang epic
    ·       Dapat memperkuat senjata yang ada dengan meng-upgradenya dengan berbagai macam komponen
    ·       Skill-skill dengan efek yang memukau
    ·       Saat serangan mengenai musuh, feelingnya sangat terasa.
    ·       Scenery dari setiap region berbeda-beda dan memiliki keindahannya masing-masing
    ·       Kembalinya tactical view yang memanjakan para pecinta strategi
    ·       Rasa yang dirasakan saat pemain harus membuat keputusan penting dalam game sangat beragam
    ·       Kombat fast-paced yang memacu adrenalin saat melawan musuh yang kuat
    ·       Mendapatkan item special saat menyelsaikan quest yang sulit
    ·       Melihat damage yang diberikan kepada musuh membuat pemain senang
    ·       Mendapatkan equipment terkuat
    ·       Musik yang indah, dan ada momen dimana ada cinematic yang diringi musik yang bikin merinding
Explorer
  • ·       Sistem crafting yang sangat massive sehingga para pemain dapat berjam-jam menguji coba kombinasi material-material untuk menghasilkan senjata dan armor terkuat
    ·       100+ skematik untuk armor, potion, dan weapon yang dapat di craft dengan berbagai macam keunikannya sendiri.
    ·       10+ open-region dengan masing-masing monster, item drop, quest, dan ambientnya yang unik
    ·       Terdapat secret quest yang hanya dapat dibuka dengan lompat sebanyak 50 kali pada sebuah lokasi rahasia.
    ·       Lore (cerita) yang sangat mendalam dilengkapi dengan penjelasan berbentuk codex sehingga pemain yang suka dengan sejarah dari dunia gamenya bisa berimersi lebih dalam.
    ·       Terdapat 10 naga kuat yang tersebar pada seluruh region.
    ·       Material-material crafting yang tersebar pada seluruh region menunggu untuk diambil oleh pemain
    ·       Skill tree dari masing-masing class yang beragam.
    ·       Kombinasi serangan yang dapat digabungkan dari berbagai macam penggunaan skill party member 
    ·       Story yang berbasis player choice sehingga membuat setiap playthrough berbeda
    ·       Sistem relationship yang menentukan sikap companion terhadap karakter utama, bisa baik atau buruk, bahkan bisa menjalin hubungan romansa.
    ·       Fitur wartable yang outcomenya ditentukan dari keputsan pemain
    ·       Kastil utama yang dapat diatur-atur oleh pemain
    ·       Menyelsaikan seluruh side quest dan membunuh semua naga
Socializer

  • ·       Terdapat mode multiplayer dengan karakter buatan sendiri dan dapat bermain dengan 3 orang lainnya
    ·       Kerja sama yang dibutuhkan dalam menyelsaikan multiplayer
    ·       Memamerkan item-item yang didapatkan kepada pemain lain
    ·       Achievement yang dapat dipamerkan ke teman apalagi saat achievement yang didapatkan termasuk kategori sulit


d   Killer

  • ·       Mengalahkan naga setelah berkali-kali dibantai olehnya

    ·       Menantang diri dengan menyelsaikan gamenya dengan mode nightmare
    ·       Mendominasi musuh setelah sekian lama grinding level
    ·       Mendominasi musuh dengan kombinasi skill party member
    ·       Menghajar musuh dan tidak membiarkannya bangkit lagi
    ·       Mengalahkan karakter yang memiliki sifat mengesalkan dengan keputusan yang dibuat oleh pemain  
   Screenshot
















Trailer Dragon Age: Inquisition
Gameplay Demo Dragon Age: Inquisition




Mufid Naufal Baay
07111640000158


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger