THE SILENT AGE

Kamis, 17 Oktober 2019


Judul Game
: The Silent Age
Developer
: House on Fire
Tanggal Rilis
: 6 Desember 2012
Genre
: Advanture (Interactive fiction (puzzle)
Theme
: Science Fiction, Retro (80s)
Rating
: Rated for 12+ (Teen)
Platforms
: Android, iOS, Microsoft Windows, macOS
Link



Deskripsi
The Silent Age merupakan game point-and-tap puzzle advanture yang dikembangkan oleh developer asal Denmark, House of Fire, yang dirilis pada tahun 2015 silam. Mengusung tema science-fiction, game  ini disuguhkan dengan grafis 2D penuh warna dengan sentuhan gaya gambar art-deco yang memanjakan mata. The Silent Age terbagi menjadi dua episode, episode pertama ditawarkan secara gratis di Googleplay sedangkan episode 2 dibandrol dengan harga sekitar 19 ribu rupiah saja.
            Player akan memainkan sang tokoh utama, Joe, dan membantunya berpetualang melakukan perjalanan waktu antara tahun 1972 dan masa depan yang kelam tahun 2012 untuk menemukan alasan kepunahan umat manusia—sebuah misi yang diberikan oleh ilmuwan sekarat yang datang dari masa depan. Player akan diberikan sebuah alat perjalanan waktu portabel untuk memecahkan teka-teki yang ada dan menyelamatkan umat manusia.
Game ini memenangkan penghargaan Casual Connect Indie Prize pada 2013 dan menuai pujian atas alur cerita, teka-teki, navigasi yang simpel, dan grafisnya yang menarik.


Cerita
The future is on you.
Berlatar pada tahun 1972, pemain berperan sebagai Joe, seorang veteran perang Vietnam yang bekerja sebagai petugas kebersihan di perusahaan Archon National Defense Services. Joe adalah seorang karyawan teladan yang selalu melakukan pekerjaannya dengan baik sehingga menuai pujian. Ia bahkan beberapa kali mendapat gelar Employee of the Month dari perusahaannya.
Suatu hari Joe mendapatkan perintah untuk menemui atasannya, Mr.Hill, di kantor. Ternyata, petugas kebersihan yang bertanggungjawab atas laboratorium rahasia bawah tanah hilang secara misterius sehingga meninggalkan Joe sebagai satu-satunya petugas kebersihan di perusahaan itu. Joe diberi tahu bahwa hal tersebut adalah hal yang baik untuknya—karena ia mendapatkan tanggung jawab lebih untuk membersihkan lab rahasia tersebut alias ia akan mengambil alih semua pekerjaan tanpa uang lembur sedikitpun! Joe tidak sempat membela diri dan harus menerima beban tambahan itu.
Joe akhirnya menerima pekerjaan tersebut dan segera turun ke lab bawah tanah. Di sana, ia justru menemukan jejak darah misterius yang mengantarnya bertemu dengan seorang ilmuwan sekarat yang mengaku dari masa depan bernama Dr. Lambert. Sang ilmuwan, dengan sisa tenaga terakhirnya, memberi wejangan pada Joe untuk menyelamatkan dunia dari kiamat di tahun 2012. Joe mendapatkan sebuah mesin perjalanan waktu portabel bertenaga matahari yang akan membantunya memecahkan teka-teki untuk menyelamatkan umat manusia 40 tahun ke depan.
Alih-alih sempat menggunakan alat tersebut, Joe justru tertangkap dan diintrogasi oleh polisi. Saat diintrogasi itulah Joe tanpa sengaja mengoperasikan mesin waktu tersebut yang membuatnya melompat ke masa depan. Joe sangat terkejut dengan apa yang dilihatnya di masa depan—tidak ada satupun makhluk hidup, bangunan terbengkalai dan rusak, tanaman rambat dimana-mana, benar-benar sebuah masa depan yang suram tanpa ada satupun umat manusia yang tersisa (kecuali tulang-belulangnya). Joe berencana kembali ke masa lalu kembali, namun ternyata mesin waktu yang ia punya harus diisi ulang dengan tenaga surya.
Disinilah petualangan Joe dimulai. Misi pertamanya di Episode 1 adalah menemui Lambert di masa lalu (1972) dan memperingatkannya tentang kiamat yang akan terjadi—sehingga ilmuwan tersebut dapat mengisolasi diri dari wabah mematikan di masa depan. Demi mencapai misi tersebut, Joe harus memecahkan teka-teki yang ada dengan petunjuk-petunjuk yang ia temukan di lapangan.


Gameplay
            The Silent Age tergolong game advanture dengan sub-genre interactive fiction (puzzle). Sebuah game advanture memiliki komponen berupa teka-teki, adanya cerita interaktif, eksplorasi dunia, karakter protagonist, dan pengumpulan item. Game ini termasuk game advanture karena memiliki semua komponen tersebut. Player memainkan tokoh utama dalam cerita dan bertugas membantu tokoh utama mencapai tujuan/misi tertentu dengan melakukan eksplorasi dunia yang ada dengan memecahkan teka-teki (puzzle). Dalam hal ini, misi utama dari sang tokoh utama, Joe, adalah mencegah musnahnya umat manusia di tahun 2012. Tidak ada sistem skor dalam game ini.
            Kontrol yang digunakan cukup sederhana, yaitu point-and-tap. Seperti pada game point-and-tap lainnya, The Silent Age tidak memperkenalkan sistem kontrol yang baru.  Meskipun bukan gamer berpengalaman, siapapun bisa memainkan game ini selama dapat mengikuti jalan cerita dan petunjuk-petunjuk yang disuguhkan dalam dialog berbahasa Inggris. Player menggerakkan tokoh dengan menekan layar ke kanan/kiri, gerakan player terbatas pada dua arah tersebut karena game ini merupakan game 2D. Apabila ingin berinteraksi dengan objek tertentu, player cukup melakukan tap di layar pada objek yang dikehendaki. Kedua kontrol ini adalah komponen penting dalam memecahkan teka-teki yang ada.
Misalnya, pada chapter 5, misi pada chapter tersebut adalah meninggalkan lokasi perusahaan dan pergi ke kediaman Dr. Lambert. Demi mencapai misi tersebut, player harus menemukan kendaraan yang bisa digunakan.  Setelah berkeliling lokasi, player akan menemukan sebuah mobil ambulan, tapi player belum dapat pergi karena player tidak mengetahui alamat kediaman Dr. Lambert serta kondisi ban mobil tidak memungkinkan. Player harus terlebih dahulu menemukan alamat Dr. Lambert. Dokumen ini didapatkan dengan menelusur lokasi dan mencari cara untuk membuka lemari arsip yang terkunci. 


Petunjuk untuk mendapatkan kunci lemari arsip tersebar di masa depan dan masa lalu. Benda yang didapatkan di masa lalu belum tentu bisa didapatkan di masa depan dan sebaliknya. Player harus jeli memperhatikan perbedaan letak item-item yang tersebar di antara kedua timeline. Setiap satu puzzle yang terpecahkan akan membuka pintu untuk mengakses puzzle selanjutnya dan mengantarkan player mendekati goal utamanya.

Fun Factor

Achiever
-  Cerita yang sulit ditebak mengandung plot twist dan kejutan
- Karakter yang loveable dan relateable sehingga membuat player termotivasi untuk menyelesaikan permasalah karakter tersebut (Joe)
- Memiliki narasi menarik yang mudah diikuti yang membuat player bersimpati terhadap karakternya (Joe)
Klimaks dan penyelesaian cerita memuaskan; dapat menjawab semua pertanyaan yang muncul di sepanjang cerita
- Grafis 2D bergaya art-deco dapat membangun suasana tahun 70an yang retro dan penuh warna namun juga dapat menggambarkan kelamnya kiamat di masa depan
- Setiap bagian cerita akan terungkap setiap kali sebuah rangkaian teka-teki (puzzle) berhasil dipecahkan oleh player, yang berarti player selangkah menyelesaikan cerita



Explorer
- Didukung oleh musik latar yang mendukung suasana penuh misteri dan menegangkan
- Mode past dan present yang memberikan kebebasan bagi player untuk menjelajahi sebuah tempat yang sama dalam masa yang berbeda, banyak perbedaan yang ditemui dan akan menimbulkan tantangan dalam memecahkan puzzle


Killer
- Game ini tidak memiliki fitur yang bisa mengakomodasi player tipe killer karena tidak melawan pemain lain (bukan game multiplayer).


Socializer
- Game ini tidak memiliki fitur yang bisa mengakomodasi player tipe socializer karena merupakan jenis game singleplayer.


Kesimpulan
            The Silent Age adalah sebuah game advanture yang memiliki narasi cerita yang kuat dan plot science-fiction menarik sehingga cocok dimainkan oleh gamer segala usia yang memang menyukai story-driven game sejenis. Bagi para gamer yang menyukai game puzzle kelas berat, game ini bukanlah pilihan yang tepat karena memiliki tingkat kesulitan puzzle yang tergolong mudah hingga menengah, sehingga cenderung kurang menantang. Adapun developer berhasil memaksimalkan aspek cerita dari game ini sehingga memberikan pengalaman yang memuaskan bagi player yang berhasil menyelesaikan kisah petualangan Joe serta menjadikannya karakter utama yang memorable.

Video Trailer





Video Gameplay






Annisa Dhia Baswedan

08311640000048
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger