DICE of LEGENDS

Sabtu, 12 Oktober 2019

Review DICE of LEGENDS





Classification

  • Platform: Android, iOS
  • Developer: Allm
  • Publisher: Allm
  • Genre: Strategy
  • Theme: Fantasy
  • Rating: 12+ (Nudity) / Teen
  • Download: Google Play Store


Description 

Dice of Legends adalah game Player Vs Player (PvP) antara 2 pemain dalam satu arena dengan tujuan menghabiskan poin nyawa lawan.



Gameplay

Pemain memiliki pilihan 6 kelas champion yang memiliki status dan kemampuan berbeda. Champion ini adalah karakter penting sebagai bidak raja yang menentukan kemenangan pemain. Champion memiliki 3 status yaitu Attack Power, Ability Power dan Defense. Selain status, champion memiliki kemampuan masing-masing dalam bentuk kartu.


Pemain dapat menyusun deck dengan 10 slot yang dapat diisi dengan kartu. Terdapat 2 jenis kartu yaitu kartu kemampuan dan kartu minion. Setiap kartu memiliki biaya penggunaan dalam bentuk mana. Tidak ada aturan komposisi untuk kedua tipe kartu dalam deck.





Minion adalah creature panggilan yang memiliki 2 status yaitu Attack dan Health serta kemampuan. Minion memiliki 5 tingkat kelangkaan mulai dari common – legendary dimana minion dengan tingkat kelangkaan tinggi biasanya memiliki status dan kemampuan yang melebihi minion dengan tingkat kelangkaan rendah. Status minion dapat ditingkatkan dengan menggabungkan sejumlah minion yang dengan nama yang sama.

Arena permainan terdiri dari 10 sel berbentuk lingkaran dimana sel pertama adalah toko. Permainan dimulai dengan menentukan siapa pemain yang mendapatkan giliran pertama. Kemudian pemain mendapatkan 3 kartu yang dapat dikembalikan ke deck dan menarik kartu baru sejumlah kartu yang dikembalikan.

Setiap turn dimulai dengan pergerakan champion, pemain bergerak sesuai angka yang muncul dari dadu dimana dadu dapat diatur kemungkinan angka yang muncul. Selanjutnya pemain dapat memainkan kartu dan mengakhiri turn. Terdapat 2 tipe resource yaitu gold dan mana.

Mana digunakan untuk membayar biaya penggunaan kartu. Mana akan terisi ulang sampai jumlah maksimum mana pada awal turn. Jumlah maksimal mana dimulai dari 1 dan bertambah 1 setiap turn sampai mencapai 6 mana.

Gold digunakan untuk membeli item saat champion melewati sel toko, item akan meningkatkan status champion. Gold didapatkan dari setiap minion milik pemain yang masih hidup pada awal turn.

Setiap sel hanya dapat ditempati 1 minion. Jika kedua champion berada pada sel yang sama maka keduanya akan saling serang.

Dengan mengakumulasi kemenangan rank pemain meningkat dan hadiah yang diberikan tiap akhir season juga semakin bagus.




Review


Dice of Legend memiliki jumlah champion dan minion yang memungkinkan berbagai macam kombinasi untuk beragam gaya permainan. Namun, beberapa minion memiliki kemampuan yang timpang dibandingkan lainnya sehingga keseimbangannya kurang. Matchmaking dilakukan berdasarkan ranking sehingga kemungkinan untuk pemain yang memiliki banyak minion dengan kelangkaan tinggi bertemu dengan pemain yang memiliki minion yang kurang langka cukup tinggi.

DoL tidak menggunakan sistem energi untuk membatasi perkembangan pemain, namun terdapat batasan pada berapa jumlah experience point yang bisa didapatkan setiap harinya. Experience point diakumulasi untuk meningkatkan level player, namun pada game ini level player tidak berpengaruh pada permainan.

 


Game ini menyediakan In App Purchase (IAP) untuk mempercepat perkembangan pemain. Dengan melakukan pembelian kartu berdasarkan sistem gacha maka pemain dapat memiliki minion langka dengan cepat dan mudah. Dari sinilah game ini mendapatkan penghasilan dikarenakan tidak ada satupun iklan yang muncul saat bermain.


Secara keseluruhan game ini menarik dan memiliki estetika yang memadai untuk menarik pengguna. Potensi pengembangan terletak pada peningkatan variasi minion. Namun, yang perlu diperbaiki adalah keseimbangan dan sinergi antara minion. Game ini ramah untuk para whale atau pemain yang membeli item game dengan kurensi virtual yang dibeli menggunakan uang dunia nyata.

 

Bukan berarti game ini tidak dapat dinikmati oleh pemain yang tidak membayar karena kurensi virtual dapat diperoleh dengan menyelesaikan quest dan achievement. Selain itu bukankah akan terasa hebat jika berhasil menghadapi lawan yang lebih kuat (free vs paid). Penulis sebagai free player telah membuktikan jika dapat meningkatkan rank diantara pemain lain hingga meraih top 5% dalam waktu 4 hari dari pertama bermain.


Fun Factor
Achiever: 
Untuk pemain bertipe achiever terdapat sistem rank dan saat mencapai rank tertinggi terdapat poin yang dapat terus bertambah untuk membedakan rank pemain tersebut dari yang lain. Terdapat pula berbagai achievement dengan sistem bertingkat. Estetika yang dihasilkan dari gambar maupun suara juga nyaman untuk dinikmati.

Killer: 
Untuk pemain bertipe killer terdapat kemungkinan tinggi saat matchmaking untuk mendapat lawan dengan kartu yang lebih lemah sehingga peluang untuk mendominasi sangatlah tinggi. Ditambah salah satu chat dengan tipe taunt yang dapat membuat mental lawan menjadi semakin lemah.

Socializer: 
Untuk pemain bertipe socializer terdapat fitur menambahkan teman. Namun tidak diketahui apakah ada fungsi lanjutan karena belum menggunakan fitur tersebut.

Explorer:
Untuk pemain bertipe explorer terdapat pilihan champion yang memiliki playstyle yang unik berdasarkan skill masing-masing. Ragam minion yang diberikan juga bervariatif dan memiliki sinergi dengan champion. Kombinasi dari champion dan minion dapat menghasilkan strategi yang beragam. Namun minion didapatkan dengan sistem “gacha” sehingga bergantung pada keberuntungan.


Video trailer



Video play demo






Krisna Fawwastaqi Raheko
(05211640000020)
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger